BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Beginilah cara dunia Islam merayakan akhir Ramadhan

NOS. Beritadiubah

Hari ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri, atau akhir Ramadhan. Festival ini dirayakan dengan berbagai cara; Setiap masyarakat memiliki tradisi tertentu terkait dengan berakhirnya bulan puasa.

Apa yang mengikat umat Islam di benua yang berbeda bersama adalah doa akhir bulan, pertemuan berikutnya di halaman masjid yang berwarna-warni, dan makanan lezat yang dibagikan kepada teman dan keluarga.

Di Surabaya, di pulau Jawa, Indonesia, jamaah berkumpul di alun-alun di pagi hari. Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia: hampir 90 persen dari 275 juta penduduk negara itu masuk Islam.

Agensi Pers Prancis

Wanita Muslim berkumpul untuk melakukan sholat Subuh di Surabaya, Indonesia

Umat ​​Muslim juga berkumpul di ibu kota Somalia, Mogadishu, pagi ini untuk melaksanakan salat Subuh. Ikut serta dalam doa di Masjid Esbhaisi atau Masjid Solidaritas Islam.

Reuters

Muslim Somalia di Masjid Esbhaisiga di Mogadishu, ibu kota Somalia

Di depan pintu masuk masjid di Manila, Filipina, puluhan sepatu dilepas sebelum memasuki ruang shalat:

Badan Perlindungan Lingkungan

Sepatu di pintu masuk masjid di Manila, Filipina

Setelah salat, tibalah waktunya untuk perayaan, yang meliputi pakaian pesta. Di Masjid Raja Abdulaziz di Riyadh, anak-anak bermain dengan balon:

Reuters

Anak-anak bermain di Masjid Raja Abdul Aziz di Riyadh

Di Pakistan, wanita Muslim menghiasi tangan satu sama lain dengan pacar, pewarna merah tua alami yang memudar setelah beberapa minggu:

Badan Perlindungan Lingkungan

Wanita Muslim Pakistan menghias tangan mereka dengan pacar

Seorang gadis berdiri dalam gaun bunga di depan Dome of the Rock di Yerusalem. Shalat subuh berakhir sesaat sebelum itu, dan orang-orang beriman keluar lagi:

Agensi Pers Prancis

Seorang gadis berdiri dalam gaun pesta di depan Dome of the Rock di Yerusalem

Setiap komunitas memiliki hidangan khusus yang disantap secara tradisional selama bulan Ramadhan. Misalnya, Muslim Turki makan baklava, sejenis kue kering yang terdiri dari lapisan adonan filo dengan isian kenari, misalnya pistachio atau kenari, dan di atasnya diberi sirup gula.

Di Baghdad, ibu kota Irak, piring besar diisi dengan gimar (atau: kaymak), dan krim asam kocok sering dimakan dengan madu dan roti.

Agensi Pers Prancis

Mangkuk besar hidangan lezat dibeli di ibu kota Irak, Baghdad

Dalam kasus penawaran roti Maroko di Den Haag, ada semua jenis makanan lezat. Permen, hadiah, dan pakaian pesta juga dibeli akhir pekan lalu untuk merayakan akhir Ramadhan.

AP

Makanan lezat Maroko hadir di etalase toko roti di Den Haag

Tonton video di bawah ini untuk melihat bagaimana Ramadhan berakhir di Yerusalem, Manama, Jakarta, Istanbul, dan Melilla:

Inilah cara Festival Gula dirayakan di seluruh dunia