BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belgia mengembalikan gigi perdana menteri Kongo yang terbunuh kepada keluarganya | Luar negeri

Seorang polisi Belgia dikatakan telah menyita gigi itu ketika dia membantu mengeluarkan tubuh Lumumba yang terbunuh. Menurut akunnya sendiri, dia memotong tubuh perdana menteri dan dua ajudannya dan melarutkannya dalam asam sulfat. Pengadilan Belgia menemukan usia pada tahun 2016 dalam penyelidikan pembunuhan.

Lumumba adalah seorang pejuang kemerdekaan dan menjadi perdana menteri pertama Republik Demokratik Kongo setelah negara itu memisahkan diri dari Belgia pada tahun 1960. Setelah memerintah selama tiga bulan, ia benar-benar digulingkan. Perdana menteri secara terbuka mengkritik kebijakan kolonial Belgia di Kongo dan membuat tawaran ke Moskow selama Perang Dingin.

Lumumba dibunuh di tanah Kongo pada Januari 1961 oleh separatis, di hadapan beberapa orang Belgia. Belgia menerima “tanggung jawab moral” atas kematiannya 40 tahun kemudian dan meminta maaf. Putrinya Juliana Lumumba, 64, meminta pada tahun 2020 dalam sebuah surat kepada Raja Philip agar gigi ayahnya dikembalikan. Perdana Menteri Belgia Alexandre de Croo meminta maaf lagi kepada keluarga Lumumba pada upacara pada hari Senin.

Tidak ada penelitian DNA yang dilakukan pada gigi, jadi menurut pengadilan Belgia tidak ada kepastian mutlak bahwa itu milik Lumumba. Age akan pergi ke Kongo pada hari Selasa dan berkeliling negara. Setelah tiga hari berkabung nasional, jenazah Lumumba akan secara resmi dikebumikan pada 30 Juni, 62 tahun setelah kemerdekaan Kongo.

READ  Tiga anggota meninggalkan Dewan Penasihat Museum Auschwitz setelah bergabung dengan politisi Partai Hukum dan Keadilan