BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AMD Menanggapi Laporan ‘Meledak’ Prosesor Ryzen 7000X3D Karena Overvoltage – PC – Berita

Saya setuju EXPO adalah bentuk overclocking. AMD juga tidak menyembunyikan ini karena singkatannya secara harfiah adalah “Profil Overclocking yang Diperpanjang”.
https://www.amd.com/en/technologies/expo

Tetapi di sisi lain, dia sangat tidak jelas tentang apa yang dia lakukan. Karena itu tidak hanya men-tweak kecepatan memori + pengaturan waktu, yang sepertinya disarankan. Nah, saya kira itu pembahasan yang berbeda.

Satu-satunya masalah saya dengan ini adalah sepertinya ada yang tidak beres dengan upaya SoC. Karena masalahnya tampaknya tegangan SoC terlalu tinggi pada beberapa motherboard. Tegangan SoC saya adalah 0,915V pada 6000MHz dengan EXPO. Tetapi dalam video Der8auer Anda dapat melihat bahwa voltase diatur ke 1.3V saat EXPO sedang berjalan. Saya tidak dapat menemukan voltase maksimum secepat itu dengan proses TSMC N6, tetapi saya tidak dapat membayangkan bahwa 1,3 +V benar-benar bagus untuk cetakan IO.

MSI kini telah merilis pembaruan bios yang mengurangi ketegangan dan ASUS melakukan hal yang sama. ASUS telah mengatakan bahwa perusahaan sedang bekerja dengan AMD pada “aturan baru” untuk Tegangan Expo dan Vsoc. Pabrikan juga meminta pengguna untuk memperbarui ke versi bios terbaru dan menunggu koneksi lebih lanjut.

Meskipun tidak semua orang setuju dengan saya, saya benar-benar percaya bahwa voltase SoC adalah masalahnya dan bukan hal lain. Menurut saya, fakta bahwa chip non-X3D memiliki masalah yang sama merupakan indikasi bahwa itu belum tentu cache. 7600X pertama saya juga mati. Tapi sayangnya saya tidak melihat cpu atau motherboard untuk melihat apakah saya melihat sesuatu karena belum diputar. Azerty menemukan CPU yang rusak dan membuat Anda siap dengan CPU baru. Sayangnya, saya tidak akan pernah tahu itu.

READ  Ubisoft membuat server offline untuk beberapa game lama - Pembaruan - Game - Berita

Tetapi upaya SoC juga tampaknya menjadi target pembaruan BIOS baru:

https://www.tomshardware…. dan-soc-voltages-to-blame

ASUS menyarankan di sini bahwa 1.3V aman, dan masalah dapat muncul di atasnya.

Satu-satunya hal yang saya ingin tahu sekarang adalah mengapa ada perbedaan besar antara kombinasi motherboard/memori yang berbeda. Bagaimana tegangan SoC saya diatur ke 0,915V pada 6000MHz, tetapi CPU der8auer default ke 1,35V (di luar kepala saya). Selalu ada perbedaan, bahkan dengan voltase dasar dari chip yang sama. Satu CPU bukan yang lain dan beberapa hanya membutuhkan tegangan yang lebih tinggi agar tetap stabil. Tapi ini sangat ekstrim.

[Reactie gewijzigd door Thekilldevilhil op 26 april 2023 10:32]