BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Banyak kotamadya yang tidak menghapus bendera protes selama peringatan Hindia Belanda Sekarang

Kota-kota telah bergulat dengan bendera protes selama berminggu-minggu: haruskah mereka pergi atau tidak? Kotamadya Zwolle berharap agar bendera-bendera tersebut dicabut setidaknya pada hari Senin karena peringatan Hindia Belanda. Meppel segera mengikutinya, tetapi banyak kotamadya tidak mengambil tindakan. Hal ini terlihat dari kunjungan NU.nl ke sepuluh kotamadya di pedesaan.

Tur sebelumnya oleh NU.nl menunjukkan bahwa banyak kota (pertanian) tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan bendera protes. Tidak setiap kotamadya ingin menghilangkan tanaman merambat, misalnya, karena mereka tidak ingin melawan dukungan petani besar di antara penduduk mereka sendiri.

Kota Swolle telah memutuskan untuk menghapus bendera protes pada kesempatan Hari Peringatan Nasional India pada hari Senin. Meppel mengikutinya.

Selama peringatan, pendudukan Jepang di bekas Hindia Belanda (sekarang Indonesia) diperingati. Pada tanggal 15 Agustus 1945, Hindia Belanda dibebaskan dari pasukan pendudukan Jepang.

Lochem meminta warga untuk menghapus bendera

Sementara Zwolle dan Meppel percaya bahwa penentang kebijakan nitrogen sekarang telah menyatakan pendapatnya, banyak kotamadya di daerah pedesaan bertahan. Kotamadya Heerenveen juga mengatakan “tidak terlalu ketat tentang bendera terbalik”. Namun, ada satu pengecualian: Semua bendera protes akan dicopot dari tugu peringatan India di pusat kota untuk upacara peringatan hari Senin.

Kotamadya Heerenveen bukan satu-satunya yang mengambil tindakan karena peringatan itu berlangsung pada hari Senin. Misal, Losem menghimbau warga untuk menurunkan bendera sebelum 15 Agustus.

Kotamadya Gelderland telah menerima beberapa keluhan dari tentara dan penduduk lainnya tentang bendera protes. Mereka menemukan bendera terbalik dan meminta pemerintah kota untuk menghapusnya.

Meskipun Lochem belum menurunkan bendera, pemerintah kota telah meminta warga untuk menghormati peringatan tersebut. “Akan menjadi isyarat yang sangat baik jika bendera protes dicabut atas kemauan mereka sendiri sebelum 15 Agustus,” kata pemerintah kota. “Kami telah memberi ruang pada protes dalam bentuk ini. Sekarang kami ingin memberi ruang pada sentimen warga yang tersinggung dengan bendera terbalik.”

READ  "Aktivis, hentikan!" - Standar Harian

Tidak ada risiko untuk keselamatan jalan

Kotamadya lain tidak punya alasan untuk menghapus bendera. Misalnya, kotamadya Apeldoorn dan Barneveld mempertahankan status mereka sebelumnya.

Kotamadya yang disebutkan pertama melihat bendera terutama di desa-desa sekitarnya. “Apeldoorn masih tertinggal jauh, tetapi beberapa bendera akan segera disingkirkan,” kata pemerintah kota.

Barneveld menuntut hak untuk berdemonstrasi: “Bendera terbalik dan sapu tangan petani terentang adalah ekspresi protes. Kotamadya mengakui hak untuk berdemonstrasi.” Bendera tetap di udara sampai menyebabkan kondisi lalu lintas yang tidak aman.

Itulah salah satu alasan mengapa Assen tidak ikut campur. “Protes bendera adalah demonstrasi damai,” kata pemerintah kota. Selain itu, bendera tidak menimbulkan ancaman terhadap “keselamatan jalan, ketertiban umum, atau kesehatan”.

Kotamadya Dinkelland mewakili provinsi: “Di Dinkelland sebagian besar bendera digantung di objek provinsi dan lebih sedikit di objek kota.” Selain itu, Dinkelland memahami kekhawatiran petani: “Kami mempertahankan posisi kami bahwa bendera dapat bertahan untuk sementara waktu.” Mereka tidak menimbulkan risiko bagi keselamatan jalan.

Leverton ‘tidak ada tenaga tambahan’

Kotamadya lain mengatakan masalahnya tidak cukup besar untuk mengganggu pandangan mereka. Seperti kotamadya Leeuwarden, yang mengatakan “bendera tidak ada”. Jika mereka dapat dihapus selama pekerjaan biasa, itu akan terjadi. Namun, penjelasan telah diberikan oleh pemerintah kota bahwa tidak ada personel tambahan yang ditunjuk.

Krimpen aan den IJssel bahkan tidak melihat bendera protes di depan umum: “Itu tidak cocok untuk kita.”

Kabupaten lain belum mengetahuinya. Eemnes, misalnya: “Kami masih mendiskusikan penghapusan bendera dengan berkonsultasi dengan organisasi petani. Sedangkan untuk kotamadya Eemnes, bendera akan ditoleransi sampai Eemnes ditarik (festival petani pada 26 dan 27 Agustus). , red.)”

READ  Pelajar Indonesia mulai magang di Zorggroep Drenthe

Singkatnya: Sebagian besar kota tampaknya tidak memanfaatkan National Indies Memorial sebagai momen (untuk sementara) untuk menurunkan bendera. Ada banyak alasan mengapa pemerintah kota tidak melakukan intervensi sekarang dan tidak ingin menyisir rambut petani. Hanya Heerenwein dan Lokem yang membuat komitmen tegas. Jadi, sepertinya bendera akan menjadi bagian dari pemandangan jalanan untuk saat ini.