BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Beberapa perusahaan fusi nuklir menjual karpet terbang.”

“Beberapa perusahaan fusi nuklir menjual karpet terbang.”

Pada akhir tahun 2021, reaktor fusi nuklir terbesar di dunia menghasilkan jumlah energi yang mencapai rekor. Dalam lima detik, Eksperimen Gabungan Taurus Eropa (JET) menghasilkan 59 megajoule energi panas, setara dengan konsumsi listrik rumah tangga yang beranggotakan dua orang dalam dua hari. Ini merupakan tonggak sejarah dalam EUROfusion, program penelitian Eropa mengenai fusi nuklir untuk pembangkit listrik.

EUROfusion didirikan pada tahun 2014 untuk menyatukan penelitian fusi nuklir Eropa. Tujuan: Menghasilkan listrik melalui fusi nuklir, sumber energi matahari. Reaktor fusi dapat menjadi sumber energi yang berkelanjutan dan stabil, serta lebih aman dibandingkan reaktor fisi nuklir saat ini. Meskipun eksperimen seperti JET telah menunjukkan bahwa fusi terkendali mungkin terjadi, eksperimen tersebut belum mampu menghasilkan lebih banyak energi daripada yang dibutuhkan untuk memulai reaksi. Hal ini harus dimungkinkan dengan ITER, reaktor fusi nuklir eksperimental yang lebih besar yang saat ini sedang dibangun di Perancis selatan, di mana EUROfusion juga terlibat.

Meskipun ITER belum beroperasi, JET akan ditutup pada akhir tahun ini setelah empat puluh tahun setia melayani. Pada saat yang sama, Tony Doni akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Program EUROfusion, posisi yang dipegangnya sejak didirikan. “Waktunya benar-benar kebetulan.” Dalam pembicaraan di Dever Energy Institute di Eindhoven, Doni dan penggantinya Ambrogio Fasoli melihat ke depan dan ke belakang.

Tony Don (Kiri, 1956, Venlo) Ambrogio Fasoli (1964, Milan).
Gambarannya bervariasi

Sering dikatakan bahwa fusi nuklir sebagai sumber energi akan memakan waktu empat puluh tahun dan akan selalu demikian. Akankah pembangkit listrik fusi selalu menjadi impian masa depan?

Doné: “Pendapat saya adalah kita dapat mencapai fusi sebagai sumber energi jika kita memperlakukannya seperti Proyek Manhattan.” [waarbinnen de VS tijdens de Tweede Wereldoorlog de atoombom ontwikkelden]. Dengan tim pusat, anggaran yang cukup dan pengaturan yang tepat. Saya berada di Tiongkok minggu lalu dan hal serupa terjadi di sana. Mereka sedang membangun reaktor fusi eksperimental yang mirip dengan ITER, tetapi sedikit lebih kecil. Saya yakin dia akan berhasil dalam empat atau lima tahun. Kita juga bisa melakukannya di Eropa. Kami masih pionir.”

READ  Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional terpaksa berlindung di kapsul ruang angkasa karena lewatnya puing-puing luar angkasa - IT Pro - Berita

Fasoli: “Saat ini, pertanyaannya bukan apakah, tapi kapan. Jika semua mitra Eropa bergabung, termasuk industri, hal ini dapat dilakukan dalam waktu dua puluh tahun.

Direktur Program KeluarTony Don Diperlukan setidaknya sepuluh hingga lima belas tahun lagi untuk mengembangkan dan menguji materi yang lebih baik

Apa tantangan terbesar dalam membangun pembangkit listrik fusi?

Donet: “Kami belum memiliki material untuk dinding reaktor yang tahan terhadap radiasi yang dipancarkan selama reaksi fusi. Oleh karena itu material yang ada rusak dan harus lebih sering diganti. Diperlukan setidaknya sepuluh hingga lima belas tahun lagi untuk mengembangkan dan menguji materi yang lebih baik. Kami juga membutuhkan implan tritium. Tritium adalah bagian dari bahan bakar fusi. Karena tritium cepat terurai, maka tritium jarang ditemukan di alam. Ada banyak teknologi yang bisa dikembangkan di laboratorium, namun kita masih perlu mengembangkannya menjadi metode yang dapat bekerja dalam skala besar.

Fasoli: “Tantangan lainnya adalah menyatukan semua bagian yang sekarang pada dasarnya kita pahami secara individu. Saya bandingkan dengan decathlete. Decathlete terbaik tidak bisa juga menjadi pelompat jauh, lompat tinggi, sprinter terbaik, dll. Ini juga berlaku untuk fusion desain reaktor “Anda harus mengoptimalkan keseluruhan desain. Ini merupakan tantangan besar, karena reaktor fusi adalah perangkat yang kompleks.”

Apa pentingnya kerja sama Eropa dalam hal ini?

Donet: “Hingga tahun 2014, setiap negara menikmati otonomi penuh dalam penelitian fusi nuklir Eropa. Akibatnya, penelitian menjadi sangat terfragmentasi dan setiap orang berupaya menghasilkan publikasi ilmiah terbaik. Hal ini menyebabkan duplikasi dan penelitian penting tidak dilakukan karena tidak menarik. Itulah mengapa diputuskan untuk membuat EUROfusion dengan peta jalan yang sama.

READ  kolom | Taksi Castricum - NRC

Fasoli: “Contohnya adalah penelitian turbulensi pada plasma bahan bakar panas yang dapat membuat kita kehilangan kendali dan menyebabkan plasma merusak dinding. Kita harus mencegah atau menjinakkan gangguan ini. Tapi tidak ada yang mau menyelidikinya. Berkat EUROfusion, kini ada tim dengan pengetahuan yang tepat dan akses ke fasilitas yang tepat untuk menyelidiki hal ini, sehingga kami mengetahui lebih banyak tentang hal ini. Selain itu, EUROfusion terlibat dalam pelatihan peneliti dan teknisi generasi berikutnya.

Direktur program berikutnyaAmbrogio Fasoli Dengan janji-janji besar dan gaji yang tinggi, mereka menarik beberapa peneliti fusi muda untuk menjauh dari kita

Dalam beberapa tahun terakhir, ada perusahaan yang mengklaim reaktor fusi akan beroperasi dalam waktu lima atau sepuluh tahun.

Fasoli: “Sekarang mereka menciptakan minat tambahan dalam penelitian fusi. Baik. Tapi yang membuat saya khawatir adalah mereka membuat janji-janji besar. Jika dalam beberapa tahun ternyata mereka tidak mampu mewujudkannya, itu tidak baik bagi dunia.” gambaran fusi nuklir. Terlebih lagi, mereka bersaing dengan kita, “Dalam hal karyawan. Dengan janji-janji besar dan gaji yang tinggi, mereka menarik beberapa peneliti fusi muda untuk menjauh dari kita.”

Donnie: Saya rasa beberapa perusahaan menjual karpet terbang. Mereka tahu bahwa mereka tidak dapat membangun reaktor fusi yang berfungsi dalam lima atau sepuluh tahun. Mereka hanya memberikan janji-janji ini kepada investornya.”

Apa tujuan EUROfusion untuk tahun-tahun mendatang?

Fasoli: “ITER adalah prioritas nomor satu. Pada saat yang sama, kami sedang berupaya menciptakan DEMO – reaktor fusi Eropa pertama yang akan menyediakan listrik ke jaringan listrik. Kami sedang mempersiapkan desain dan lokasi. Kami telah mengambil pelajaran dari ITER, di mana kesalahan terjadi dalam produksi suku cadang. Dari situ kita belajar bahwa kita harus melibatkan industri dalam perencanaan dan desain.

READ  NASA akan ISS pada tahun 2031 akan dikendalikan di lautan

Doni: “Saya juga berpendapat bahwa tantangan terbesar Ambrogio adalah meyakinkan para politisi bahwa mereka harus fokus pada penelitian fusi nuklir.”

Membaca daftar