BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah pesan itu datang atau tidak: Plotnya luar biasa

Hari ini adalah Hari Nelayan di Indonesia (Hari Nelayan Nasional). Namun, kemungkinan perayaan di beberapa tempat lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Alasan? Konspirasi. Film dokumenter Netflix sedikit mengguncang dunia, meskipun ada beberapa kritik atas rekaman terselubungnya tentang plastik, penangkapan ikan, dan lautan.

Ali Tabrizi

Ketika Anda menonton Seaspiracy di Netflix, diproduksi oleh Ali Tabrizi, Anda pasti akan melihat bahwa dokumenter ini lebih dari sekedar cerita tentang pro dan kontra dari sebuah isu tertentu. Film dokumenter ini tidak mengadu domba perusahaan multinasional dengan badan amal satu kali. Tabrizi tidak ragu-ragu untuk menghindari kegiatan amal. Para LSM tidak terlalu senang dengan hal ini, karena mereka mengira telah disesatkan.

Konspirasi

Apapun masalahnya, Tabrizi menunjukkan melalui angka dan contoh bahwa perang melawan sedotan plastik hanyalah setetes air di lautan dan ada sesuatu yang jauh lebih besar yang menyebabkan masalah di laut: jaring ikan. Pemburu mungkin tampaknya tidak sengaja membiarkan mereka berkeliaran sesekali, tetapi masalahnya ternyata jauh lebih besar dari itu. Lebih buruk lagi, masalah ini ternyata menjadi titik buta besar bagi badan amal. Terkadang karena suatu alasan …

Terlepas dari apakah Anda ingin mendengar pesan besar Seaspiracy atau tidak, film dokumenter tersebut kemungkinan akan membuat Anda berpikir sebelum Anda menoleh ke belakang untuk mencari ikan haring, menyodok garpu ke dalam perkelahian yang garing, atau mendapatkan sesuatu yang bukan vegetarian dari Kapten Igloo lagi. Dari penggorengan udara Anda. Apa memancing oke? Bahkan jika itu dilakukan secara berkelanjutan? Inilah yang dimaksud dengan Seaspiracy pada akhirnya sehingga dokumenter tersebut menantang Anda untuk memikirkannya sedikit lebih lama.

Cowspiracy

Film dokumenter ini diproduksi oleh orang-orang di balik Cowspiracy, yang juga memberikan gambaran berbeda tentang industri ini kepada banyak orang. Kemudian daging, dan sekarang ikan. Hal yang hebat adalah bahwa meskipun menurut Anda ikan tidak memiliki perasaan atau setiap ikan yang Anda masukkan ke dalam mulut berbahaya bagi penghuni laut, ada banyak alasan lain mengapa Anda harus memikirkan dengan tepat apa yang ada di pikiran Anda – hentikan mulut. Bagaimanapun, bukan hanya ikan yang terpengaruh oleh hal ini: tetapi anak-anak Anda, orang-orang yang diperlakukan seperti budak, dan kesehatan laut.

READ  Film Rain in the Woods sepertinya tidak nyata

Film dokumenter berdurasi satu setengah jam ini tidak malu dengan gambar-gambar berdarah yang penuh kekerasan, jadi kami tidak menyarankan untuk menontonnya saat Anda makan. Apa yang dilakukan dokumenter dengan baik dalam hal ini tidak selalu dimulai dengan semacam kisah gaya hidup vegan yang penuh kasih. Sutradara menggambarkan dirinya sebagai orang biasa yang bertanya pada dirinya sendiri. Akibatnya, ini tidak menjadi dokumenter yang terlalu sombong, tetapi masih menyisakan ruang untuk menentukan apa yang membuat Anda merasa baik.

Diambil dari konteksnya

Sekalipun hal-hal yang dikatakan orang-orang di balik poster diambil di luar konteks, dokumenter ini tetap berdiri sebagai batu karang. Jumlah yang cukup dan animasi yang menarik digunakan untuk menyampaikan cerita di seluruh panggung. Anda juga dapat menanyakan apakah semua angka benar-benar benar, tentunya. Anda tidak tahu apakah lautan akan benar-benar kosong pada tahun 2048 jika kita melanjutkan cara kita memperlakukan laut sekarang.

Namun, ini bukanlah angka yang sepenuhnya tidak berdasar: semuanya dapat ditemukan di bagian akhir. Meskipun mereka berada di Indonesia saat ini untuk merenungkan peran penting yang dimainkan nelayan dalam kontribusi keuangan mereka kepada negara, pada saat yang sama lebih banyak orang yang meragukan apakah peran pemburu pada akhirnya benar-benar positif.

Sumber gambar: 4361694

Laura Jenny

Jika Anda tidak mengeklik, Anda akan melayang di suatu tempat di dunia hiburan yang luar biasa atau di pesawat terbang ke tempat yang indah di dunia nyata. Mario …