BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Alfred Bernie – Tamu Musim Panas – VPRO

Overseas adalah film dokumenter oleh Sung-A Yoon, seorang sinematografer dan seniman Korea Selatan kelahiran Prancis, yang sekarang tinggal di Brussel. Overseas adalah film dokumenter panjang keduanya dan telah dipilih dan diberikan penghargaan di beberapa festival film internasional, dari Locarno hingga Warsawa. Sutradara Sung-A-Soon menerima “Penghargaan Dokumenter Terbaik” di Festival Film Warsawa ke-35.

Film ini mengikuti pusat pelatihan di Filipina di mana para wanita muda dilatih untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga yang jauh dari rumah. Mereka akan bekerja di luar negeri dan belajar mengatasi kerinduan dan pelecehan. Remaja putri mempelajari segalanya sebelum mereka meninggalkan pusat pelatihan. Melalui permainan peran dan pelajaran, mereka mencoba mempersenjatai diri melawan kehidupan di luar negeri, di mana mereka sering menjadi boneka majikan mereka. Bagikan pengalaman dan potensi risiko dari beberapa tempat kerja dan tindak lanjuti. Dalam melakukannya, mereka bergiliran dalam peran klien atau bawahan, menghasilkan adegan surealis.

Jenis lembaga pelatihan yang diakreditasi oleh pemerintah Filipina ini memastikan bahwa sekitar 200.000 pekerja rumah tangga atau pengasuh anak dengan keluarga asing dipekerjakan setiap tahun. Ini sering kali merupakan lompatan dalam kegelapan, karena mereka harus meninggalkan segalanya, termasuk pasangan dan anak-anak.

Menurut Bernie, dalam film dokumenter ini kita melihat bentuk perbudakan modern, yang masih ada di seluruh dunia pada tahun 2021. Menurut Bernie, penting untuk disadari bahwa kita masih hidup di dunia kolonial.

READ  Inilah para pemenang anak lembu emas