BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Konferensi Iklim Glasgow dimulai hari ini

Konferensi Iklim Glasgow dimulai hari ini

Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26) dimulai hari ini di Glasgow, Skotlandia. Tujuannya adalah kesepakatan internasional yang bertujuan untuk mencapai kebijakan iklim yang lebih ambisius daripada Perjanjian Paris, yang sebagian besar negara berkomitmen untuk pada tahun 2015. Para kepala negara berharap untuk mencapai kesepakatan timbal balik untuk menjaga pemanasan global di bawah 1,5°C di seluruh dunia. Banyak negara saat ini memakai Masih belum cukup untuk berkontribusi pada tujuan iklim ini. Para pemimpin dunia mengharapkan kesepakatan yang mengarah pada kebijakan yang lebih hijau dengan penggunaan bahan bakar fosil yang lebih sedikit.

Pada hari Sabtu, para kepala negara dan pemerintahan dari 20 kekuatan ekonomi bertemu di Kelompok Dua Puluh di ibukota Italia, Roma. Bersama-sama, negara-negara ini bertanggung jawab atas sekitar 80 persen dari produk nasional bruto dunia. Menteri Luar Negeri Wopke Hoekstra (Keuangan, CDA) menghadiri G20 sebagai tamu atas nama Belanda. Para hadirin membahas antara lain Status kesehatan global dan iklimNamun, mereka belum bisa membuat kesepakatan konkrit terkait hal ini.

Baca juga: Hampir tidak ada negara yang berada di jalur yang tepat untuk mencapai target suhu maksimum 1,5°C

Selain para pemimpin politik negara-negara anggota Uni Eropa, yang melakukan perjalanan dengan kereta api untuk KTT iklim Glasgow, aktivis iklim Swedia Greta Thunberg juga hadir. Thunberg juga bepergian dengan kereta api; Menurut kantor berita internasional, dia dibawa dari podium di bawah pengawalan polisi. Pada hari Jumat, aktivis iklim berusia delapan belas tahun ikut serta dalam demonstrasi menentang investasi bank dalam bahan bakar fosil. Menjelang konferensi di Glasgow, para aktivis sudah membuat diri mereka didengar.

Mereka yang menghadiri KTT iklim bepergian dengan kereta api, banyak dari mereka sebelumnya menghadiri G-20 di Roma. Foto oleh Remco de Waal / ANP

Aktivis membuat diri mereka didengar di Roma dan Glasgow

Pertemuan akhir pekan G20 dan KTT COP26 besar berikutnya akan fokus pada iklim. Ini juga terlihat di jalan-jalan Roma dan Glasgow, tempat kedua pertemuan ini. Anggota organisasi lingkungan telah mengadakan demonstrasi, pawai, dan aksi lucu untuk menarik perhatian publik pada masalah iklim dan untuk memberi tahu para pemimpin dunia: “Kami mengawasi tindakan Anda dan hasil Anda.”

Glasgow, di mana para pemimpin pemerintah akan mulai merundingkan kebijakan iklim mulai hari Minggu, adalah tujuan pada hari Sabtu tidak hanya untuk “kereta iklim” khusus untuk menghadiri konferensi, tetapi juga untuk para peziarah: sebuah koalisi organisasi iklim yang bermotivasi agama mengorganisir jalan-jalan untuk Skotlandia. kota. Beberapa peziarah dari kota lain telah datang ke Glasgow untuk rapat umum, yang menurut Pemberontakan Kepunahan adalah awal dari serangkaian kampanye seputar KTT Iklim.

Hoekstra di G20 dalam percakapan dengan menteri lain tentang krisis kesehatan ‘satgas’ berikutnya

KTT G20 Kepala Negara dan Pemerintahan dimulai hari ini di Roma, tetapi Menteri Keuangan Wopke Hoekstra (CDA) telah mengadakan pertemuan dengan rekan-rekan dari keuangan dan kesehatan di ibukota Italia pada hari Jumat. Rencana mekanisme koordinasi baru dibahas jika terjadi krisis kesehatan yang akan datang seperti wabah Corona. “Italia telah mendorong keras pembentukan kelompok kerja menteri keuangan dan kesehatan, yang harus lebih sering bertemu untuk mengoordinasikan krisis kesehatan baru dengan lebih baik.” Ini harus terdiri dari pegawai kementerian, yang, setelah berkonsultasi, memberi pengarahan kepada menteri terkait.

Hoekstra mengatakan dalam percakapan dengan sejumlah media Belanda, termasuk Dewan Pengungsi Norwegia. Krisis Corona terutama terjadi di banyak negara lain di Barat. Gugus tugas harus mencegah redundansi. Di Roma, para menteri juga menyatakan niat mereka untuk membantu negara-negara Selatan mendapatkan vaksin.

Hoekstra juga membahas rencana pemulihan virus corona Italia dalam sebuah wawancara. Selama krisis Corona, Italia dan Belanda bentrok tajam, setelah sikap Hoekstra yang gigih, antara lain, atas dukungan keuangan Eropa untuk negara itu. “Sudah satu setengah tahun di belakang kami,” jelas menteri, “dan bahkan kemudian, kontak pribadi selalu tetap sangat baik.” Dia yakin bahwa bersikeras pada reformasi yang ketat sebagai prasyarat untuk dukungan keuangan adalah pendekatan yang tepat. Rencana pemulihan Italia sebagian besar sejalan dengan rekomendasi yang dibuat oleh Komisi Eropa khusus untuk Italia. Rencana tersebut berisi keseimbangan yang baik antara reformasi, investasi dan inovasi. Kehadiran Draghi membawa kepercayaan diri. Pemerintahannya melakukan pekerjaan yang hebat dalam hal stabilitas dan ekonomi.”

KTT G20 di Roma, yang berakhir pada hari Minggu, adalah persiapan terakhir untuk KTT Iklim di Glasgow. Menurut Hoekstra, kesimpulan dari perjanjian iklim adalah “tugas seukuran kehidupan”, yang merasa bahwa dalam beberapa tahun terakhir rasa urgensi telah meningkat di mana-mana, termasuk di luar Eropa. Dia berharap konsultasi di Roma akhir pekan ini akan membuahkan hasil, sehingga langkah baru dapat diambil di Glasgow setelahnya. Tapi dia tidak optimis. Dia mencatat bahwa “pandangan dunia sangat bervariasi.” Mungkin beberapa tidak akan berhasil sampai ke atas, dan yang lain akan bertanya apakah mereka datang dengan tas kosong. Tidak semua pesan penuh harapan.”

Para pemimpin dunia membahas iklim di G20 menjelang KTT iklim di Glasgow

Bagi negara-negara yang akan menghadiri KTT G20 akhir pekan di Roma pada Sabtu dan Minggu, salah satu topik utamanya adalah iklim. Dengan demikian, pertemuan tersebut merupakan awal dari konferensi iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa di Glasgow, COP26, yang dimulai pada hari Minggu. Sebagian besar pemimpin dari 19 negara yang hadir, serta Uni Eropa, segera melakukan perjalanan.

Di akhir KTT di Roma, seharusnya sudah ada kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana para pemimpin memposisikan diri mereka selama COP26. Pertemuan G20 akan dihadiri oleh para pemimpin dari 20 ekonomi utama. Bersama-sama mereka bertanggung jawab atas sekitar 80 persen dari produk nasional bruto dunia. Akankah mereka memutuskan untuk mendukung negara-negara miskin dalam transisi iklim?

Baca juga tentang apa yang akan dibahas pada KTT G20: G20 tentang iklim dan korona, tetapi hanya berfungsi jika kerja sama internasional meningkat

Peserta KTT Iklim berangkat ke Glasgow dengan kereta api

Sekelompok besar peserta pada KTT Iklim PBB COP26, yang dimulai di Glasgow pada hari Minggu, berangkat ke Skotlandia dengan “kereta iklim” pada Sabtu pagi. Yang Laporan ProRail. Di atas kapal adalah delegasi dari 28 negara Eropa. Kereta melewati Rotterdam, Brussel dan London ke Glasgow.

Mara de Pater, presiden Pemuda untuk Perjalanan Berkelanjutan, mengatakan kepada Radio 1: “Kami ingin membawa orang ke KTT iklim dengan kereta api dengan cara yang berkelanjutan. Jadi mereka tidak bepergian dengan pesawat.” Perjalanan kereta api juga bertujuan untuk memungkinkan para pelancong untuk berbicara satu sama lain tentang transportasi berkelanjutan sebelum dimulainya KTT Iklim.

Di kereta adalah delegasi dari Belanda, Belgia, Italia dan Jerman, serta anggota Parlemen Eropa dan perwakilan LSM seperti Oxfam, antara lain. Dua tahun lalu, sekelompok aktivis iklim Eropa, termasuk de Pater, berlayar dengan kapal ke Chili, tempat pertemuan puncak iklim akan diadakan. Pada akhirnya tidak lulus, dan diadakan di Madrid.

Kereta Iklim melakukan perjalanan melalui Rotterdam, Brussel dan London ke Glasgow, di mana KTT iklim COP26 akan diadakan. Foto oleh Remco de Waal / ANP

Selamat datang di blog ini

Akankah ada kesepakatan internasional untuk memerangi pemanasan global dan menjaganya di bawah 1,5 derajat? Akhir pekan ini, para pemimpin dunia akan berkumpul di KTT G20 di Roma dan KTT Iklim di Glasgow, yang dimulai pada hari Minggu. Aktivis iklim telah membuat suara mereka didengar menjelang ini.

Di blog ini ikuti Dewan Pengungsi Norwegia– Pengeditan berita tentang dua pertemuan.

READ  Wake-up call 28/8: Verstappen start dari pole di Belgia • Pertemuan Veteran Afghanistan