BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Biden memuji kerja sama “luar biasa” di KTT G7 | di luar negeri

VideoPresiden AS Joe Biden kemudian mengatakan Amerika Serikat kembali dalam diplomasi internasional pada KTT G7 di Inggris. Dia memuji kerja sama dan produktivitas yang luar biasa pada pertemuan puncak tiga hari tujuh negara industri kaya.


editor asing


Terakhir diperbarui:
18:34




Biden, pendahulu Biden, mengatakan Donald Trump tidak melihat banyak dalam konsultasi internasional, tetapi Amerika Serikat kembali ke meja, pada perjalanan luar negeri pertamanya sebagai kepala negara. Dia menggambarkan tugas negara-negara NATO untuk saling membantu jika terjadi serangan suci.

Biden mengatakan demokrasi bersaing dengan negara-negara otoriter seperti China dan Rusia. Menurutnya, pertanyaannya adalah apakah negara-negara demokratis mampu menghadapi persaingan. Biden ingin bekerja dengan China jika memungkinkan, tetapi juga menanggapi dengan tegas jika sesuatu tidak berhasil untuknya.

Dia mengatakan dia berbagi analisis Presiden Vladimir Putin bahwa hubungan AS-Rusia berada pada titik terendah sepanjang masa. Biden menuduh Putin secara sistematis melanggar norma-norma internasional. Keduanya akan bertemu di Swiss pada hari Rabu, dan Biden menegaskan bahwa dia akan dengan tegas mengatakan yang sebenarnya kepada rekannya.

Presiden Joe Biden © AFP

miliar vaksin

“Kami akan memanfaatkan kekuatan demokrasi, kebebasan, kesetaraan, supremasi hukum dan hak asasi manusia untuk menjawab pertanyaan terbesar dan mengatasi tantangan terbesar,” kata para pemimpin Kelompok Tujuh dan Uni Eropa. Mereka telah berjanji untuk mengarahkan lebih dari satu miliar dosis vaksin ke negara-negara miskin, meskipun para kritikus mengatakan itu terlalu sedikit.

Dalam memerangi perubahan iklim, juga akan ada dukungan tambahan bagi negara-negara yang kurang makmur untuk bertransisi ke ekonomi yang lebih bersih, seperti revolusi industri hijau yang diimpikan oleh negara-negara G7. Misalnya, proyek pendukung baru untuk kegiatan batu bara yang mencemari harus diselesaikan pada akhir tahun ini. Biden berjanji bahwa Amerika Serikat akan memimpin.

Akhirnya, para pemimpin menyerukan penyelidikan lebih lanjut tentang asal-usul pandemi virus corona, sebuah langkah yang kemungkinan akan membuat marah China.

G7 terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, dan Kanada. Para pemimpin Uni Eropa juga menghadiri pertemuan tersebut.

Tonton video berita yang sedang tren di daftar putar di bawah ini:

READ  Pihak berwenang Hong Kong menangkap penulis karena hasutan - dengan buku anak-anak tentang domba