BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Baca blog langsung tentang perang antara Israel dan Hamas mulai Senin, 20 November di sini:

Baca blog langsung tentang perang antara Israel dan Hamas mulai Senin, 20 November di sini:

Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa mengatakan hari ini bahwa Jepang melakukan pendekatan “secara langsung” kepada pemberontak Houthi yang membajak kapal kargo terkait Israel pada hari Minggu. Negara ini juga menjalin kontak dengan Israel. “Selain itu, kami mendesak Arab Saudi, Oman, Iran dan negara-negara terkait lainnya untuk menuntut agar Houthi segera melepaskan kapal dan awaknya.”

Kemarin diumumkan bahwa Houthi membajak sebuah kapal kargo di Laut Merah. Kapal tersebut dimiliki oleh perusahaan Inggris milik pengusaha Israel Avraham Ungar, dan disewa oleh grup pelayaran Jepang. Kapal yang sedang dalam perjalanan ke India itu dikatakan memiliki 25 awak di dalamnya, termasuk warga Bulgaria, Filipina, Ukraina, dan Meksiko. Menurut pihak berwenang Israel, tidak ada orang Israel di antara mereka. Tidak akan ada orang Jepang di kapal. Apa yang terjadi pada penumpang di dalamnya tidak diketahui.

AFP – Kapal kargo “The Galaxy Leader” yang dibajak berlabuh di pelabuhan Koper, Slovenia.

Kelompok Houthi, sebuah gerakan fundamentalis yang menguasai sebagian wilayah Yaman yang dilanda perang, mengatakan mereka membajak kapal tersebut sebagai pembalasan atas pemboman Israel di Jalur Gaza. Kelompok ini juga menyuarakan pendapatnya pada awal perang: bulan lalu mereka menembakkan setidaknya enam roket jarak jauh ke resor pantai Israel di Eilat, namun tidak membuahkan hasil. Mereka juga mengancam akan melancarkan serangan di Laut Merah.

Kemarin, juru bicara Netanyahu menggambarkan penculikan itu sebagai “aksi teroris Iran” karena Houthi didukung secara militer dan finansial oleh pemerintah Iran. Sementara itu, Iran membantah terlibat dalam pembajakan kapal kargo tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan, “Kami telah mengatakan beberapa kali bahwa kelompok perlawanan di kawasan bertindak independen dan spontan berdasarkan kepentingan mereka dan kepentingan rakyatnya.”

READ  Baterai garam menarik banyak perhatian di pameran dagang energi matahari

Sebas van Aert

Baca juga analisa editor asing di sini Stephen Ramdary: Kelompok Houthi yang didukung Iran tidak takut akan pembalasan dan meluncurkan rudal dan drone ke Israel dari Yaman.