BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amerika meninggalkan pangkalan penting Afghanistan di Bagram

Militer AS telah mengambil langkah besar dalam penarikannya dari Afghanistan: Pangkalan Udara Bagram, selama bertahun-tahun simbol kehadiran AS di negara itu, diserahkan kepada angkatan bersenjata Afghanistan.

Rincian transfer tidak diungkapkan karena alasan keamanan. Menurut angka terbaru, masih ada antara 2.500 dan 3.000 tentara AS di negara itu. Perubahan kepemilikan Bagram menunjukkan bahwa penarikan akan segera berakhir.

Pasukan NATO lainnya juga telah meninggalkan negara itu dalam beberapa hari terakhir: dengan pindahkan bendera Itu ditutup seminggu yang lalu bahwa setelah dua puluh tahun kehadiran Belanda di Afghanistan telah berakhir. Jerman, Italia, Belgia dan lima negara NATO lainnya juga mengakhiri misi mereka bulan ini, seringkali dengan perayaan sederhana. Ini berarti bahwa sebagian besar dari 7.000 tentara NATO non-AS telah meninggalkan negara itu.

anorma kompleks

Setelah serangan 9/11, Amerika Serikat menginvasi Afghanistan dengan sekutu NATO untuk mengakhiri rezim Taliban yang menyembunyikan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden. Bekas Bandara Soviet Bagram, satu jam perjalanan dari ibu kota, Kabul, telah berkembang menjadi pangkalan militer terbesar Amerika.

Di dalam dan sekitar kompleks seluas 75 mil persegi itu terdapat dua helipad, hanggar yang diperkuat yang dapat menampung ratusan pesawat, sebuah rumah sakit dengan lima puluh tempat tidur dengan tiga ruang operasi, dan lusinan bangunan lainnya. Selama bertahun-tahun, sekitar 100.000 tentara Amerika telah tinggal di sana. Secara keseluruhan, lebih dari 800.000 orang Amerika bertugas dalam perang terlama di negara itu.

Amerika juga mendirikan penjara di Bagram untuk dugaan terorisme, tetapi sebelumnya diserahkan ke Afghanistan. Kompleks ini terkenal dengan laporan dari organisasi hak asasi manusia tentang penyiksaan dan penghilangan. Ratusan orang masih ditahan.

READ  Erdogan membuka masjid kontroversial di Taksim Square, Turki sekuler yang kurang bahagia

Kembali pada 4 Juli July

Presiden Trump Aku berjanji tahun lalu Penarikan pasukan AS paling lambat 1 Mei 2021 dalam perjanjian damai dengan Taliban. Penggantinya Biden telah mendorong tenggat waktu itu hingga 11 September tahun ini, tetapi Pentagon sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa mereka ingin sebanyak mungkin warga kembali ke rumah untuk reses 4 Juli.

Dalam beberapa bulan terakhir, orang Amerika telah bekerja keras untuk memenuhi tenggat waktu itu. Pekan lalu, diumumkan ada 763 penerbangan angkutan material. Warga Afghanistan di dekat Bagram melaporkan sering terjadi ledakan, kemungkinan menghancurkan bangunan dan peralatan.

Penarikan tidak berarti bahwa tidak akan ada lagi orang Amerika di Afghanistan sama sekali. Sekitar 650 tentara masih dikerahkan untuk melindungi kompleks kedutaan di Kabul. Kesepakatan juga harus dibuat tentang keamanan bandara internasional di ibu kota.