BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang bisa didengar di Mars? Jauh lebih dari yang diharapkan!

Ini juga memberi tahu kita banyak tentang atmosfer planet merah.

Penjelajah Mars yang gigih telah mencari planet tetangga kita yang merah dan berdebu setidaknya selama delapan bulan. Untuk melakukan ini sebanyak mungkin, gerobak beroda enam itu dilengkapi dengan berbagai alat yang cerdik. Misalnya, penjelajah memiliki dua mikrofon, menambahkan dimensi baru pada cara para ilmuwan menjelajahi Planet Merah. Sementara itu, mikrofon dikerahkan beberapa kali. Dan ternyata mengejutkan mendengar begitu banyak dari apa yang diharapkan.

mikrofon
Ketekunan telah mengambil banyak suara sekitar menggunakan mikrofonnya. Misalnya, hampir lima jam angin bertiup, kami mendengar roda bajak menembus kerikil, mesin berdering saat ketekunan menggerakkan lengan robotnya.

daftar putar ketekunan
Sementara itu, “daftar putar” untuk kegigihan di planet merah terus bertambah. Saat rover sedang dalam perjalanan ke Mars, Dia membuat rekaman audio pertamanya. Kemudian rover, setelah mendarat di kawah Jezero, Mainkan beberapa suara sekitar. Misalnya, kita dapat mendengar angin bertiup di Mars untuk sementara waktu dan mikrofon merekam suara mekanis dari rover. Kemudian, kegigihan terungkap – bahkan mungkin lebih menarik – Seperti apa perburuan alien?. Karena SuperCam – alat yang dapat membuat gambar dan rekaman audio, tetapi juga mendeteksi keberadaan bahan organik di bebatuan – secara jelas menangkap suara sinar laser yang cepat. Kami juga dapat mendengarkan Seperti apa perjalanan ke Mars?. Ini tidak datang dengan mudah.

Suara-suara ini memungkinkan para ilmuwan dan insinyur untuk mengalami Planet Merah dengan cara baru – dan semua orang diundang untuk bergabung. “Sepertinya Anda berdiri di sana sendirian,” kata peneliti Baptiste Scheid. “Suara Mars memiliki getaran bass yang kuat, jadi jika Anda memakai headphone, Anda benar-benar dapat merasakannya.”

READ  Serial animasi Arcane League of Legends akan dirilis di Netflix pada 7 November - Permainan - Berita

Suasana
Antara lain, mikrofon digunakan untuk mempelajari bagaimana perjalanan suara di Mars. Ini juga memberi tahu kita banyak tentang atmosfer planet merah. Suara ditransmisikan melalui getaran di udara. Penelitian seperti itu menarik. Atmosfer Mars memiliki komposisi yang berbeda dengan komposisi Bumi. Misalnya, atmosfer Mars sebagian besar terdiri dari karbon dioksida, sedangkan atmosfer kita sebagian besar mengandung nitrogen dan oksigen. Ini berarti bahwa frekuensi yang lebih tinggi di Mars kurang terdengar daripada nada yang lebih rendah. Selain itu, jauh lebih dingin di Planet Merah. Karena cuaca dingin ini, gelombang suara mencapai mikrofon sedikit lebih lambat.

Lebih dari yang diharapkan
Tapi sekarang para peneliti telah membuat penemuan yang membahagiakan bahwa sebenarnya ada lebih banyak yang bisa didengar di Mars daripada yang diperkirakan sebelumnya. Sebagai contoh, para ilmuwan cukup terkejut ketika mikrofon menangkap suara bising dari helikopter kreativitas selama Penerbangan keempat. Hal ini memungkinkan para peneliti untuk mencoret dua dari tiga model yang dikembangkan untuk menjelaskan bagaimana perjalanan suara di Mars. “Suara berjalan lebih jauh di Mars daripada yang kita duga,” kata peneliti Nina Lanza. “Ini menyoroti pentingnya melakukan kerja lapangan.”

“Suara di Mars berjalan lebih jauh dari yang kita duga”

pemeliharaan
Kebetulan, kemampuan merekam suara tidak hanya relevan dengan pencarian Planet Merah. Mungkin juga berguna dalam pemeliharaan pesawat ruang angkasa masa depan. Kamera sering digunakan saat ini untuk memantau, misalnya, erosi roda di Mars Curiosity atau akumulasi debu di panel surya Marslander Insight. Tetapi mikrofon juga dapat mendeteksi segala macam hal tentang kesehatan pesawat ruang angkasa, mirip dengan mekanik yang mendengarkan mesin mobil untuk mendiagnosis suatu masalah.

READ  Lenovo Luncurkan Tablet Android 13 Inci yang Juga Dapat Digunakan Sebagai Monitor Eksternal - Tablet dan Ponsel - Berita

Tim Perseverance tidak hanya menggunakan mikrofon yang dilengkapi dengan rover untuk mempelajari lebih lanjut tentang Planet Merah. Mikrofon diposisikan sehingga para ilmuwan juga dapat mendengarkan roda dan sistem internal lainnya. Meskipun tidak cukup rekaman yang dibuat untuk mendeteksi perubahan apa pun, tujuannya adalah agar teknisi pada akhirnya dapat mendengar perbedaan yang tidak kentara. Ini kemudian akan memberikan kontribusi penting pada bagaimana tim peneliti memantau kesehatan pesawat ruang angkasa. “Kami suka mendengarkan suara-suara ini secara teratur,” kata peneliti Vandi Verma. “Bagaimanapun, kami juga mendengar secara teratur perubahan pola suara di kendaraan uji kami di Bumi, yang dapat mengindikasikan ada masalah yang perlu diperhatikan.”