BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang perlu Anda ketahui

Apa yang perlu Anda ketahui

SOMERSWORTH — Ribuan orang diperkirakan berkumpul di pusat kota untuk menghadiri Festival Indonesia tahunan ke-10 yang berlangsung pada Sabtu, 10 September. 16.

Perayaan tersebut merupakan puncak dari upaya masyarakat Indonesia. Sudah enam tahun sejak Indonesia Community Connect didirikan sebagai organisasi nirlaba yang memimpin pelayanan masyarakat dan dua tahun sejak visi Indonesia Mikro pertama di dunia mulai terbentuk.

Festival tersebut rencananya akan diadakan di luar ruangan di Somersworth Plaza. Karena perkiraan curah hujan yang terkait dengan dampak Badai Lee, seluruh acara kini dipindahkan ke dalam ruangan Sekolah Menengah Somersworth.

Festival tahun ini menampilkan pertunjukan tari dan pencak silat modern, tradisional dan interaktif, serta musik dari berbagai pulau di Indonesia. Grup musik Indonesia Timur Anna Timur akan tampil menampilkan Diane Soroya dari Momir, NTT, dan Etgard Kalingke dari Tintena, Sulawesi Tengah.

Akan ada pedagang kaki lima yang menyajikan cita rasa dari seluruh Indonesia, serta pengecer dari bisnis lokal dan Indonesia dari seluruh New England yang menawarkan produk seperti pakaian, perhiasan, kerajinan tangan, suvenir, dan seni. Great Bay Community College, Rumah Sakit Wentworth-Douglass dan bisnis lainnya akan memberikan pendidikan tentang layanan dan pekerjaan.

“Festival tahunan ini merupakan perayaan komunitas lokal dan budaya Indonesia,” kata Kepala Penjangkauan Komunitas Indonesia Rod Reichel. “Ini adalah festival yang mempertemukan orang-orang untuk merayakan satu sama lain dan mempromosikan bisnis di seluruh komunitas. Upaya yang kami lakukan untuk mewujudkan Proyek Indonesia Kecil tidak hanya memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga bagi kota yang kami sebut rumah.

Pendaftarannya gratis dan terbuka untuk masyarakat.

READ  Perusahaan Indonesia GoTo menjual platform hiburan GoPlay kepada mantan CEO-nya

Informasi: indonesianconnect.org/indofest

Pertumbuhan komunitas Indonesia di Somersworth

Tahun lalu menandai kembalinya festival ini secara besar-besaran, setelah jeda singkat karena pandemi virus Corona. Lebih dari 50 seniman asal Provinsi Papua di Indonesia bercerita melalui tarian tradisional. Perayaan tersebut menarik ribuan orang ke kota tersebut dan menerima pujian dari pejabat pemerintah setempat dan tamu senior Indonesia yang hadir.

Festival tahunan ini mengikuti Hari Kemerdekaan Indonesia, yang dirayakan oleh komunitas Somersworth dan Dover setiap tahun dengan mengibarkan bendera seremonial. Setiap tahunnya, warga masyarakat dan pejabat setempat berkumpul di Balai Kota untuk mengibarkan bendera Indonesia ke atas tiang bendera sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Pesisir New Hampshire memiliki populasi orang Indonesia terbesar di utara Manhattan.

Acara ini telah berkembang secara signifikan selama bertahun-tahun. Ini dimulai sebagai upaya akar rumput oleh penduduk setempat di kota untuk mempromosikan inklusivitas di antara penduduk. Penduduk Somersworth dan pemilik bisnis Emmett Soldati adalah bagian dari kelompok itu, yang kemudian disebut Friends of Somersworth, yang berpusat pada promosi seni dan budaya di masyarakat. Pada tahun pertamanya, perayaan ini sebagian besar merupakan festival kuliner Indonesia yang menampilkan banyak vendor fesyen dan beberapa pertunjukan.

“Kami tidak memperkirakan jumlah penonton yang besar pada pertunjukan pertama, namun ratusan orang hadir,” kenangnya. “Apa yang menjadikannya sukses dari tahun ke tahun adalah kerja yang telah dilakukan ICC seputar program, kemitraan, dan acara kreatif ini.”

Festival ini diselenggarakan oleh Friends of Somersworth selama dua tahun sebelum ICC mulai menyelenggarakannya.

“Saat itu banyak orang yang tidak menyadari bahwa di sini banyak sekali orang keturunan Indonesia,” ujarnya. “Sekarang, kami tidak hanya belajar tentang tetangga kami dan budaya mereka, tapi kami secara terbuka menerimanya. Saya sangat bangga dengan kemampuan festival ini untuk membuka pikiran, menghubungkan orang-orang dengan budaya yang mungkin bukan milik mereka, dan menyambut keberagaman di antara mereka.” tetangganya. Hal ini telah mengubah reputasi Somersworth menjadi lebih baik.”

READ  Hiburan meriah selama Proef! Festival di Museum BroekerVeiling

Maddie Wysocki adalah warga Somersworth yang telah menjadi sukarelawan di ICC selama bertahun-tahun dan membantu merencanakan beberapa festival tahunan pertama. Meski dimulai dari sebuah ide kecil, namun kini menjadi sesuatu yang “lebih besar dari yang pernah kita bayangkan,” katanya.

“Festival ini mengajarkan masyarakat tentang berbagai pulau di Indonesia dan tradisi, budaya, makanan, dan tarian unik mereka.Di mana lagi Anda bisa mencicipi masakan rakyat dari satu tempat dan tarian budaya dari tempat lain?

Saat ICC bertransisi dari kehadiran fisik di High Street ke kehadiran digital sementara, para anggota bekerja di belakang layar untuk melanjutkan momentum dalam menemukan rumah permanen untuk proyek Little Indonesia yang pertama. Program Kemitraan Bisnis ICC yang berkembang pesat, yang membantu menghubungkan masyarakat lokal Indonesia dengan pekerjaan dan membantu menyediakan penerjemahan dan layanan lainnya untuk bisnis lokal, adalah contoh upaya berkelanjutan untuk membangun hubungan dengan komunitas yang lebih luas. Organisasi nirlaba telah menjadi sumber daya penting bagi kawasan ini sebagai navigator bisnis kecil, yang menghubungkan anggota masyarakat dengan layanan sosial. Peran ICC telah lama dianggap sebagai 'pusat' bagi komunitas yang dilayaninya.

Festival ini disponsori dan didukung oleh Kennebunk Savings Bank, Bank Indonesia, Kedutaan Besar Amerika di DC, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, Wentworth Douglas dan lain-lain.

“Seluruh peserta ICC menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan masyarakat,” kata Reichel. “Bantuan yang kami berikan dari sponsor, pemasok, relawan komunitas, dan pengunjung tidak hanya membuat acara ini berjalan lancar setiap tahunnya, namun juga membantu kami tumbuh dan berkembang. Kami menyambut Anda untuk merasakannya secara langsung.”

READ  Suasana festival kembali hadir saat peresmian IFFR

Informasi: indonesianconnect.org Dan halaman Facebook dan Instagram komunitas Indonesia ICC- Connect Connect.