The news is by your side.

Alat Pendeteksi Cacar Monyet Dipasang di Bandara Ngurah Rai

0

Oleh: Rosid   |

Balicitizen.com, Denpasar- Terkait ditemukannya kasus cacar monyet di Singapura, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai siagakan alat pendeteksi panas tubuh. Alat tersebut dipasang di terminal kedatangan internasional. Untuk pengawasan dan pemantauan ditujukan kepada para penumpang dari Singapura.

Alat tersebut akan mendetiksi panas tubuh siapa saja yang melewatinya. Jika, suhunya di atas 38 derajat celcius, maka akan diberhentikan dan diperiksa kesehatannya. Seandaianya ditemukan cacar monyet, yang bersangkutan lantas dibawa ke RS Sanglah untuk dirawat.

“Jadi antiaipasi kami aktifkan thermal scanner atau alat untuk mendeteksi suhu tubuh. Terhadap orang yang sehat yang mengikuti dia, yang sempat kontak dengan yang suspect, kita juga lakukan surveilance epidemiologi, kita lakukan pengamatan juga,” kata Putu A. Sudarma, Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar, Rabu (15/5).

Pada prinsipnya, pihak KKP melakukan kewaspadaan untuk mendeteksi penyakit ini agar tak masuk ke Bali. Jadi, ada sekitar 49 flight internasional yang melewati bandara Gusti Ngurah Rai akan dilakukan pengawasan secara selektif. Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan adanya kasus tersebut terdeteksi.

“Artinya terpilih yang berisiko selalu kita tingkatkan kewaspadaan. Tapi penekanan kami bukan hanya pada monkeyp ox tapi juga mers dan meningitis itu tetap berjalan,” urainya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.