BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Biden ke Mesir untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB |  Luar negeri

Biden ke Mesir untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB | Luar negeri

Presiden AS Joe Biden akan menghadiri konferensi iklim COP27 PBB di Mesir bulan depan, Gedung Putih mengatakan pada hari Jumat. Partai Demokrat berjanji untuk menekankan “kebutuhan dunia.”

Konferensi COP27 sekali lagi berupaya meningkatkan upaya global untuk memitigasi krisis iklim. Biden akan “memimpin pertempuran iklim global untuk kepentingan yang paling rentan, dan dia akan bersikeras bahwa dunia harus bertindak dalam dekade yang menentukan ini,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Biden akan menghadiri KTT 11 November di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh. Dia kemudian menuju ke Kamboja untuk KTT tahunan AS-ASEAN dan kemudian ke Indonesia untuk KTT G20.

“Dia akan bekerja dengan mitra G20 untuk mengatasi tantangan utama seperti perubahan iklim dan dampak global dari perang (Presiden Vladimir) Putin di Ukraina pada energi, ketahanan pangan dan keterjangkauan,” kata Gedung Putih. Meskipun presiden Rusia akan menghadiri KTT G20, pejabat pemerintah AS mengatakan bahwa Biden tidak berencana untuk bertemu dengan Putin.

Biden tidak berencana untuk bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di G20 karena hubungan AS-Arab Saudi berada di bawah tekanan baru atas dukungan Riyadh baru-baru ini untuk menurunkan harga minyak.

COP26 berakhir tahun lalu di Glasgow dengan janji untuk menjaga pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri – target yang tidak akan dipenuhi dunia jika tren emisi saat ini berlanjut.

Downing Street telah meminta Charles untuk menjauh dari KTT iklim

Sebelumnya pada hari Jumat, Downing Street mengkonfirmasi bahwa Raja Charles telah disarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke KTT iklim bulan depan di Mesir. Namun, Menteri Lingkungan Therese Coffey mengatakan raja Inggris dapat membuat keputusannya sendiri.

READ  Sambutan hangat di Hari Bawang Nasional

Downing Street sebelumnya menolak mengomentari rumor bahwa Perdana Menteri sebelumnya, Liz Truss, telah menyuruh Raja untuk tinggal di rumah. Pada hari Jumat, seorang juru bicara mengatakan itu “dengan suara bulat disetujui”.

Sumber istana sebelumnya mengatakan kepada Sky News bahwa keputusan itu diambil demi raja. “Gagasan Perdana Menteri mengeluarkan perintah kepada Raja itu menggelikan,” kata sumber itu.

Raja Charles telah menghadiri Konferensi Iklim PBB beberapa kali di masa lalu. Terakhir, tahun lalu di Glasgow, dia juga memberikan pidato. Jika dia memutuskan untuk pergi ke Mesir, itu akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Charles sejak menjadi Raja bulan lalu.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sebelumnya mengumumkan bahwa dia tidak akan menghadiri konferensi iklim PBB. Dia mengatakan Inggris telah menunjukkan “kepemimpinan” dalam perang melawan perubahan iklim, tetapi sekarang perlu fokus pada “tantangan domestik yang mendesak” di sektor ekonomi.