BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Alkitab diterjemahkan ke dalam 57 bahasa baru: ‘Ini mendorong bahwa itu menghasilkan hasil seperti itu’

Alkitab diterjemahkan ke dalam 57 bahasa baru: ‘Ini mendorong bahwa itu menghasilkan hasil seperti itu’

International Association of Bible Societies melaporkan bahwa sejak tahun lalu, 100 juta orang di seluruh dunia telah dapat membaca seluruh atau sebagian Alkitab dalam bahasa asli mereka. Seperempat populasi dunia masih belum bisa sepenuhnya membaca Alkitab dalam bahasa mereka sendiri.

Pada tahun 2022, United Bible Societies (UPS), sebuah kemitraan global dari lembaga-lembaga Alkitab, melaporkan bahwa terjemahan Alkitab sebagian atau seluruhnya akan muncul dalam 57 bahasa baru. Akses ke Alkitab menjadi lebih mudah bagi ratusan juta orang. Laporan tersebut mengatakan bahwa tidak pernah ada begitu banyak terjemahan Alkitab baru dalam satu tahun.

Dia hancur

Misalnya, sekitar 200.000 orang yang tinggal di Pulau Catanduanes Filipina telah dapat membaca Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu dalam bahasa asli mereka, Viragnan, sejak tahun lalu. Terjemahan ini dibuat dengan bantuan Dutch-Flemish Bible Society (NBG).

“Bagi NBG, pekerjaan penerjemahan global telah menjadi pionir selama beberapa dekade, karena hanya dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa hati Anda, Anda dapat benar-benar merasakan makna Alkitab,” kata Reuward Beutenwerf, direktur NBG.

‘Banyak pekerjaan terjemahan Alkitab’

“UPS telah melakukan banyak pekerjaan penerjemahan Alkitab dalam beberapa tahun terakhir,” lanjutnya. The Dutch-Flemish Bible Society adalah salah satu dari sekitar 150 anggota kemitraan. “Sangat menggembirakan bahwa itu menghasilkan begitu banyak hasil.”

Lebih dari tujuh ribu bahasa digunakan di dunia. Lebih dari setengahnya tidak bisa membaca Alkitab. Ini terutama tentang bahasa dengan sedikit penutur, karena mayoritas penduduk dunia secara keseluruhan mengakses Alkitab dalam bahasa mereka sendiri:

Karena Alkitab masih belum tersedia atau tersedia sepenuhnya dalam banyak bahasa, lebih dari tiga ratus proyek penerjemahan sedang berlangsung di UBS. The Dutch-Flemish Bible Society mendukung 34 proyek ini. Ini termasuk terjemahan ke dalam bahasa yang digunakan di Indonesia, Suriname, dan China.

READ  Pesta Halloween berakhir dengan drama: Lebih dari 150 orang tewas dalam tindakan keras Seoul | Luar negeri