BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badai Ida semakin kuat, dan mungkin lebih ganas daripada Badai Katrina | Luar negeri

Ida mendarat Jumat (waktu setempat) di pulau Kuba Isla de la Juventud, di mana ahli meteorologi mengatakan curah hujan bisa mencapai 50cm. Ida, sekarang badai Kategori 1, sudah dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor yang mematikan di Kuba. Kecepatan angin 120 kilometer per jam juga diukur.

Keadaan darurat

Puluhan ribu penduduk dipanggil untuk dievakuasi di Louisiana, di mana badai melanda hari Minggu tepat 16 tahun setelah Katrina. “Badai Ida dengan cepat mendapatkan kekuatan dan situasi tampaknya berubah setiap jam,” kata Gubernur John Bel Edwards, yang menyatakan keadaan darurat. “Sekarang saatnya untuk menyelesaikan persiapanmu.”

“Ini akan menjadi badai yang akan mengubah kehidupan mereka yang belum siap,” kata Benjamin Schott, seorang ahli meteorologi dari National Weather Service, kepada media AS. Ida kemungkinan akan mendarat di selatan New Orleans.

Rumah sakit setempat mengirim pasien pulang dan bersiap untuk dikunci. Pakar lokal percaya badai dapat menyebabkan kerusakan lebih dari $20 miliar jika mengikuti jalur yang diprediksi. Badai Katrina, badai Kategori 3, menyebabkan kerugian $120 miliar 16 tahun lalu.

READ  Mantan Kepala Staf Menulis Buku yang Mengungkap Melania Trump: 'Dia Terlalu Sibuk Dengan Karpet Baru Selama Badai Capitol' | Luar negeri