BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

8 Maret.  Hari bersejarah: Gandhi memulai Pawai Garam dan mengarahkan India menuju kemerdekaan

8 Maret. Hari bersejarah: Gandhi memulai Pawai Garam dan mengarahkan India menuju kemerdekaan

Max von Sydow (1929-2020)

2020 Kematian di Ceylon (Provence) dari Max von Sydow, seorang aktor dan sutradara Swedia yang tinggal di Prancis dan telah menikah sejak 1997 dengan pembuat film dokumenter Prancis Catherine Brillet (1935). Film terkenal dengan Max von Sydow adalah: Meterai ke-7, Hawaii, Flash Gordon, Terlalu Keras & Sangat Dekat, Malu, Never Say Never, Kebangkitan, Billy De Conqueror, Salju di Cedar. Itu dibintangi Pastor Merrin Pengusir setan. muncul di TV di permainan singgasana. Diarahkan oleh: Katinka (1988).

1984 greyfire Di tambang batu bara di Esden (Limburg) menyebabkan kematian tujuh penambang.

1978 Dari makamnya di Corsier-sur-Vevey (Swiss) tetap ada Charlie Chaplin (1889-1977) Dicuri. Rencananya adalah permintaan tebusan. Ini gagal dan pencuri tertangkap. Mayatnya ditemukan 11 minggu kemudian di dekat Danau Jenewa dan dimakamkan kembali di bawah beton setinggi 6 kaki.

1973 Pemboman Billy Tua: Ini pengeboman di London Dengan bom mobil yang diledakkan oleh IRA, tepat di depan pengadilan Old Bailey, menyebabkan satu kematian (akibat serangan jantung) dan 238 orang luka-luka. Ini adalah awal dari serangkaian serangan bom IRA di Inggris yang telah menewaskan puluhan orang. Sepuluh pelaku serangan Old Baily, anggota Brigade Belfast dari IRA Sementara, dapat dilacak dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, kemudian diringankan menjadi 20 tahun penjara.

1965 Amerika Serikat memperluas partisipasinya dalam perang Vietnam Dan bawa 3.500 Marinir ke sana. Secara resmi, ini adalah pasukan tempur AS pertama yang sebenarnya di Vietnam Selatan. Tentu saja mereka ada “untuk saat ini” dan “untuk penggunaan terbatas”…

1957 Setelah intervensi PBB dalam konflik antara Mesir dan Israel, Inggris Raya dan Prancis, Mesir membukanya kembali terusan Suez.

Hari ini

Cherly Baker (1954)

1954 Penyanyi dan penyiar lahir di London Cherly BakerNama panggung: Rita Maria Croddington. Dia memenangkan Kontes Lagu Eurovision pada tahun 1981 dengan grupnya Bucks Fizz Putuskan pikiranmu. Lagu terkenal lainnya termasuk dia Tanah Imajinasi, Kamera Saya Tak Pernah Bohong, Anda Menyukai Cinta, Aturan Permainan, Kota London, Sepotong Aksi. Dia membawakan Bucks Fizz versi baru dari 2011: mendesis. Dia mulai menyajikan acara TV di Inggris pada 1990-an.

READ  Gerrard adalah model untuk potret Hajo van Scheepsjongens van Bontekoe untuk 16 PM

1950 Uni Soviet mengklaim memiliki a Bom nuklir.

1943 Kelahiran aktris di London Lynn Redgrave. Sertakan film-film terkenal dengannya Pelacur Bahagia, Dewa dan Monster, Gadis Georgie, Cinta Tanpa Syarat, Cara Membunuh Anjing Tetangga Anda, Bersinar, Tersentuh, Laba-laba, Peter Pan. serial TV Kebangkitan yang kasar Dan panggilan rumah; Banyak akting cemerlang muncul di seri lain. Dia menikah dengan aktor John Clark dari 1967-2000. Dia meninggal pada tahun 2010 pada usia 67 karena kanker payudara.

1942 Pasukan Belanda menyerah: Hindia Belanda diduduki Jepang. Indonesia akan merdeka pada tahun 1950 dengan nama Indonesia.

1938 Buat ulang Asosiasi Katolik Flemish untuk Siswa Sekolah Menengah (KVHV) di Ghent dengan motif Ward Opdebek, yang berasal dari Leuven. Didirikan pada tahun 1889 dengan nama Rodenbachs Vrienden. Kehidupan mahasiswa yang sangat terpecah dan terpolitisasi di Ghent tampaknya sudah matang untuk menggalang semua kekuatan Katolik dan konservatif. Menanggapi agitasi serikat mahasiswa sayap kiri dan liberal, Obdebeck ingin membuat blok sayap kanan pendukung radikal Flemish. Dengan jumlah anggota yang terus bertambah dan anggotanya majalah dengan pesat Janji kita KVHV segera memainkan peran dominan di Universitas Ghent.

1931 awal dari itu futuristik. Di Turin, seniman Filippo Tommaso Marinetti (1876-1944) menghidupkan kembali kedai tersebut Santopolato di dalam. Di sana, “makanan masa depan” pertama disajikan. “Dengan menentang pasta dan dengan membuka jalan bagi perkembangan baru di dapur,” kata Marinetti, para Futuris jauh dari puas dengan orientasi faktor yang sangat penting bagi perekonomian nasional, mereka juga berniat memperbarui selera dan kebiasaan orang Italia. .

1930 Mahatma Gandhi (1869-1948) mulai bekerja Pembangkangan sipil di India. Awalnya adalah protes terhadap pajak garam. Gandhi dan para pengikutnya di Ahmedabad memulai perjalanan sejauh 400 kilometer ke laut untuk mengekstraksi garam bagi diri mereka sendiri. Ini akan menjadi pawai kemenangan besar: ribuan orang datang untuk mendukung Gandhi dan lebih banyak lagi bergabung dengan mereka. Meski lebih dari 60.000 orang telah dipenjara, pemberontakan terus berkembang. Pemerintah Inggris yang diwakili oleh Edward Frederick Lindley Wood Lord Irwin memutuskan untuk bernegosiasi langsung dengan Gandhi untuk pertama kalinya dan terjadilah pembahasan sebagai berikut:

READ  14 Bioskop Celik Sangar Turun Kulapurasi Tambilkan 30 Karya Lukes Di Yogyakarta

Lord Irwin: “Dengan segala hormat, Tuan Gandhi, tanpa pemerintahan Inggris negara ini akan jatuh ke dalam kekacauan.”

Gandhi: “Tuan Irwin, saya meminta Anda untuk menerima bahwa tidak ada orang di bumi ini yang tidak akan memilih pemerintahan buruk mereka sendiri daripada pemerintahan baik dari kekuatan asing.”

India merdeka pada tahun 1947.

1892 Lahir di Mechelen Van Peter Pace, seorang pengacara nasional Flemish dan direktur serikat pekerja VEV. Selama Perang Dunia I, dia adalah seorang prajurit di Front Isser, tetapi dia dijadikan tawanan perang dan dibawa ke Göttingen. Dia termasuk inti aktivis militan dan dihukum in absentia untuk itu pada tahun 1918. Bismem tetap di Jerman dan menjadi doktor hukum dan ilmu politik di Universitas Göttingen. Kembali ke Flanders, dia bergabung dengan Flemish Economic Society (VEV). Dari tahun 1935 hingga 1945 dia adalah sekretaris jenderal VEV yang dinamis, yang sangat meningkatkan jumlah anggota VEV.

Bism juga menjadi anggota bagian konten (sel yang disiapkan untuk politik) Liga Nasional Flemish (VNV). Setelah pembebasan, penyelidikan yudisial dibuka terhadap pimpinan VEV, termasuk Piet Bessem, tetapi berakhir dengan penuntutan di luar. Namun, Piet Bessem dipecat oleh VEV pada tahun 1945, dengan pesangon. Dia meninggal pada tahun 1964 pada usia 72 tahun.

Hari ini

1889 Seorang penemu dan insinyur mesin Swedia yang tidak dikenal meninggal di New York John Erickson (85). Insinyur ini adalah perancang, antara lain, baling-baling kapal jenis baru, baling-baling yang lebih baik, dan mesin uap jenis baru. Dia memperbaiki desain kapal uap, lokomotif uap, dan kapal selam. Corvette yang dia rancang USS Princeton Pada tahun 1843, itu adalah kapal Angkatan Laut AS pertama yang dilengkapi dengan baling-baling.

READ  Ukuran Pasar Film Polimida, Pangsa Sektor 2021, Riset Pasar Dengan Pertumbuhan, Produsen, Sektor, dan Riset tentang Outlook untuk 2023

1869 Komposer Prancis meninggal di Paris Hector Berlioz (65). Konsekuensi dari penyakit usus. Dia adalah salah satu perwakilan Romantisisme yang paling penting dan kreatif. opera terkenal Les Troins, Benvenuto Cellini Dan Beatrice dan Benediktus. Simfoni: Romeo dan Juliet Dan Grand Symphony Fonpres dan Triumphal. Kita Simfoni Fantasi (1830) adalah awal dari genre yang terpisah, puisi simfoni.