BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belgia mengharapkan ledakan Omicron, tetapi tidak mengambil tindakan baru | luar negeri

“Kami menghadapi sejumlah minggu yang sulit,” kata Perdana Menteri Belgia Alexandre de Croo pada konferensi pers tentang Corona hari ini, Kamis. Kami kemungkinan akan memecahkan rekor infeksi dalam beberapa hari dan minggu mendatang. Sekelompok orang yang sangat besar akhirnya akan terinfeksi. Jelas: situasinya akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.”

Terlepas dari pesan yang mengkhawatirkan ini, pemerintah di Belgia tidak terlibat. Tindakan Corona saat ini akan tetap berlaku dan sekolah akan dibuka pada hari Senin. Saran dari GEMS, setara dengan OMT, untuk memungkinkan semua orang bekerja dari rumah sepenuhnya belum diterapkan. Satu hari kembali per minggu masih memungkinkan. De Croo: “Kami memilih jalan hati-hati dan stabilitas.”

Kabar baik bagi para pengungsi Belanda yang terjebak

Ini berarti kabar baik bagi para pengungsi yang terjebak dari Belanda: Toko-toko dan restoran akan tetap buka. Karena kesalahan hukum yang dibuat oleh pemerintah, bioskop dan teater baru-baru ini diizinkan untuk menerima pengunjung lagi.

Meskipun menangani virus lebih mudah daripada berurusan dengan kita, Belgia tetap waspada. “Gelombang kelima telah dimulai,” kata ahli virus Stephen van Gucht saat presentasi di konferensi pers. “Kami baru di awal, tetapi akan parah. Kemungkinan akan ada puncak antara 400 dan 1.000 rawat inap per hari pada akhir Januari.” Karena sifat omicron yang lebih ringan, diharapkan tidak ada masalah besar dengan IC.

Orang Belgia yang rentan dipanggil oleh ahlinya untuk memakai masker FFP2 dan setelah kontak berisiko tinggi, orang-orang diminta untuk menghindari kafe, restoran, dan pesta selama sepuluh hari. Untuk mencegah seluruh komunitas terganggu oleh omicron, pihak berwenang memutuskan awal pekan ini untuk melonggarkan aturan karantina.

READ  Keadaan darurat di British Columbia karena kebakaran hutan yang sedang berlangsung | di luar negeri

Boosterprik

Ahli virologi Van Gucht mengambil harapan dari efek booster vaksin: “Kami melihatnya membantu melawan penyakit, tetapi juga membantu melawan infeksi.” Di Belgia, lebih dari 4,5 juta orang menerima dosis ekstra. Namun, ada kekhawatiran tentang durasi perlindungan, karena setelah sepuluh minggu bisa berkurang. Orang tua di panti jompo secara khusus diawasi dengan ketat, dan Belgia mulai memperkuat kelompok ini pada bulan September.