BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pistol yang dikonversi turun ke jalan, yang sangat mengkhawatirkan (juga untuk penembak)

Pistol alarm yang dikonversi memiliki keuntungan yang jelas bagi penjahat. Mereka jauh lebih murah daripada senjata asli dan juga mudah didapat. “Di Jerman Anda tidak perlu izin untuk mendapatkannya,” kata pakar senjata David Zoetmulder, misalnya. Itu juga datang dalam jumlah besar dari Eropa Timur.

Transfer terjadi kapan saja

Hal ini terlihat dari film dokumenter John van den Heuvel tentang perdagangan senjata, yang dapat dilihat pada hari Rabu di Videoland. Jurnalis kriminal Van den Heuvel pergi ke Bulgaria untuk film dokumenter dan berbicara di sana dengan orang Belanda Hans (nama samaran). Mengubah senjata. Pembelian: 200 euro. Penjualan: 1000 kadang-kadang.

Dalam video di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana pistol alarm diubah:

Hans mendemonstrasikan cara menyalakan pistol alarm gas dan kemudian mendemonstrasikan senjata di kaleng Red Bull. Setelah dua pukulan yang tidak terjawab, yang ketiga dipukul. Senjata itu bekerja.

Senjata-senjata ini dengan mudah menemukan jalan mereka ke dunia bawah Belanda. Ini mengkhawatirkan karena beberapa alasan.

1. Sangat tidak aman

“Sering terjadi bahwa senjata seperti itu meledak,” kata pakar Zoetmulder. “Ini tidak terbuat dari baja, tetapi dari paduan seng-aluminium. Mudah diproses, tetapi juga sangat rapuh. Mungkin akan mengendur pada tembakan kelima atau keenam karena tidak dapat menangani tekanan gas.”

Itu juga yang dikatakan pakar Gus van Driel dalam film dokumenter Van den Heuvel. “Senjata seperti ini pada dasarnya tidak aman, ini adalah jenis senjata terendah. Mereka sama berbahayanya bagi penembak seperti halnya bagi korban. Banyak yang bisa salah.”

Van Drel mengutip sebuah contoh: “Ada kemungkinan bahwa senjata itu tidak menembak, bahwa peluru tetap berada di dalam laras dan peluru berikutnya mengenainya dan mengembang senjatanya.”

READ  Turis Belanda (37) meninggal di Barcelona setelah menelan kunci mobil di luar negeri

2. peluru nyasar

Dari dekat, Anda masih bisa mengenai target dengan senjata yang diubah seperti itu, tetapi jika Anda berada sekitar 10 meter, peluru Anda dapat dibelokkan sejauh setengah meter. Zoetmulder menyebutnya sebagai “jatuh” peluru. Disebabkan oleh laras pistol yang tidak dibuat untuk pemotretan yang akurat.

Sangat berbahaya, karena Anda mengenai target yang tidak dimaksudkan sama sekali. Kecuali Anda menembak dari jarak dekat. Inilah tepatnya yang terjadi dalam pembunuhan Peter de Vries. Sampai saat itu pistol alarm gas yang dikonversi digunakan.

3. Polisi tidak dapat (atau hampir tidak) menyelidikinya

Laras itu sendiri memastikan bahwa sangat sulit bagi polisi untuk menentukan dari senjata mana peluru yang ditembakkan itu berasal. Zoetmulder menjelaskan bahwa ada alur kecil di laras senjata asli yang memastikan peluru tetap pada jalurnya. Alur memberikan jejak unik dalam proyektil dengan masing-masing senjata.

Tapi alur itu tidak ada di moncong senjata peringatan. Jika polisi menemukan peluru seperti itu, maka tidak ada alur di atasnya. Kabar baik, mungkin, untuk penjahat, bukan polisi.

Semakin banyak orang memiliki senjata yang berubah seperti itu, pembebasan bersyarat selesai Satu kali. Tapi apakah untuk mendapatkannya juga mudah? Tidak langsung, tetapi jika Anda tahu orang yang tepat, itu bisa diatur. “Dua jam, jadi Anda memilikinya,” kata Van den Heuvel dalam serial tersebut.

Telegram dan Snapchat

Jika Anda tidak memiliki koneksi, Anda akan dipandang dengan kecurigaan saat mendekati orang, seperti yang diharapkan Zoetmulder. “Apakah orang ini dapat dipercaya, atau apakah dia bekerja dengan polisi, pikir mereka. Tapi saya kenal seseorang yang mengaturnya dalam tiga hari.”

READ  Jurnalis foto pemenang Hadiah Pulitzer tewas dalam pertempuran di Afghanistan

Penelitian sebelumnya oleh RTL Nieuws telah menunjukkan bahwa senjata dapat diperoleh melalui aplikasi obrolan Telegram dan Snapchat. Penjual mengiklankan foto dan video senjata mereka yang mencantumkan tanggal dan nama pengguna layanan obrolan (lihat gambar di bawah) sehingga pembeli tahu bahwa mereka tidak berurusan dengan scammer. Jika pembeli tertarik, dia juga mengambil gambar tunai dengan tanggal dan nama pengguna.

Van den Heuvel: ‘Kemajuan pistol alarm gas mengkhawatirkan’

Dalam film dokumenter itu, Van den Heuvel menyatakan bahwa senjata digunakan lebih cepat dan lebih sering di dunia bawah. Kami mengajukan lima pertanyaan kepadanya tentang film dokumenter terbarunya.

1. Apakah masih ada hal yang mengejutkan Anda – sebagai penikmat dunia ini – saat membuat serial tersebut?

“Tidak, jangan kaget. Yang mengkhawatirkan adalah senjata ini sering kali termasuk senjata yang dikonversi. Dan polisi sangat tertarik dengan ini. Dan juga karena mudah digunakan dan dapat menembak dengan mudah. ​​Ini tidak hanya menimbulkan risiko bagi korban tetapi juga bagi penembak itu sendiri.”

2. Apa yang paling mengejutkan Anda tentang serial ini?

“Saya tidak mudah terkejut lagi. Tapi saya pikir itu istimewa untuk melihat betapa besar perjalanan perdagangan senjata di Telegram. Jika Anda melihat apa yang terjadi dan bagaimana proses negosiasi ini berjalan. Itu terjadi pertama kali di jalur yang salah. , tetapi tidak lagi Kemajuan senjata 3D juga hebat. Anda dapat dengan mudah membeli printer 3D semacam itu dan mengunduh manual instruksi ini dari Internet. Anda harus sedikit teknis, tetapi itu akan berhasil. Anda tidak lagi harus aktif Telegram, atau pergi ke bar. gelap atau bepergian ke Slovakia dan Hongaria, tetapi Anda hanya dapat membuat barang seperti itu di gudang Anda. ”

READ  Obat Pereda Sakit Adiktif: Penyelesaian Perusahaan sebesar $6 Miliar | Masalah keuangan

3. Bagaimana peran kematian Peter R. de Vries dalam film dokumenter ini?

Salah satu aspek kematiannya adalah bahwa itu terjadi dari salah satu senjata alarm gas yang diubah. Ini menunjukkan betapa mematikannya senjata-senjata ini, tetapi juga efek apa yang dimiliki senjata semacam itu. Dan Anda dapat membeli pistol gas yang dikonversi seperti itu seharga 600 euro, pistol asli dengan mudah berharga 2500-3000 euro.

4. Bagaimana Anda melihat masa depan perdagangan senjata? Apakah kita menuju ke dunia pistol alarm khusus gas yang dikonversi?

Saya tidak percaya itu. Kami juga akan menghadapi kemajuan senjata 3D dan gudang senjata besar yang beredar di Ukraina.

5. Apakah Anda juga merasa tidak aman saat melakukan ini?

Tidak terlalu. Kami selalu memastikan langkah-langkah keamanan yang tepat saat bepergian.