The news is by your side.

Bawaslu Putuskan Proses Caleg Nasdem Buleleng yang Dilaporkan soal Dana Kampanye

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Setelah melakukan pendalaman atas dikaporkannya Caleg terpilih DPRD Bali dari Partai NasDem Dapil Buleleng Dr Somvi, Bawaslu Bali memutuskan memproses lebih lanjut laporan dugaan pelanggaran laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

Dr. Somvir dilaporkan ke Bawaslu Bali oleh warga Kubutambahan Buleleng, Gede Suardana, pada 20 Juni lalu.

Komisioner Bawaslu Bali I Wayan Wirka mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian terhadap laporan dugaan pelanggaran LPPDK Dr. Somvir. Laporan itu telah memenuhi syarat untuk diproses lebih lanjut. “Hasil kajian kami telah terpenuhi syarat formil dan materil untuk diregistrasi. Telah kami kaji, dan akan segera diregistrasi,” kata Wirka di Denpasar, Senin (24/6).

Koordinator Divisi Penangan Pelanggaran Bawaslu Bali ini mengatakan, setelah diregistrasi pihaknya akan membahas laporan tersebut bersama penyidik Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) untuk memutuskan apakah laporan itu memenuhi unsur tindak pidana pemilu atau tidak.

“Setelah registrasi akan kami bahas bersama Sentra Gakkumdu,” ujar Wirka. Ia melanjutkan, pembahasan di Sentra Gakkumdu dijadwalkan pada Rabu (26/6).

Untuk diketahui, Dr. Somvir dilaporkan atad dugaan pelanggaran LPPDK. Pasalnya, dalam laporan dana kampanye Partai NasDem, Dr. Somvir tidak melampiri LPPDK dengan laporan pencatatan seluruh penerimaan dan pengeluaran Dana Kampanye. Dr. Somvir juga disebutkan tidak menyajikan

semua penerimaan dan pengeluaran Dana Kampanye dalam bentuk uang, barang, dan jasa. Bahkan tidak terdapat bukti pengeluaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.