BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AS perpanjang sanksi terhadap Rusia

Dengarkan versi audio dari artikel ini di bawah ini


Mirip dengan Inggris, Amerika Serikat mengumumkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia, perusahaan Rusia, dan orang Rusia yang berpengaruh. Sanksi tersebut terutama menargetkan pemasok senjata, pengusaha dan majelis rendah parlemen Rusia, Duma.

Sanksi berarti bahwa semua aset orang dan perusahaan ini dilarang di Amerika Serikat, serta perusahaan yang dimiliki setengah atau lebih oleh orang yang terkena sanksi. Orang Amerika tidak lagi diizinkan untuk berdagang dengan orang-orang dan perusahaan-perusahaan ini.

Amerika Serikat memberlakukan sanksi terhadap 328 anggota Duma Negara. Secara total, DPR memiliki 450 anggota. Perusahaan militer yang terkena dampak termasuk suku cadang untuk helikopter, rudal, dan suku cadang lainnya untuk kendaraan militer.

Orang teratas dari Sberbank Herman Gref Rusia juga ada dalam daftar. Menurut Amerika Serikat, dia adalah sekutu penting Presiden Vladimir Putin. Sberbank adalah bank investasi besar Rusia. Inggris juga menjatuhkan sanksi pada Gref pada hari Kamis.

NATO mengirim aset militer tambahan ke Ukraina

Setelah pertemuan khusus NATO di Brussel, Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengumumkan Kamis sore bahwa NATO akan mengirim drone tambahan dan sistem anti-pesawat ke Ukraina. Koalisi militer juga ingin memberi Ukraina lebih banyak bantuan kemanusiaan dan keamanan siber.

Lebih lanjut, Stoltenberg mengatakan bahwa NATO akan memperkuat kehadiran militer di Eropa Timur. Empat unit tempur baru sedang dalam perjalanan ke Hongaria, Rumania, Bulgaria dan Slovakia. Kehadiran angkatan udara dan laut juga akan diperkuat antara lain dengan pesawat tempur, kapal tempur, dan kapal selam. Pasukan dan peralatan tambahan ditambahkan ke empat pasukan tempur yang sudah ditempatkan di Polandia dan negara-negara Baltik.

READ  Indonesia akan menyelamatkan bangkai kapal selam yang tenggelam untuk mengenang para kru

Negara-negara NATO juga akan lebih siap menghadapi serangan dengan senjata kimia, biologi, dan nuklir. Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan setelah KTT NATO di Brussels bahwa mereka tidak puas bahwa Rusia tidak menggunakannya.

Amerika Serikat telah memperingatkan untuk beberapa waktu bahwa Rusia mungkin menggunakan gas beracun atau senjata kimia lainnya di Ukraina. Rusia mampu, kenang Stoltenberg, dan tidak pernah menyerah padanya sebelumnya.

“Jika itu terjadi, ada risiko bahwa itu akan berdampak langsung pada orang-orang di negara-negara NATO, di mana kita bisa melihat penyebaran bahan kimia atau senjata biologis ke negara kita,” kata kepala NATO Norwegia.

Stoltenberg juga mengatakan perang menunjukkan bahwa lebih banyak investasi militer diperlukan dalam jangka panjang. Menurut dia, negara-negara NATO berencana untuk mengalokasikan lebih banyak uang untuk belanja militer.

Rota menekankan pentingnya persatuan

Perdana Menteri Mark Rutte mengatakan hal terpenting dalam KTT NATO adalah bahwa negara-negara anggota telah mempertahankan persatuan mereka dan menunjukkan persatuan mereka. Dan ini memiliki nilai lebih daripada, misalnya, penguatan perbatasan timur yang disepakati atau pasokan senjata tambahan ke Ukraina.

Para kepala pemerintahan dari 30 negara NATO, termasuk Presiden AS Joe Biden, berkumpul di markas besar di Brussels Kamis pagi untuk konsultasi tentang perang Rusia melawan Ukraina. Mereka sepakat untuk mempertahankan tekanan pada Rusia, meningkatkan dukungan untuk Ukraina dan mengerahkan pasukan tambahan ke negara-negara anggota timur yang dekat dengan Rusia.

“Yang paling penting adalah perilaku semua orang di sana,” kata Rutte setelahnya. “Kita harus menjaga dan menjaga persatuan satu sama lain dan Anda perhatikan bahwa semua orang menginginkannya.”

Komandan NATO setuju untuk mengerahkan empat batalyon baru, yang disebut Battle Groups, ke Hongaria, Slovakia, Bulgaria dan Rumania. Belanda ingin memasok kelompok pertempuran terakhir dengan tentara dan sedang mengerjakan masalah ini dengan Prancis, yang ingin memimpin.

READ  Tiga sloth mati kedinginan di pesawat di bandara Liège | binatang

Belanda telah mengerahkan tentara di Lithuania dan akan mempertahankan wilayah udara di Slovakia dengan unit Patriot.

Biden ingin Rusia keluar dari G-20

Presiden AS Joe Biden mengatakan G-20 harus mengecualikan Rusia dari ekonomi utama dunia. Rusia tidak dapat lagi menjadi bagian dari partai tersebut karena perang yang mereka perjuangkan melawan Ukraina.

Biden mengindikasikan bahwa terserah pada Kelompok Dua Puluh setelah pertemuan puncak dengan Kelompok Tujuh, yang akan mencakup tujuh negara industri utama Barat. Anggota G20 lainnya seperti China dan Indonesia sudah menyatakan tidak ingin Rusia diusir. Biden percaya bahwa jika penolakan ini berlanjut, G-20 setidaknya harus mengundang Ukraina ke pertemuan berikutnya.

Indonesia, yang saat ini memimpin G-20, mengadakan pertemuan puncak musim gugur mendatang. Rusia telah diundang dan Presiden Vladimir Putin berencana untuk menghadiri KTT tersebut.

G20 adalah forum internasional yang berfokus pada kerjasama dan stabilitas ekonomi. Di antara 20 anggota, India dan Brasil, misalnya, mungkin tidak mendukung boikot terhadap Rusia.

Rusia pernah menjadi bagian dari Kelompok Tujuh, kemudian menjadi Kelompok Delapan. Tetapi Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Jerman, Prancis, Italia, dan Inggris memblokir Moskow delapan tahun lalu setelah aneksasi Krimea di Ukraina.

Stoltenberg sebagai kepala NATO selama setahun

Kepala negara NATO menunda kepergian Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg selama satu tahun. Orang Norwegia itu akan tetap berada di sana hingga akhir September tahun depan untuk memandu aliansi militer selama masa yang penuh gejolak ini.

Stoltenberg, 63, merasa “terhormat” dengan keputusan tersebut, yang diratifikasi Kamis pada pertemuan puncak NATO di markas besar di Brussels. “Saat kita menghadapi krisis keamanan terbesar dalam satu generasi, kita berdiri bersama untuk menjaga aliansi kita tetap kuat dan menjaga orang-orang kita tetap aman.”

READ  Garuda menderita kerugian miliaran, dan akuntan bertanya-tanya tentang masa depan

Negara-negara anggota NATO berterima kasih kepada Stoltenberg “atas kepemimpinan dan dedikasinya, terutama pada saat kritis ini bagi keamanan internasional,” tulis mereka dalam sebuah pernyataan.

Mantan perdana menteri Norwegia sudah menjadi Sekretaris Jenderal Aliansi Barat terlama dalam hampir delapan tahun. Masa jabatannya telah diperpanjang dua kali. Dia sudah mendapat pekerjaan baru sebagai kepala Bank Sentral di tanah airnya, tetapi ini tidak terjadi saat ini.

Baca juga: Lingkaran Dekat Putin: Ini 38 Oligarki Rusia Terkena Sanksi Barat