BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apple merilis komputer Mac pertama dalam 40 tahun – Komputer – .Geeks

Apple Mac dapat meniup empat puluh lilin pada hari Rabu. Komputer konsumen berasal dari Macintosh, dan all-in-one diperkenalkan pada tanggal 24 Januari 1984. Sejak itu, jangkauannya telah diperluas hingga mencakup komputer desktop tanpa layar terintegrasi dan laptop.

Macintosh kemudian diberi akhiran 128K dan merupakan komputer konsumen pertama yang relatif murah yang memiliki antarmuka grafis. Pengenalan PC disertai dengan iklan legendaris di bawah ini, yang terinspirasi dari buku tahun 1984.

PC ini memiliki layar monokrom berukuran 9 inci dengan resolusi 512 x 342 piksel, prosesor Motorola MC68000 dengan kecepatan clock 8 MHz, memori 128 KB, dan drive floppy disk berukuran 3,5 inci. Apple kemudian menambah memori tersebut menjadi 512 KB, karena 128 KB ternyata terlalu kecil untuk banyak program. 128K mulai dijual pada bulan Oktober 1984.

iMac lengkap yang kita kenal sekarang memulai debutnya pada tahun 1998, lebih dari 25 tahun yang lalu. Selama bertahun-tahun, iMac menjadi lebih datar dan memiliki layar lebih besar. Selain itu, Apple telah beralih dari CPU PowerPC ke CPU Intel, kini membuat SoC sendiri berdasarkan arsitektur Arm.

Pada akhir Oktober lalu, Apple mengumumkan iMac terbarunya, versi 24 inci dengan chipset M3. Sebelumnya ada model 27 inci yang lebih besar, tetapi tidak ada perpindahan ke Apple Socs. Selanjutnya, jajaran Mac kini terdiri dari Mac Mini, Mac Studio, Mac Pro, dan tiga komputer desktop tanpa layar. Apple juga telah menjual laptop MacBook selama bertahun-tahun, dan saat ini ada Air dan Pro.

Meskipun Mac masih menghasilkan penjualan bernilai miliaran, mereka masih jauh dari sumber pendapatan utama Apple. Faktanya, layanan seperti TV+, Musik, dan Arkade menghasilkan pendapatan $22,3 miliar untuk Apple pada kuartal terakhir, dibandingkan dengan $7,6 miliar dari Mac. Namun, iPhone menghasilkan lebih banyak lagi: $43,8 miliar.

READ  Perkakas batu berusia 40.000 tahun mengungkapkan bahwa Neanderthal sebenarnya menggunakan lem dua komponen