BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belanda mengakhiri evakuasi di Afghanistan


Pembaruan terakhir 13:56


Belanda akan berhenti mengevakuasi orang dari Afghanistan pada hari Kamis. “Ini adalah saat yang menyakitkan karena itu berarti bahwa terlepas dari semua upaya besar yang dilakukan di masa lalu, orang-orang yang memenuhi syarat untuk evakuasi ke Belanda akan tertinggal,” tulis menteri yang berangkat Sigrid Kaag (Luar Negeri) dan Anth Bielefeld ( Kementerian Pertahanan). Pidato di Parlemen.

Menurut para menteri, evakuasi harus dihentikan karena Amerika Serikat akan membutuhkan bandara Kabul dalam beberapa hari mendatang untuk penerbangan dengan tentara dan peralatan.

Kaj dan Beagleville menyarankan warga Afghanistan untuk tidak datang ke bandara. Akan sangat tidak aman di sekitar bandara. Para menteri sudah berjanji untuk membantu Belanda yang masih di Afghanistan, para penerjemah, staf lokal misi Belanda lainnya, dan orang-orang yang harus takut akan nyawa mereka di bawah rezim Taliban yang baru. Tidak jelas apa yang dimaksud dengan bantuan itu.

Kabinet itu dikecam keras karena tanggapannya yang berbelit-belit terhadap kemajuan Taliban. Sementara Prancis memulai rencana evakuasi beberapa bulan lalu, hanya dua minggu lalu, Menteri Luar Negeri Ankee Brookers-Knoll memutuskan untuk berhenti mendeportasi warga Afghanistan. Pada akhir pekan, Taliban pindah ke Kabul, Bielefeld pergi ke bioskop dan Kag makan malam dengan gaun mewah.

READ  Fat Matisse Bab Gat? Dinand Woesthoff menyanyikan lagu-lagu rock Hindi