BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apple menarik iMac 21,5 inci terakhirnya dari jangkauan – Komputer – Berita

Peningkatan memori ini sangat menantang, dan saya ingin tahu bagaimana Apple menanganinya.

Sejauh ini, semua produk menggunakan memori berdaya rendah, baik LPDDR4X untuk model M1 maupun LPDDR5 untuk model M1 Pro dan Max. Saluran ini memiliki 2, 4, dan 8 saluran memori dengan lebar 64-bit. Mereka saat ini menggunakan chip 4 dan 8 GB, yang berarti M1 memiliki 8 atau 16 GB, 16 atau 32 GB untuk M1 Pro dan 32 atau 64 GB memori untuk M1 Max.

Sebelum kita melihat jenis memori lainnya, ada beberapa kemungkinan lain dengan LPDDR5. Misalnya, jika kita berada di mikron. katalog Lihat, lihat sudah ada dua unit Dengan kepadatan 96 GB (atau 12 GB) dalam produksi. Ada juga keping Dengan kepadatan 128 GB (yaitu 16 GB).

Dengan ini, Apple dapat meningkatkan kapasitas memori chip yang ada setidaknya 1,5x dan lebih dari 2x. Kemudian M1 Max mendukung 96 atau 128 GB RAM. IMac 27-inci saat ini hadir dengan RAM hingga 128GB, sehingga mungkin cukup untuk menggantikannya sepenuhnya.

Tampaknya juga setidaknya untuk Mac Pro, beberapa chip akan digunakan, dalam konfigurasi chip (-seperti). Ini mungkin juga berlaku untuk konfigurasi tertinggi iMac (Pro). Hingga awal tahun ini, iMac Pro tersedia dengan memori maksimum 256 GB, yang dapat dicapai dengan dua chip M1 Max.

Katakanlah dengan empat chip M1 Max di Mac Pro, dapat menampung hingga 512GB memori LPDDR5. Dengan ini Anda dapat mengganti sebagian besar (terutama dalam ukuran) Mac Pro. Dalam hal pembuangan daya/panas, tentu saja cocok di kabinet kecil, memberikan kemampuan untuk Mac Pro mini Anda (atau Mac mini Pro?).

Memori lain diperlukan untuk sepenuhnya mengganti Mac Pro Anda. Sementara chip DDR5 sangat masuk akal, dan Anda dapat dengan mudah menawarkan 2 atau 4 TB, saya melihat Apple bergerak menuju opsi lain: HBM2e. Kita sudah tahu bahwa memori tumpukan berasal dari akselerator seperti Nvidia A100, dan ia menawarkan sejumlah besar bandwidth dalam bentuk yang sangat kecil. A100 versi 80 GB mencapai bandwidth antara 1935 GB/dtk dan 2039 GB/dtk dengan lima paket HBM2e. Itu sebenarnya sekitar 4x bandwidth dari M1 Max.

READ  Nvidia mengonfirmasi batasan kecepatan bingkai di 12 game Geforce Now - Game - Berita

Sekarang saya tidak melihat Apple membuang 96 tumpukan 16GB HBM2e terlalu cepat untuk dapat menawarkan memori 1,5TB, tetapi saya pikir ada kemungkinan 16-32 tumpukan akan menjadi opsi yang lebih maju, dengan memori 256 atau 512GB dengan bandwidth Frekuensi memori saya antara 6,4 TB / s dan 12,8 TB / s. Ini kemudian dapat dilengkapi dengan memori DDR5 “biasa”.

HBM3 juga merupakan pilihan di masa depan, dengan Tumpukan hingga 24 GB Dan lebih banyak lagi bandwidth per ujung, hingga 6,4 Gbit/dtk.

Tentu saja, kedengarannya seperti angka yang konyol, tetapi perlu diingat bahwa ini sama dengan CPU dan semua video, grafik, dan akselerator AI. Kumpulan memori yang tersedia, kecepatan dan latensi yang dimiliki inti sangat bergantung pada arsitektur mana yang akan dipilih Apple. Bagaimanapun, tampaknya Apple berinvestasi besar-besaran dalam memori bersama dari semua inti komputasi dalam chip Apple Silicon yang telah kita lihat sejauh ini, jadi mereka juga sekarang memiliki kebebasan untuk mengonfigurasi seluruh arsitektur ini untuk beban kerja mereka. tanpa dibatasi oleh protokol atau antarmuka yang ada.