BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Assange kehilangan kewarganegaraan Ekuador: naturalisasi itu ilegal

Julian Assange yang lahir di Australia resmi menjadi warga negara Ekuador pada 2018. Ia memperoleh kewarganegaraan itu setelah bertahun-tahun tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London. Dia melarikan diri ke sana pada 2012 ketika dia diancam akan ditangkap di Swedia setelah tuduhan penyerangan seksual.

Ekstradisi ke Amerika Serikat

Assange khawatir dia akan diekstradisi melalui Swedia ke Amerika Serikat, di mana dia dikecam karena posting di situs web pelapor.

Tidak pernah tinggal di Ekuador

Hakim di Ekuador mengatakan Assange memperoleh paspornya secara ilegal karena dia tidak memenuhi semua persyaratan. Misalnya, dia tidak pernah tinggal di Ekuador dan membayar biaya untuk mendapatkan kewarganegaraan. Wawancara dengan pejabat tidak akan terjadi sesuai aturan.

Ekuador Status suaka Assange dicabut pada 2019Hal ini memungkinkan polisi untuk menangkapnya. Segera setelah penangkapannya, dia dijatuhi hukuman hampir satu tahun penjara karena melanggar persyaratan jaminannya dalam kasus pelecehan.

dituduh spionase

Assange saat ini berada di penjara Inggris melawan ekstradisi ke Amerika Serikat, di mana jaksa menuduhnya melakukan spionase dengan menerbitkan dokumen diplomatik rahasia di WikiLeaks. Permintaan ekstradisi untuk American Assange masih tertunda.

READ  39 Prajurit dari Curaçao Positif • Urk .Tes Street Fire Cell