BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bintang ternyata sepotong chorizo, ilmuwan minta maaf karena bercanda

Klein adalah seorang fisikawan dan bekerja untuk Komisi Nuklir Prancis. Dia membagikan foto berwarna ‘Proxima Centauri’ di akun Twitter-nya pada 31 Juli.

“Bintang terdekat dengan Matahari berjarak 4,2 juta tahun cahaya,” tulisnya. Dia mengatakan gambar itu diambil oleh James Webb Space Telescope. Teleskop baru ini mencapai tujuan akhirnya di alam semesta pada awal tahun ini, di mana ia harus mengamati selama beberapa dekade berikutnya.

Beberapa orang menanggapi cuitan tersebut dengan serius dan membagikan foto tersebut di akun mereka sendiri. Tetapi segera surat lain dari Klein menyusul, di mana dia mengakui bahwa foto di salah satu edisi menunjukkan sepotong sosis, dan bukan bintang. Ilmuwan mengakui bahwa “menurut kosmologi modern, sosis Spanyol ini hanya ditemukan di Bumi.”

Hati-hati

Beberapa jam kemudian, Klein menjelaskan lebih detail dengan tweet baru. “Mengingat beberapa komentar, saya merasa terdorong untuk mengklarifikasi bahwa tweet saya tentang apa yang disebut gambar Proxima Centauri adalah lelucon,” tulisnya.

Saya juga minta maaf atas triknya. Meski menurutnya, pada dasarnya kita bisa mengambil pelajaran darinya. “Tetap berpikir kritis pada seseorang yang berbicara dengan otoritas dan berhati-hatilah dalam mengekspresikan gambar tertentu.”

READ  Pengawas privasi Irlandia mulai menyelidiki pelanggaran data Facebook - komputer - berita