BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badan Migrasi PBB mengumumkan penemuan kuburan massal di Libya

Badan Migrasi PBB mengumumkan penemuan kuburan massal di Libya

Sekelompok migran dalam perjalanan dari Niger ke Libya (arsip)

Berita Noos

Sebuah kuburan massal berisi sedikitnya 65 jenazah migran telah ditemukan di barat daya Libya, Organisasi Internasional untuk Migrasi melaporkan. Menurut badan PBB tersebut, hanya sedikit yang diketahui tentang penemuan ini, namun kemungkinan besar terkait dengan penyelundupan manusia melintasi Sahara.

Menurut organisasi tersebut, pihak berwenang Libya sedang menyelidiki kasus ini. Seorang juru bicara organisasi tersebut mengatakan: “Setiap laporan tentang migran yang hilang atau hilangnya nyawa membuat keluarga yang berduka terus mencari jawaban.” Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, hanya sedikit tindakan yang diambil untuk memberantas penyelundupan manusia, dan hal ini jelas menyebabkan lebih banyak kematian dan kondisi yang lebih buruk bagi para migran.

Oleh karena itu, Organisasi Internasional untuk Migrasi (International Organization for Migration/IOM) menyerukan agar dilakukan tindakan lebih cepat terhadap migrasi ilegal. Misalnya, dalam kaitannya dengan organisasi ini, tindakan lebih lanjut harus diambil untuk melawan penyelundupan manusia dan lebih banyak ruang harus disediakan untuk migrasi legal. “Jika tidak, tragedi seperti ini akan terus terjadi di jalan ini di masa depan.”

Menurut Proyek Migran Hilang Organisasi Internasional untuk Migrasi, 3.105 migran hilang atau meninggal di sepanjang jalur migrasi Mediterania tahun lalu.

READ  Ratusan orang tewas akibat gempa kuat di Maroko