BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa peran agen mata-mata Barat dalam perang?

RQ-4 Global Hawk, kendaraan udara tak berawak terbesar di Amerika.foto AFP

“Mata dan telinga Ukraina di langit” adalah sebutan bagi pesawat pengintai RC-135 Amerika dan Inggris belakangan ini. Boeing, yang dapat mencegat dan menguping komunikasi dengan sensor mereka jauh di Ukraina, secara teratur berlayar di sepanjang perbatasan Ukraina di Polandia, Slovakia dan Rumania. Mereka dapat dilacak di situs web seperti FlightRadar24 dan di monitor pesawat.

Sebelum dimulainya invasi Rusia, RC-135 terbang terus menerus di atas Ukraina untuk memantau penumpukan pasukan Rusia melintasi perbatasan. Kini pesawat Amerika dan Inggris beroperasi di negara-negara NATO yang bertetangga dengan Ukraina agar tidak menjadi incaran Angkatan Udara Rusia. Amerika Serikat juga mengerahkan drone, termasuk di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam, untuk memata-matai Rusia.

Dengan Global Hawk, drone AS terbesar yang terbang dari ketinggian, formasi pasukan Rusia dapat difoto. Ada juga radar NATO di udara yang terbang di atas Polandia dan Rumania di dekat perbatasan Ukraina. Secara resmi, pesawat AWACS berada di udara untuk memantau wilayah udara negara-negara anggota. Namun dengan Boeing E-3, operasi Angkatan Udara Rusia di wilayah udara Ukraina hingga 400 km juga dapat dipantau.