BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Alfa Romeo Alfetta GT kembali mendapat pukulan langsung dari Giugiaro

Alfa Romeo Alfetta GT kembali mendapat pukulan langsung dari Giugiaro

Seperti apa proses permulaannya?

Pada tahun 1967, Alfa Romeo mulai memikirkan penerus Giulia GT, desain sukses studio Bertone, yang dirancang oleh Giorgetto Giugiaro. Dia tidak lagi bekerja di sana, karena dia memulai perusahaannya sendiri, Ital Design. Ini menawarkan desain satu demi satu, termasuk versi dengan lampu depan lipat (foto). Pada bulan April 1969, model Giugiaro 1:1 pertama telah siap, berdasarkan Berlina tahun 1750. Belakangan menjadi jelas bahwa body kit bagian bawah Alfetta (1972) akan menjadi dasar GT. Sementara itu, bagian pengecatan interior Alfa Romeo, Centro Stile, juga sibuk membuat sketsa. Bagaimanapun, dia akan mengurus interiornya, itu sudah jelas sejak awal. Namun, di luar negeri, pertarungan antara Giugiaro dan Centro Style masih jauh dari selesai. Akhirnya, yang pertama menyerahkan desainnya, yang sudah 90 persen selesai, kepada kliennya.

Sketsa desain Alfa Romeo Alfetta GT

Prototipe GT, termasuk kontribusi 10% dari Alfa Romeo sendiri, lahir pada bulan April 1970. Bertone juga diberitahu tentang proposal berdasarkan desain Giugiaro, tetapi desainnya yang mirip rem tembak ala Lancia Beta HPE menghilang ke tempat sampah. Kebetulan Alfa Romeo tidak pernah secara resmi mengakui kontribusi Giugiaro terhadap Alfetta GT, dan sebaliknya, sang desainer tidak pernah mengklaim desainnya. Saat itu, Giugiaro marah dengan cara Centro Stile memodifikasi desain aslinya. Secara khusus, pelepasan “insang” di layar depan menyebabkan darah kotor, begitu pula garis bahu yang tidak lagi mulus di bawah kaca depan sehingga menutupi wiper kaca depan. Nasib kemerdekaan…

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Bagaimana pers dan publik menyambutnya?

Ketika Alfetta GT diperkenalkan kepada pers di Tuscany pada bulan Juni 1974, dunia berada di tengah krisis minyak, sehingga kebutuhan akan mobil sport (relatif) tetap rendah. Batas kecepatan yang lebih ketat di jalan raya juga tidak membantu. Ceruk besar yang harus diisi oleh pendatang baru – total lebih dari 225.000 unit coupé Bertone cantik terjual – tidak menjadi lebih kecil dengan cara ini. Untungnya, berkat desain transmisi yang menghasilkan distribusi bobot 50:50, karakteristik berkendara menjadi sangat baik. Brosur Belanda Oracle: “Model Alfetta Coupé adalah mobil dengan karakteristik sportif yang sangat baik dan oleh karena itu cocok untuk masyarakat yang mencari performa luar biasa, yang dipadukan dengan desain rasional dengan konsep mekanis yang benar, karakteristik keselamatan, konsumsi bahan bakar yang hemat, kenyamanan dan kualitas penopang hadir.” Dibandingkan dengan pendahulunya yang kompak, Alfetta GT sangat lapang. Kursi belakang tidak lebar, tapi setidaknya ada dua kursi yang layak. Berkat pintu belakang yang besar, memuat bagasi lebih mudah dari sebelumnya; Bertone punya bagasi kecil Pers dan publik bersikap positif terhadap GT di semua Area: Kritik terutama terfokus pada postur duduk yang buruk, ergonomi yang buruk, dan gangguan listrik.

READ  Merender Google Pixel 6 dan 6 Pro dengan pulau kamera yang luas - tablet dan ponsel - dapat memulai debutnya

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Seberapa revolusionerkah dia sebenarnya?

Itu tidak terlalu buruk, karena GT direncanakan sejak awal sebagai turunan sporty dari sedan Alfetta, yang diluncurkan pada tahun 1972. GT memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek 110 mm, namun teknologinya hampir sama: mesin di depan, Gearbox menghadap poros belakang, penggerak roda belakang dan konstruksi poros belakang dari De Dion. Dasbor GT, yang hanya memiliki tachometer di belakang kemudi dan sisa jam di tengah, sangat berbeda dengan sedan. Bagi Alfa, ini bukan sekedar meniru sedan. Sedan dan coupe berasal dari jalur produksi yang sama di Arese.

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Apa saja pilihan selama pengenalan pasar?

Pilihan mesin terbatas pada satu pada tahun 1974: 1,8 empat silinder dengan dua karburator Weber, bertenaga 122 hp. Dua tahun kemudian, mesin tersebut dihapus dan Anda bisa mendapatkan mesin 1.6 dengan 108bhp atau menghemat mesin 2 liter dengan 122bhp, sedangkan Lusso yang diperkenalkan pada tahun 1979 menawarkan 130bhp. Mobil enam silinder ini baru hadir dengan facelift komprehensif pada tahun 1980, ketika 'Alfetta' menghilang dari nama tipenya dan modelnya dilanjutkan dengan nama GTV.

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Apa pesaingnya?

Jika kita mengambil daftar harga dari akhir tahun 1975 (saat Bertone Coupe masih tersedia), harga Alfetta GT muncul di angka 20.990 gulden (9.525 euro). Dalam kategori performa dan harga ini, Anda juga memiliki sport coupe lainnya, seperti Opel Manta 1900 (FL 16.292), Volkswagen Scirocco TS (FL 16.553), Toyota Celica 1600 GT (FL 18.299), Audi 100 Coupe (FL 24.505), Mazda RX-4 (FL 17.195), Ford Capri 2300 GT (FL 17.388) dan Datsun Silvia 1979 (foto). Persaingan dari negara kita hadir dalam bentuk Lancia Beta Coupe 1600 (fl 21.808) dan dari pojok Inggris ada Triumph TR7 dan MGB GT. Mereka yang lebih menyukai produk Prancis dapat memilih Renault 17 (fl 18.450) atau Peugeot 504 Coupe, meskipun Peugeot 504 Coupe memiliki pasar yang lebih tinggi dengan mesin V6.

READ  Penjelajah Mars China Selesaikan Misi Utama, Lanjutkan Eksplorasi Mars - IT Pro - Berita

Apakah ada detail selama hidupnya?

Pada tahun 1980, Alfetta GT mengalami restorasi menyeluruh; Nama Alfetta menghilang (GTV saja sudah cukup) dan plastik diperkenalkan. Seperti yang sering terjadi pada tahun 1980-an, bemper, karet gelang, pegangan, cetakan, kaca spion luar, dan gril kini terbuat dari plastik, bukan baja atau krom. Lampu belakang one-piece baru menggantikan strip “longgar” dan Alfa Romeo memasang dashboard baru dengan desain yang lebih tradisional. Mesin 1.6 yang sederhana telah dihentikan dan jangkauan mesin telah diperluas – akhirnya – dengan enam silinder: Busso V6 158bhp 2.5bhp dari Alfa 6, dengan injeksi Bosch L-Jetronic, bukan karburator Sei. Hal ini tidak hanya berlaku di pasar AS, yang menerapkan standar emisi yang lebih ketat, namun juga standar keselamatan lainnya; Alfetta GT dan GTV tidak bisa lepas dari “bumper keselamatan” yang tidak proporsional. Rencana desain ulang kedua pada tahun 1983, dengan lampu depan persegi panjang dan dasbor baru, dibatalkan.

Alfa Romeo GTV6

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

Versi mana yang lebih menarik untuk fiksi?

Selama bertahun-tahun, banyak versi hebat telah diproduksi oleh Alfa Romeo sendiri atau pihak ketiga. Di antara versi “resmi”, 2.0 Turbodelta dari tahun 1979 adalah versi yang sangat bagus. Ini adalah model yang kompatibel dengan mobil balap dan reli berkekuatan 150 hp, dibuat dalam edisi terbatas sebanyak 400 unit. Di AS, selain versi Balocco dan Maratona, Anda juga memiliki mesin Twin Turbo berkekuatan 230 tenaga kuda yang dibuat oleh tuner Reeves Callaway. Kesepakatan dengan Alfa Romeo untuk menjualnya melalui jaringan dealer gagal. Anda hanya dapat mendatangi merchant tertentu untuk melakukan transfer. Diperkirakan hanya dibuat 30 hingga 35 buah. Sesuatu yang eksklusif seperti versi Zagato yang sangat dimanjakan dan GTV6 3.0 Afrika Selatan dengan 190 hp. Dengan kit konversi Autodelta, Alfa Romeo membuat 200 unit homologasi untuk berpartisipasi dalam kejuaraan lokal. Yang lebih luar biasa lagi adalah GT V8 2.6 (mesin dari Montreal) dari tahun 1979, sebuah inisiatif dari dealer utama Alfa di Jerman, dengan restu dari Alfa Romeo, yang telah membatalkan versi tersebut bertahun-tahun sebelumnya karena alasan anggaran. Sayangnya, dari 100 buah yang direncanakan, hanya tiga salinan yang dibuat, dan dua diantaranya masih bertahan. Jika Anda bisa mendapatkannya… Alfetta GT Grand Prix yang lebih mudah diakses adalah 'model promosi' dengan velg berbeda, garis khusus, dan body kit dari Rayton Fissore. Versi ini juga dikirimkan di Belanda pada tahun 1985.

READ  Peta Vondel Amsterdam untuk Call of Duty: Warzone 2 telah resmi terungkap

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

2.0 Turbodelta dari tahun 1979.

Alfa Romeo Alfa Vita GTV

GT V8 2.6

Apa efek dari Alfetta GT?

Meskipun sekarang menjadi mobil klasik yang disukai, Alfetta GT dan GTV berikutnya tidak menetapkan standar apa pun pada masanya. Mereka tidak lebih dari mobil sport coupe dengan garis-garis indah dengan karakteristik berkendara yang bagus dan mesin yang hebat. Alfa Romeo sukses besar dalam balapan dan reli dengan GT(V). Misalnya, merek tersebut telah memenangkan empat kejuaraan konstruktor berturut-turut di Kejuaraan Mobil Touring Eropa. Detail luar biasa: Setelah karir singkatnya di Formula 1 (17 balapan), Lella Lombardi dari Italia merayakan beberapa kemenangan Alfa dalam balapan mobil touring. Terlepas dari kesuksesan dan popularitas versi jalanan di kalangan masyarakat, Alfetta GT tidak dapat berdiri di bawah bayang-bayang pendahulunya, Bertone Coupé yang sangat populer (dan juga sukses di motorsport). Pada tahun 1993, GTV digantikan oleh model penggerak roda depan baru dengan nama yang sama.

Alfa Romeo Alvita GT

Berapa sisa dan berapa harganya?

Dari tahun 1974 hingga 1987, lebih dari 136.000 unit Alfetta GT dan GTV dibuat. Mayoritas (103.000) memiliki empat silinder, sisanya adalah V6. Berdasarkan data Finacles, masih ada 128 mobil yang terdaftar dengan plat nomor sah di Belanda, 34 di antaranya model GTV6. Jumlah yang sangat besar (22) berasal dari tahun 1974, tahun pertama GT. Pada saat penulisan, ada sebelas eksemplar yang dijual di Belanda. Untuk Alfetta GT yang cantik, Anda dapat mengandalkan harga yang diminta antara €19.000 dan €25.000. Kisaran GTV6 agak lebih besar. Andalkan rata-rata 30k untuk salinan yang bagus.

Alfa Romeo Alfa Vita GTV