BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belgia mengubah air Laut Utara menjadi air minum | luar negeri

Di Flanders, jumlah air minum terbatas. Stok sangat terbatas di Flanders Barat. Ancaman lebih banyak kekeringan di musim panas – dikombinasikan dengan permintaan tambahan dari wisatawan selama liburan – berarti ada kekurangan sumber air minum baru yang dapat diandalkan.

Di Flanders, air payau sudah diubah menjadi air minum. Ini terjadi di Ostend, di mana perusahaan air Farys mengalihkan air asin kanal ke air ledeng. Pabrik desalinasi baru di Nieuwpoort mengambil air laut dari Kanal Navigasi selangkah lebih maju. Berbagai teknologi sedang diuji dalam instalasi percontohan, di mana sakelar dapat dibuat dari air tawar ke air asin atau garam. “Tetapi instalasi juga akan bisa berjalan seluruhnya dengan air laut,” tegas Wim Jacobs, Direktur Inovasi Farys.

sumber daya tak terbatas

Pabrik tersebut akan mampu memproduksi air untuk 30.000 keluarga setiap tahunnya, namun kapasitas produksinya diperkirakan akan meningkat dua kali lipat. Dalam jangka panjang, pembangunan beberapa fasilitas tidak dikecualikan. “Laut adalah sumber air minum yang tak ada habisnya. Jika ada masalah, kita bahkan bisa memindahkan air minum ke pedalaman”, kata Marlene Porto Carrero, General Manager Farys.

Tujuannya adalah untuk menyediakan Flanders dengan pasokan air minum yang cukup, bahkan di saat kekeringan parah, kata Menteri Lingkungan Flemish Zuhal Demir. “Ini adalah tonggak sejarah,” kata menteri. “Saya sangat senang kami bersiap-siap, karena kami tidak ingin pengalaman tanpa air.”

READ  Sanksi baru Eropa menargetkan putri Putin | Luar negeri