BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bangsa Romawi disalahkan atas kehadiran kutu busuk di Inggris 2.000 tahun kemudian

Bangsa Romawi disalahkan atas kehadiran kutu busuk di Inggris 2.000 tahun kemudian

Demikian kata Andrew Burley Kepada Penjaga. Dia adalah peneliti utama di tim arkeologi. “Sangat istimewa, apalagi kejadiannya sudah lama sekali.”

Kotak

Katie Wise Jackson adalah peneliti yang membuat penemuan tersebut. Dia berspesialisasi dalam serangga di bidang arkeologi. Jackson menemukan dua peti di bagian pemukiman yang berasal dari sekitar tahun 100 Masehi. Kecoa konon berasal dari kutu busuk biasa.

Inilah penemuannya:

Penemuan itu terjadi di sebuah pemukiman bernama Vindolanda. Kutu busuk sebelumnya telah ditemukan di pemukiman Romawi di Inggris, namun kutu busuk ini berasal dari periode selanjutnya. Dengan penemuan ini, kini diyakini bahwa kutu busuk sebenarnya tiba di Inggris bersamaan dengan zaman Romawi.

Sedotan

Tapi bagaimana kutu busuk bisa melakukan perjalanan jauh? Salah satu teori sekarang adalah bahwa hewan-hewan tersebut membawa kasur jerami dari zaman Romawi. “Saat ini, kutu busuk dibawa ke dalam pesawat, koper, dan pakaian,” kata Jackson. “Orang-orang Romawi membawa jerami dan biji-bijian dalam jumlah besar saat mereka mendirikan kemah.”

Jadi kemungkinan besar kutu busuk akan menetap di sedotan tersebut. “Ini adalah tempat sempurna bagi kutu busuk.”

READ  Dokumen rahasia telah ditemukan lagi di rumah Biden