BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

8 Jan.  Hari bersejarah: Woodrow Wilson menyerukan hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri, dan dunia tidak mendengarkan

8 Jan. Hari bersejarah: Woodrow Wilson menyerukan hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri, dan dunia tidak mendengarkan

1996 Antonov Rusia Kecelakaan pesawat kargo Di tengah pasar di ibukota Kongo, Kinshasa. Setidaknya 200 orang meninggal.

1962 Dalam kabut tebal, kereta cepat Utrecht-Rotterdam bertabrakan dengan kereta Woerden-Amsterdam yang lebih lambat dengan kecepatan 107 km/j dekat Harmelen (Utrecht). Dia. Dia kecelakaan kereta api 93 orang tewas, termasuk masinis kereta. 52 penumpang terluka. Dalam keadaan sulit, tim penyelamat berhasil membebaskan dan mengangkut para korban dari Jabal Al-Salb dalam waktu singkat.

Setelah bencana ini, Kereta Api Belanda (NS) memperkenalkan solusi teknis untuk seluruh jaringan: efek kereta otomatis (ATB), yang selalu mencegah kereta melewati sinyal kuning atau merah, terlepas dari reaksi pengemudi.

Sejak 1930 Belgia telah memiliki sistem Memor, juga dikenal sebagai “buaya”, sistem perlindungan kereta api yang juga digunakan di Prancis, Luksemburg, dan di dua bagian perbatasan Belgia-Belanda. Di Belgia, mungkin tidak digunakan sebagai sistem yang berdiri sendiri sejak Desember 2016, tetapi hanya sebagai tambahan untuk sistem yang lebih modern seperti Sistem Manajemen Lalu Lintas Kereta Api Eropa (ERTMS), yang telah diperkenalkan secara bertahap sejak 2007.

Leontyne Ciolemans (1952-2022)

1979 Lahir di Conch (Antwerpen) pada William PetersAktor Flemish, putra aktris Marilyn Mays, cucu sutradara Anton Peters. Dia terkenal karena perannya dalam serial TV tempat tinggal, keluargaDan KecepatanDan Wilayah / Kotadll.

1952 Lahir di Amsterdam Leontyne CiulemansDan Aktris dan presenter yang paling dikenal sebagai presenter pertama NOS Jeugdjournaal. Dia tampak begitu terputus. Ketika dia berusia tiga tahun, dia melakukan debut radionya di program tersebut Anak kecil mendengarkan dari Avro. Debut televisinya menyusul pada usia sebelas tahun Seorang anak tahun 1813. Dia juga pengisi suara selama bertahun-tahun Jaring Anak. Selain itu, ia mempresentasikan Program Bahasa Inggris bersama Peter Hobday Mingguan Bisnis Eropa. Lalu tiba-tiba saya mengambil jalan yang sama sekali berbeda: program seks Veronica berkembang Radio Romantis. Pemotretan dilakukan sekitar tahun 1991 bermain anak laki-laki. Setelah kematiannya (28 Juli 2022), Leontien Ceulemans menyumbangkan tubuhnya untuk ilmu pengetahuan.

Hari ini

Stephen Hawking (1942-2018)

1942 Lahir di Oxford Inggris fisikawan, matematikawan dan ahli kosmologi Steven Hawking. Dia dianggap sebagai salah satu ilmuwan terhebat pada masanya, sebagian karena penelitiannya tentang “lubang hitam” dan singularitas dalam kosmologi. Sejak usia 20 tahun ia menderita amyotrophic lateral sclerosis, yang membuatnya duduk di kursi roda. Setelah pneumonia pada tahun 1985, dia hanya bisa berkomunikasi dengan komputer suara. Dia meninggal pada tahun 2018 pada usia 76 tahun.

READ  DPR RI menyetujui pembangunan ibu kota baru dengan biaya 28 miliar euro

1940 Kematian di Bruges Jeff Tunney (52) Pelukis dan seniman grafis Flemish. Ia lahir di Sint-Joost-ten-Node (Brussels), mengenyam pendidikan seni di Trier (Rhineland-Palatinate) dan sejak 1922 tinggal bersama istrinya Josefin Hendricks di Zeebrugge.

1924 Kematian di Saint-Cloud, dekat Paris Hermione Cadol (81), lahir Eugénie Sardon, penjahit wanita dan komune, anggota Persatuan Wanita untuk Pertahanan Paris pada masa Komune. Itu adalah pemerintahan revolusioner yang memerintah kota Paris dari 18 Maret 1871 hingga dihancurkan dengan darah pada 28 Mei di tahun yang sama. Cadol bekerja tanpa lelah untuk Komune yang terluka.

Dia kemudian menjadi pendiri rumah pakaian dalam di Buenos Aires dan kemudian di Paris, terutama perancang bra “modern” pertama (1889), yang kemudian disebut “Courcelette George” atau “Pemeliharaan Ngarai”. Pada tahun 1910 ia mendirikan perusahaan pakaian dalam Maison Cadolle, yang mempekerjakan 200 penjahit pada saat itu. Perusahaan keluarganya telah ada selama enam generasi.

1922 Lahir di Antwerpen Carlo J RainersPolitisi Flemish. Dia memulai karirnya sebelum Perang Dunia II di Rex-Vlaanderen dimana dia menjadi sekretaris Odiel Daem. Dari tahun 1952 hingga hilangnya partai tersebut, dia adalah sekretaris jenderal Flemish Rally. Pada tahun 1951 Reyners adalah salah satu pendiri Gerakan Seni Rakyat Flemish (VVKB). Sampai kematiannya dia adalah Direktur Budaya Populer Eropa Europeades. Reiners juga duduk di dewan kota Berkem sebagai anggota independen dari Persatuan Rakyat. Pada tahun 1965, sebagai anggota Verbond Recht en Orde, penerus Dinasso, ia aktif bersama anggota VRO lainnya dalam gerakan Walter Kahn untuk Amerika Serikat Eropa. Sampai kematiannya dia adalah Sekretaris Jenderal BVSE. Dia meninggal pada tahun 1976 pada usia 54 tahun.

READ  Vietnam sekali lagi No. 1 dalam perlombaan adopsi cryptocurrency

1918 Presiden AS Woodrow Wilson mempersembahkan bukunya yang terkenal Empat belas poinUntuk mengakhiri Perang Dunia I dan membangun perdamaian dunia yang adil dan abadi. Fokus dari Empat Belas Poin adalah hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri dan pembentukan Liga Bangsa-Bangsa. Di Flanders, pergerakan garis depan langsung mengisyaratkan pemikiran presiden Amerika.

Empat Belas Poin disusun oleh Wilson tanpa berkonsultasi dengan Sekutu sehingga mereka tidak merasa terikat olehnya. Inggris menentang kebebasan laut. Prancis menuntut kompensasi atas kerusakan yang dideritanya – yang tidak disebutkan dalam Empat Belas Poin – dan aneksasi Saarland. Italia menginginkan lebih banyak ruang daripada yang dikatakan Fourteen Points. Tyrol Selatan harus mempercayainya.

Jerman, pada bagiannya, setelah serangannya yang gagal pada musim semi tahun 1918, melihat cara untuk mengakhiri perang tanpa terlalu banyak terluka. Dia meminta gencatan senjata pada bulan Oktober tahun itu berdasarkan Empat Belas Poin Wilson, tetapi gencatan senjata terakhir pada tanggal 11 November 1918, sama dengan penyerahan yang disamarkan. Perjanjian Versailles mengubahnya menjadi penghinaan yang benar-benar tidak dapat diterima oleh Jerman, yang nantinya akan menjadi landasan bagi Adolf Hitler.

Tidak ada yang datang dari perdagangan bebas. Perlucutan senjata hanya dibutuhkan oleh Jerman dan negara-negara lain yang dikalahkan. Ketentuan untuk koloni hanya berpengaruh bahwa bekas koloni Jerman selanjutnya dikelola oleh Sekutu sebagai mandat Liga Bangsa-Bangsa. Hak rakyat atas penentuan nasib sendiri tetap menjadi peluang masa depan bagi kaum nasionalis populer di seluruh Eropa.

Hari ini

Jean Peterson Cowen (1587-1629)

1697 Orang terakhir yang dieksekusi setelah dinyatakan bersalah Mendayung (Mendayung). Orang malang yang digantung adalah siswa Skotlandia berusia dua puluh tahun Thomas Aikenhead. Dia menyebut Alkitab sebagai “kebodohan dari omong kosong yang disalahpahami”: kebodohan dari omong kosong yang disalahpahami.

READ  Saham Asia mengalami arus masuk asing terbesar dalam tiga bulan

1587 Lahir di Van Horn (Belanda Utara) Jean Peterson QuinnDan Pedagang, pemimpin militer, dan administrator. Ia mendirikan kekuasaan Belanda di kepulauan Indonesia, menjadi gubernur jenderal Hindia Belanda (sekarang Indonesia) dan mendirikan Batavia (kemudian Jakarta) pada tahun 1619. Ia meninggal pada tahun 1629, hanya dalam usia 42 tahun.

Hari ini

Beli sekarang hari ini selama bertahun-tahun Di toko buku Terobosan.