BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Asal usul masalah Maluku layak untuk beberapa konteks

Tidak ada yang bisa menyangkal tragedi Maluku dan kesalahan pasti dilakukan di pihak Belanda. Van Bantuan Akhir (‘Ketidakadilan besar telah terjadi di Maluku’, 2/10) Namun, abaikan kenyataan waktu itu. Setelah penyerahan kedaulatan pada tahun 1949, diputuskan untuk membubarkan KNIL enam bulan kemudian. Jadi sebagian besar prajurit KNIL dipindahkan ke tentara Indonesia atau dimobilisasi pada 1950-an. Namun, yang terakhir tidak berlaku untuk orang Ambon di antara mereka. Mereka hanya ingin melakukannya di amp gratis; Maluku telah berjuang untuk kemerdekaan melawan Indonesia sejak tahun 1949. Tentara KNIL Ambon tinggal bersama keluarga mereka di kamp-kamp yang dilindungi di Jawa dan untuk sementara terdaftar di Tentara Kerajaan Belanda. Pada tahun 1951, Mahkamah Agung memaksa pemerintah untuk menarik diri dari wilayah yang diduduki Indonesia, satu-satunya jalan ke Belanda. Mereka menolak untuk mengirim ke New Guinea, misalnya. Mengingat kekurangan perumahan yang sangat besar, dapat dimengerti bahwa ada 3.000 keluarga di kamp-kamp tersebut. Juga, Maluku mendapati diri mereka sementara menunggu untuk kembali ke Maluku Merdeka. Jadi mereka menolak rumah biasa untuk waktu yang lama.

Sama seperti akhir penculikan dengan kekerasan pada tahun 1977 membutuhkan konteks, begitu pula asal usul pertanyaan Maluku.


Profesor Sejarah Parlemen dengan penunjukan khusus oleh Universitas Maastricht

READ  Gempa sedang hingga 4,7 88 km barat Tobelo, Indonesia larut malam / Volcano Discovery