BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Alam hari ini |  Penyu dibunuh secara tidak perlu dalam penangkapan udang tropis

Alam hari ini | Penyu dibunuh secara tidak perlu dalam penangkapan udang tropis

Peraturan terkait perangkat pengecualian penyu di seluruh Eropa akan menyelamatkan ribuan penyu per tahun.

Alat pengusir penyu adalah panggung khusus dalam jaring ikan yang memungkinkan penyu dan makhluk laut besar lainnya untuk melarikan diri. Di seluruh dunia, diperkirakan ratusan ribu penyu secara tidak sengaja terperangkap dalam jaring dan pancing setiap tahun, dan puluhan ribu penyu mati. Baguette ini adalah salah satu ancaman terbesar bagi penyu. Penangkapan udang di daerah tropis seperti India, Indonesia dan Thailand sangat buruk dibandingkan dengan ikan lain dan relatif banyak penyu yang hilang ke jaring dan tenggelam.

Penyu yang terancam punah

Dan itu menjengkelkan. Enam dari tujuh spesies penyu yang terdaftar dalam Daftar Merah IUCN diklasifikasikan sebagai terancam punah, terancam punah atau hampir punah. Kategori ketujuh memiliki data yang cukup untuk membuat penilaian tingkat.

Natalie Houtman, ahli kelautan WWF di Belanda: “Semakin lama UE menunggu dengan pembatasan, semakin banyak penyu mati yang tidak perlu. Penolak kura-kura adalah cara yang bagus untuk mengurangi kemungkinan penangkapan hewan yang terancam punah ini selama bertahun-tahun. Peraturan serupa telah berhasil diterapkan di Amerika Serikat selama lebih dari tiga puluh tahun. Menunda tindakan bukanlah pilihan.

Saatnya beraksi

Pada tahun 2020, Gerakan IUCN yang diadopsi meminta Komisi Eropa untuk mengadopsi peraturan yang mengamanatkan TED (atau fasilitas yang setara) untuk stok udang tropis. Usulan tersebut didukung oleh beberapa negara anggota UE, yang menciptakan dorongan bagi Komisi Eropa untuk melakukannya. Tapi sejauh ini tidak ada yang terjadi. Kurangnya peraturan ini bertentangan dengan tujuan UE sendiri untuk memulihkan keanekaragaman hayati dan menjamin pola makan yang berkelanjutan.

READ  Indonesia menenggelamkan empat kapal ilegal Vietnam yang mematikan di Kalimantan bagian barat

Info lebih lanjut

Teks: Sabin Bos, Dana Alam Dunia
Foto: Jordi Sias, naturalpl.com / WWF (Foto depan: Penyu yang terjaring jaring ikan)