BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Akankah KTT Iklim membuat dunia berada di halaman yang sama? “COP26 adalah momen kebenaran” | pedalaman

“COP26 adalah momen kebenaran dunia. Pertanyaan yang diajukan semua orang adalah apakah kita memanfaatkan momen itu atau membiarkannya berlalu begitu saja,” kata perdana menteri Inggris.

Seratus dua puluh pemimpin dunia akan melakukan perjalanan ke Glasgow akhir pekan ini untuk bertemu pada hari Senin dan Selasa untuk bagian pertama dari konferensi PBB. Negosiasi akan dilakukan selama dua minggu ke depan. Dengan dihadiri hampir 25.000 orang dari 196 negara, konferensi tersebut merupakan salah satu yang terbesar yang pernah diadakan di Inggris.

Pemanasan global

Pertanyaan utamanya adalah apakah Johnson akan membawa semua pemimpin pemerintah pada halaman yang sama. Di Paris, setiap negara berkomitmen untuk melakukan upaya untuk menjaga pemanasan global dalam 1,5, atau lebih disukai 2 derajat. Namun, pertanyaan tentang bagaimana melakukan ini, dan kuota apa yang akan disediakan setiap negara, adalah masalah yang diperdebatkan.

Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa, dan Komisaris Eropa Frans Timmermans tiba di Glasgow dengan kepala tegak. “Eropa sedang dalam perjalanan untuk menjadi benua pertama yang netral terhadap iklim pada tahun 2050,” kata von der Leyen dengan bangga. “Kami sudah turun 31 persen dan ini menunjukkan bahwa itu mungkin terjadi bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi.”

Kontribusi tahunan $100 miliar

Pada pendanaan iklim, kontribusi tahunan sebesar US$100 miliar untuk negara-negara yang berisiko, dia berharap untuk mencapai kesepakatan. UE telah mendatangkan €25 miliar per tahun, di mana 1,3 miliar di antaranya berasal dari Belanda. Ketua komite mengharapkan jumlah total meningkat lebih lanjut. Di Glasgow, itu juga mempresentasikan kesepakatan dengan Presiden AS Joe Biden untuk mengurangi emisi metana, dan juga gas rumah kaca, sebesar 30 persen.

READ  Membahas kesepakatan akhir untuk menyimpulkan KTT Iklim Glasgow setelah “tidur” secara lebih rinci | Luar negeri

Baru-baru ini, Komisaris Eropa Frans Timmermans berkeliling dunia untuk membujuk para pemimpin pemerintah lainnya untuk mengikuti contoh Eropa dari Kesepakatan Hijau. Sementara banyak dari kekuatan besar masih dalam tahap dari mulut ke mulut, proposal Timmermans untuk pertanian, transportasi, dan pasar perumahan melangkah lebih jauh.

Tidak ada antusiasme di mana-mana

Tidak ada antusiasme di mana-mana. Misalnya, rencana Eropa untuk memperkenalkan pajak karbon pada produk yang diimpor dari luar UE – di mana tidak terpengaruh oleh perdagangan emisi Eropa – buruk di banyak negara. Di Eropa, ide tersebut dijelaskan sebagai cara untuk membawa negara lain ke jalur hijau. Tetapi negara-negara berkembang menganggapnya sebagai bentuk proteksionisme, sama seperti dua puluh tahun yang lalu. Kemudian Brussel juga mencoba pada konferensi perdagangan WTO untuk melarang produk dari luar Uni Eropa, karena diduga rendahnya standar untuk lingkungan dan kesejahteraan hewan.

Belanda diwakili selama negosiasi oleh Komisi Eropa. Para diplomat Belanda berusaha meyakinkan negara-negara lain tentang kebijakan iklim yang serius. Namun, Menteri Negara Yeselgoz (Iklim) memperingatkan tentang hasilnya. ‘Kesempatan masih ada’ […] “COP26 akan mencapai hasil yang kurang dari yang diantisipasi,” tulisnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat.