BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amerika telah menyusup ke pemerintah Rusia.

Amerika telah menyusup ke pemerintah Rusia.

internasional11 Apr 23 09:23Selesai pada 11 April 23 09:42pengarang: Harun Lupati

Dokumen AS yang bocor memberikan wawasan tentang perang di Ukraina menunjukkan sejauh mana “orang Amerika telah menyusup ke organisasi pemerintah Rusia”. Demikian kata Peter Wijinga, spesialis pertahanan di The Hague Center for Strategic Studies.

Dokumen-dokumen itu muncul di media sosial minggu lalu. Dokumen tersebut menunjukkan, antara lain, wawasan Amerika tentang perang dan informasi yang dikumpulkan di tingkat diplomatik. Bloomberg News juga melaporkan bahwa dokumen tersebut berisi “informasi real-time” tentang operasi militer Rusia.

podcast | Menyulap dengan dokumen yang bocor

Wijinga mengatakan informasi ini menyakitkan bagi Rusia. Tapi kebocoran itu juga menyakitkan bagi Amerika Serikat. Jika Rusia dapat menentukan bagaimana Amerika memperoleh informasi ini, mereka juga dapat mengambil tindakan balasan. Kemudian sumur orang Amerika bisa mengering. Ini sangat berbahaya, karena Anda akan merasa lebih gelap.

“Jika detail Pentagon terungkap sedemikian detail, sesuatu yang serius sedang terjadi.”

Komentator asing Bernhard Hamelburg

Awalnya diyakini bahwa penyebab kebocoran tersebut adalah Rusia. Dalam dokumen pertama yang bocor, penyesuaian dilakukan pada jumlah kematian di pihak Rusia dan pihak Ukraina, yang menguntungkan Rusia. Namun kini diduga bocoran itu ada di pihak Amerika.

Kelompok penelitian Bellingcat menjelaskan bahwa dokumen tersebut hanya menjadi berita ketika didistribusikan oleh kelompok Telegram pro-Rusia, tetapi dokumen tersebut sudah dapat ditemukan di Internet jauh sebelum itu. Misalnya, Bellingcat dapat menemukan dokumen yang telah dibagikan pada awal Maret di saluran Discord yang membahas tentang YouTuber Filipina. Namun menurut kelompok riset, ada kemungkinan dokumen itu dibagikan terlalu cepat.

Baca juga | Ukraina menuduh Rusia membocorkan dokumen pemerintah, Rusia membantah

“sesuatu yang serius sedang terjadi”

Komentator urusan luar negeri Bernard Hammelburg mencatat bahwa AS sekarang mengkhawatirkan “keamanan nasional”. “Jika detail Pentagon muncul dalam detail ini, sesuatu yang serius sedang terjadi.” Dan juru bicara Gedung Putih John Kirby membenarkan bahwa orang Amerika khawatir: “Kami tidak tahu siapa yang bertanggung jawab untuk ini. Dan kami tidak tahu apakah mereka memiliki lebih banyak (dokumen, editor) yang mereka rencanakan untuk dirilis. Ini pasti sebuah keprihatinan bagi kami.

Ikuti berita terbaru tentang perang di Ukraina di blog langsung kami.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengakui bahwa orang Amerika khawatir dengan dokumen yang bocor. (ANP/AFP)
READ  "Pelajaran perang" di sebuah sekolah di Kiev: "Jangan takut pada anak-anak, persiapkan mereka"