BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Berada di sana, di tengah-tengah aksi, memberi saya tendangan besar setiap saat.”

“Berada di sana, di tengah-tengah aksi, memberi saya tendangan besar setiap saat.”



olahraga

Sam Doppen (22) berkeliling dunia sebagai pembicara acara

LICHTENVOORDE – Berada di posisi terbawah daftar pilihan, Sam Doppen muda mendapat kesempatan untuk berpartisipasi sebagai pembalap BMX di Kejuaraan Eropa dan Dunia di negaranya. Di sana ia menjadi terpesona dengan atmosfer dan ketegangan yang dapat disulap oleh penyiar selama pertandingan. Pada tahun 2023, Sam sendiri berkeliling dunia melaporkan secara langsung kompetisi terpenting di dunia sepeda gunung dan sepeda motor. “Beralih dengan cepat, dapat mengingat dengan baik dan terus berbicara, karena meskipun terjadi kesalahan, Anda harus terus berjalan”

oleh Anneke Cuppers

Kecintaan Sam pada olahraga dan acara berawal dari Lichtenvoordse Flierbeekpark di ‘t Brook. Dia menghabiskan waktu berjam-jam di sana bersama teman-temannya, membangun lapangan untuk hobi besarnya: bersepeda. Belakangan ia menjadi anggota Fiets Cross Club Lichtenvoorde, mulai mengikuti kompetisi, bahkan berhasil menjadi juara Drents. “Saya selalu bersenang-senang dengan BMX sampai saya berusia 17 tahun, tetapi tidak pernah menjadi tujuan saya untuk menjadi yang teratas. Dalam hal kinerja saya berada di kategori menengah dan karena Piala Dunia diselenggarakan di Rotterdam dan mengizinkan negara penyelenggara untuk menurunkan lebih banyak pembalap daripada Biasanya, saya juga diizinkan untuk berpartisipasi. Seringkali pertandingan ini hanya berlangsung 30-40 detik, tetapi banyak yang terjadi dalam waktu singkat! Kerja siku, ban meluncur, saling mendorong keluar lintasan. Sesekali Anda mendengar dengusan dari penyiar. Itu menyatakan bahwa dia berada dalam posisi di mana dia dapat mengawasi semuanya. Saya pikir akan menyenangkan untuk memiliki situasi seperti itu di mana Anda berada di tengah-tengah aksi. “

waktu pendidikan
Pada usia 16 tahun, Sam mendapatkan pekerjaan berbicara pertamanya di kompetisi nasional di Assen, mengambil langkah pertamanya ke ‘dunia’. “Saya memberi tahu beberapa orang di daerah saya bahwa menyiarkan pertandingan terdengar sangat bagus. Ketika pembicara tetap untuk acara di Assen membatalkan pekerjaannya sesaat sebelumnya, dia menyampaikan nama saya dan begitulah cara saya berpartisipasi.” Setelah berkompetisi di Assen, banyak event segera menyusul di tingkat regional pertama dan kemudian nasional. “Sebagian besar waktu saya menendang ke samping di samping penyiar berpengalaman. Waktu membantu saya yang sangat berguna, terutama Kejuaraan Eropa di Kampen. Di sana saya diizinkan untuk mengalahkan pertandingan dengan seorang warga Inggris dan dia mendorong saya untuk mencobanya di Bahasa Inggris juga.”

READ  Indonesia memulai penyelidikan atas keterlibatan militer dalam pembunuhan di Papua

Terobosan besar Sam datang pada musim panas 2021. “Saya sedang berlibur selancar di Prancis bersama beberapa teman ketika saya mendapat telepon dari penyiar itu yang juga merekomendasikan saya untuk menghadiri Assen pada saat itu. Jika saya bisa mengambil pekerjaan darinya, Final Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung Kota di Austria. Kesempatan besar yang saya dapatkan dengan kedua tangan dan saya berangkat ke Graz beberapa hari kemudian dengan ransel.”

sekitar 25.000
Pria itu berdiri
Sepanjang jalan
untuk kita
Dia mendorong,
rumah gila
normal’

Penyelenggara utama sangat senang dengan penampilan Sam. “Dengan cara ini saya mendapat entri yang bagus, tidak hanya ke Federasi BMX Eropa, tetapi karena saya mengenal orang-orang dari UCI (Union Cycliste Internationale) saya juga diminta untuk berpartisipasi di Mountain Biking World Cup sebagai pembicara. bulan lalu liburan saya pergi ke luar negeri Enam belas kali, kunjungan saya ke Indonesia sangat spesial bagi mereka.”

pengalaman yang tak terlupakan
Finlandia, Uni Emirat Arab, India, Turki, Swedia, Belgia, Jerman. Lumayan untuk mahasiswa pekerjaan sosial yang saat ini tinggal di Zwolle selama setahun selama magang. “Perjalanan hebat di mana Anda dibayar untuk semuanya dan mengunjungi tempat-tempat indah, seperti Himalaya di India atau Abu Dhabi yang sangat modern. Tapi perjalanan ke Indonesia itu, tidak akan pernah saya lupakan dalam hidup saya. Kami sampai di sana bersama kru dan disambut seperti jenis orang hebat yang terkenal.” Kami memiliki mahkota di kepala kami, rantai, seorang pendeta datang untuk memberkati kami dan setiap anggota kru memiliki asisten pribadi yang akan mengawasi Anda sepanjang hari jika Anda membutuhkan sesuatu. Kami diundang ke kepala suku setempat untuk semacam jamuan kenegaraan, setelah itu kami melakukan perjalanan terhormat melintasi kota dengan mobil Kantong ada di belakang pengendara. Sekitar 25.000 orang menyemangati kami sepanjang jalan, gila. Setelah itu orang menyerang kami, dan mereka ingin mengambil berfoto denganmu. Tidak ada kesempatan untuk pergi ke toilet di antaranya. Mereka hanya menyeretmu kembali ke dalam paket. Itu gila.”
(Teks berlanjut di bawah video)

Apa yang membuat Anda menjadi pembicara yang baik?
Stadion yang hebat, final yang indah, penonton yang sangat liar dan Anda bisa berdiri di tengahnya, Sam memberikan tendangan yang hebat setiap saat. Untuk saat ini, dia sepenuhnya berada di sini. Tapi apa sebenarnya yang membuatnya menjadi pembicara acara yang baik? “Intinya adalah Anda terus berbicara dan jangan terlalu banyak jeda. Dengan suara Anda, Anda dapat bermain dengan penonton, memberi tahu mereka tentang apa yang terjadi di trek dan menyampaikan suasananya. Sementara itu, Anda melihat daftar Anda setiap kali untuk menemukan nama yang tepat untuk pengendara yang relevan. Di puncak perjalanan Sepeda gunung tidak terlalu buruk, Anda berbicara tentang 50 hingga 60 pengendara. Di BMX ada sekitar dua hingga empat ribu dari segala usia dan dari berbagai negara yang menyeberang trek dalam tiga hari.Kemudian terkadang Anda salah menyebutkannya karena Anda tidak melihat nomornya dengan benar Tepat pada kecepatan. Kemudian Anda tidak perlu mengoreksi tetapi terus berjalan. Ini membantu saya melewati babak playoff dan saya dapat mengingatnya dengan baik. Dan saya tidak pernah kehilangan suara saya, sesuatu yang terjadi pada banyak pembicara beberapa hari setelah siaran. Ini adalah trik tertentu yang saya pelajari sendiri.”

Ini bisa dilakukan dengan cepat
kamu pergi
Anda harus memilikinya
Sedikit keberanian
kamu miliki dan kamu
mulut
Membuka’

kerja keras
“Pekerjaan” Sam mulai mengambil bentuk yang sangat berbahaya dan dia mendaftar sebagai pengusaha independen di Kamar Dagang. “Saya ingin bekerja lebih serius musim depan. Saya sudah tahu bahwa di atas kertas urusan Anda akan baik-baik saja. Misalnya, saya pernah berjanji secara lisan untuk mengizinkan saya menyiarkan acara internasional, tetapi menjelang pertandingan pertama, ternyata ada rekan kerja yang dipekerjakan. Kecewa Sangat karena saya sangat menantikannya. Bagian terburuknya adalah saya kalah dalam kontes ini tetapi juga kontes lain yang diminta untuk saya ikuti. Saya belajar sangat baik dari itu. Anda juga menghadapi persaingan yang semakin banyak. Anda masih memiliki faktor itikad baik di tahun-tahun awal, Anda merasa sekarang agak jauh dengan beberapa rekan pembicara Anda. Saya sangat sensitif tentang hal itu pada awalnya, dan sekarang saya membiarkannya tergelincir. The yang paling penting adalah pengendara, dan itulah yang Anda lakukan untuk mereka. Dan untuk penonton. Mereka telah membeli tiket untuk menikmati sore yang indah.”

‘kamu harus
hal-hal yang dilakukan
pandai
kamu punya kertas
Saya disini
perlahan-lahan
sangat terlambat
Datang’

Berani
Ke depan, Sam pasti melihat masa depan di bidang presentasi dan penyiaran di depannya dan ingin berkembang lebih jauh di bidang ini. “Saya ingin menjadi multidisiplin dalam pekerjaan ini. Misalnya, melakukan pekerjaan sambilan sebagai presenter harian di rapat atau acara lain untuk melewati bulan-bulan musim dingin yang tenang. Selain itu, saya sedang mempertimbangkan untuk magang di Mediapark di Hilversum sebagai anak di bawah umur setelah magang.Dalam penelitian ini,melakukan magang menengah dalam penyuntingan media dan jurnalisme, yang tetap menarik saya meskipun faktanya ini adalah industri yang sulit.Mimpi utama saya adalah bekerja sebagai presenter TV atau sidekick suatu hari nanti.Saya pikir saya pernah dibuat untuk itu.Saya bukan seseorang yang bisa Dia membuat sesuatu dengan tangannya sendiri. Apakah saya akan berhasil? Tahun lalu saya pergi ke Graz untuk pertama kalinya, dan sekarang saya berdiri di sini. Itu bisa berjalan cepat, tetapi Anda harus memiliki sedikit keberanian dan membuka mulutmu.”

READ  Singapura memperketat kontrol pada daur ulang sepatu setelah laporan Reuters

Instagram: samdoub