BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Anda dapat merayakan dan berinvestasi di Arab Saudi yang “baru”, tetapi tanpa kritik politik

Anda dapat merayakan dan berinvestasi di Arab Saudi yang “baru”, tetapi tanpa kritik politik

festival di Arab Saudi

Berita NOS

  • Daisy Mohr

    Wartawan Timur Tengah

  • Daisy Mohr

    Wartawan Timur Tengah

Cristiano Ronaldo, Alicia Keys, Will Smith dan Afrojack. Di Arab Saudi, bintang internasional datang dan pergi. Formula 1 baru saja berakhir, festival film semakin dekat dan mereka menargetkan Piala Dunia 2030.

Negara ini dengan cepat membuka diri untuk investor dan acara asing. Setelah beberapa dekade pembatasan, ini melegakan bagi banyak orang – tetapi bagi para kritikus, menurut organisasi hak asasi manusia, berbicara semakin berbahaya. Selama Anda bergabung dengan massa, Anda bisa antusias dengan semua reformasi, selama Anda tidak berbicara kritis tentang politik.

Pengunjung pertama kali mungkin tidak menyadarinya; Wanita Saudi yang bekerja di bidang pelayanan atau di resepsionis hotel. Semua itu tidak terpikirkan beberapa tahun yang lalu. Sampai saat ini, wanita Saudi hampir tidak terlihat dalam kehidupan publik. Sekarang wanita bisa jalan-jalan tanpa jilbab dan abaya tanpa masalah.

Putar kemudi

Arab Saudi selalu menjadi salah satu negara paling konservatif di dunia. Pria dan wanita hidup di dunia yang terpisah, konser dan bioskop dilarang dan tidak ada yang bisa dilakukan.

Tujuh puluh persen populasi Arab Saudi berusia di bawah tiga puluh tahun dan semua anak muda ini memiliki akses ke internet dan media sosial. Setelah bertahun-tahun Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan menegur siapa pun yang tidak mematuhi aturan ketat, banyak hal telah berubah. Nama-nama terbesar dalam industri olahraga dan hiburan terpikat dengan banyak uang. Mereka tampaknya tidak sejenak terganggu oleh situasi hak asasi manusia di negara tersebut.

Reporter Daisy Mohr berada di Jeddah dan pergi ke salah satu festival tersebut, MDLBEAST. 40.000 pemuda Saudi menonton pertunjukan Charlie Puth, satu Saudi DJ dan Afrojack.

“Jika Anda bertanya kepada saya lima atau enam tahun yang lalu apakah semua ini mungkin, saya akan mengatakan dengan tegas ‘tidak’,” kata Faisal Abbas, pemimpin redaksi Arab News Arab Saudi. Wartawan di timnya banyak menulis tentang “Visi 2030” Kerajaan, rencana induk yang harus memodernisasi negara dan mendiversifikasi ekonomi sehingga tidak lagi hanya bergantung pada pendapatan minyak di masa depan.

Ada artikel harian di Arab News tentang perkembangan baru. Penyanyi dan penari Saudi yang tiba-tiba diizinkan tampil di depan penonton campuran, konferensi internasional, pembangunan kota besar, dan inisiatif ekonomi. “Ini harus menjadi perubahan paling luar biasa yang pernah dilihat wilayah ini dalam beberapa dekade. Separuh masyarakat di sini lumpuh. Wanita tidak diizinkan bekerja dan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua. Saya tidak mengatakan bahwa semua yang terjadi di sini sempurna. atau bahwa kami telah mencapai semua tujuan kami, tetapi itu luar biasa “.

Di mana suara-suara kritis?

Suara-suara kritis tidak lagi dapat ditemukan di Arab Saudi dan, menurut Amnesti Internasional, hal ini disebabkan meningkatnya represi. “Pada tahun lalu, represi benar-benar meningkat,” kata Dana Ahmed dari Amnesti Internasional di Beirut. “Orang-orang menjadi sasaran tuduhan konyol. Itu bisa karena tweet atau hal lain di media sosial. Kadang-kadang karena seseorang berbicara dengan organisasi internasional atau diplomat. Apa pun yang mungkin dianggap ancaman oleh pihak berwenang dapat dianggap sebagai ancaman,” Kejahatan melihat. Seringkali tidak jelas apa sebenarnya itu karena garis merahnya kabur.”

Yang jelas, kata Ahmed, kritik terhadap putra mahkota dan keluarga kerajaan bisa dihukum. Ada hukuman penjara yang panjang.”

Di Arab Saudi saat ini, menurut Ahmed, menjadi aktivis bukanlah sebuah pilihan. “Saat ini semua orang di penjara dan jika mereka tidak di penjara, mereka dibungkam dengan cara lain. Begitu mereka membuka mulut, mereka berisiko ditangkap. Aktivis terkemuka ditangkap dan mereka dijadikan contoh bagi yang lain. Dengan cara ini semua orang enggan berbicara. Saya pikir strategi penguasa adalah membuat Perubahan datang dari atas. Itu bukan sesuatu yang bisa diminta orang, itu adalah sesuatu yang diberikan pemerintah kepada rakyat. Dan jika Anda membicarakannya, harga yang Anda bayar bayarannya sangat tinggi.”

READ  “Pasien meninggal setelah serangan Israel terhadap rumah sakit tersebut,” dan tentara melakukan penangkapan