BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bangkai tank Rusia tiba di pusat Berlin, mirip dengan kota-kota lain

Badan Perlindungan Lingkungan

NOS. Berita

Sebuah tank Rusia yang hancur dari Ukraina dipajang di dekat Kedutaan Besar Rusia di Berlin tengah. Hakim mengesampingkan keberatan dewan kota dan memberikan lampu hijau atas inisiatif dua pemilik museum.

Mereka mengatakan mereka terinspirasi oleh tindakan serupa di Kyiv, Praha dan Warsawa.

Kode

Segera setelah perang di Ukraina, tank Rusia yang dihancurkan dan ditinggalkan oleh Ukraina ditarik ke pusat ibukota, Kyiv. Di sana ditampilkan di alun-alun besar untuk menunjukkan kepada penduduk bahwa Rusia tidak dapat ditembus.

Atas inisiatif pemerintah Ukraina dan Polandia, beberapa tank dibuat musim panas ini di alun-alun besar di pusat kota Warsawa, di bawah slogan “Untuk kebebasan Anda dan kami”. Dengan slogan ini, Ukraina ingin mengomunikasikan bahwa ia tidak hanya memperjuangkan kebebasan dan demokrasi mereka, tetapi untuk kebebasan seluruh Eropa.

Pada bulan Mei tahun ini, reporter Sander van Horn memberikan laporan di Kyiv tentang tank Rusia yang dipamerkan di kota.

Kyiv menunjukkan tank Rusia sebagai suvenir perang: ‘Ini adalah peringatan’

Kotamadya Berlin awalnya tidak mau menempatkan tank di pusat kota. Kemudian pemrakarsa memutuskan untuk meminta hakim mengambil keputusan.

Menurut pemerintah kota, kehadiran tangki di tengah-tengah lingkungan Mitte yang padat dapat menimbulkan bahaya bagi pejalan kaki, pengendara sepeda dan pengendara. Puing-puing tank juga bisa membuat trauma pengungsi Suriah. Selain itu, pemerintah kota khawatir bahwa status tangki sebagai pernyataan politik dapat membahayakan negara. Hakim menolak keberatan tersebut, dengan alasan kebebasan berekspresi.

Setelah tank berada di Warsawa untuk sementara waktu, pemerintah Ukraina mengirim mereka ke Praha. Madrid, Lisbon dan Paris juga ada dalam daftar.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov mengatakan sebelumnya Kiev Independen Dia ingin memastikan kedatangan tank Rusia ke Eropa “tetapi dalam bentuk puing-puing”. Ia juga ingin terus mengingatkan Eropa bahwa Ukraina masih menjadi korban perang yang dilancarkan Rusia.

Badan Perlindungan Lingkungan

Seorang wanita memotret tank Rusia di Kyiv

Salah satu alasan Ukraina menempatkan tank di Madrid mungkin karena Spanyol telah menyumbangkan relatif sedikit senjata berat ke Ukraina.

Belum ada inisiatif di Belanda

Di Belanda, masih belum ada inisiatif yang diketahui untuk menempatkan tank Rusia yang hancur di kota-kota besar. Pemerintah kota Den Haag belum menerima permintaan untuk mengambil tindakan di sekitar kedutaan Rusia.

Tank itu diperkirakan akan berada di Berlin dalam beberapa minggu, di dekat kedutaan Rusia.