BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

blog langsung | Pelosi meninggalkan Taiwan lagi setelah kunjungan kontroversial

Pelosi meninggalkan Taiwan lagi setelah kunjungan kontroversial

12:09 | Ketua DPR AS Nancy Pelosi telah meninggalkan Taiwan setelah kunjungan kontroversial ke negara pulau itu. Saya berbicara dengan Presiden Tsai Ing-wen, antara lain. China marah atas kunjungan politisi hebat itu ke Taiwan.

Pelosi, 82, sekarang dalam perjalanan ke ibukota Korea Selatan, Seoul, di mana tanggal berikutnya ditetapkan. Pelosi sedang melakukan tur ke negara-negara Asia untuk bertemu dengan para politisi dan pemimpin.

Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa. China menganggap negara kepulauan itu sebagai provinsi yang memisahkan diri dan menggambarkan kunjungan itu sebagai pelanggaran kedaulatan. Beijing telah mengumumkan tindakan terhadap Taiwan, Amerika Serikat dan Pelosi. China juga menanggapi dengan latihan militer besar di sekitar Taiwan.

China melarang impor buah dan ikan dari Taiwan setelah kunjungan Pelosi

11:23 | China melarang beberapa buah dan ikan diimpor dari Taiwan setelah politisi AS Nancy Pelosi mengunjungi negara pulau itu. Menurut Beijing, langkah tersebut diambil karena virus Corona terdeteksi pada produk dari Taiwan, tetapi menurut Taiwan, itu adalah langkah politik.

Kementerian Perdagangan China telah menghentikan ekspor pasir alam ke Taiwan. Pasir ini digunakan antara lain dalam pembuatan beton dan aspal. Pelosi juga dapat mengandalkan sanksi China. Departemen Luar Negeri AS telah mengatakan akan menindak dia dan AS atas kunjungannya ke Taiwan.

China akan semakin membatasi ruang Taiwan

11:02 | China marah karena Nancy Pelosi, ketua DPR AS, bepergian ke Taiwan. Menurut pakar Tiongkok Henk Schulte Nordholt, Tiongkok berasumsi bahwa ancaman mereka akan menyebabkan Pelosi membatalkan kunjungannya.

China mengatakan Pelosi dan Amerika Serikat akan dihukum setelah mengunjungi Taiwan

09:32 | Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bahwa Amerika Serikat akan dihukum setelah kunjungan politisi terkemuka Nancy Pelosi ke Taiwan. China marah karena Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS mengunjungi negara pulau itu, yang dianggap China sebagai provinsi yang memisahkan diri.

READ  Artis Edvard Janssen: "Desain monumen kebanggaan di Enschede memudahkan untuk pergi keluar di Twente"

“Ini adalah sandiwara penuh. Amerika Serikat melanggar kedaulatan China dengan kedok apa yang disebut demokrasi. Siapa pun yang menghina China akan dihukum.” Dia tidak menyebutkan sanksi apa itu. China juga mengancam akan membalas jika Pelosi mengunjungi Taiwan Pengumuman telah dibuat untuk manuver militer yang akan menghalangi ruang udara dan laut Taiwan.

Karena latihan China, Taiwan mengadakan konsultasi dengan Jepang dan Filipina, antara lain, tentang rute udara alternatif, sehingga negara kepulauan itu tidak sepenuhnya tertutup. Jepang dan Korea Selatan telah menyatakan keprihatinan mereka tentang situasi tersebut, dan kedua negara ingin menjaga perdamaian di kawasan itu. Uni Eropa mengatakan konflik harus diselesaikan.

Rekor jumlah orang yang mengikuti perjalanan Pelosi ke Taiwan secara online

08:47 | Sejumlah besar orang telah mengikuti penerbangan politisi AS terkemuka Nancy Pelosi ke Taiwan secara online melalui Flightradar24. Lebih dari 708.000 orang menyaksikan langsung saat SPAR19 tiba di Taipei pada Selasa malam, menurut situs web tersebut. Secara total, lebih dari 2,92 juta orang menonton sebagian dari perjalanan tersebut.

Fungsionalitas situs telah diuji oleh banyak pengunjung. Di Flightradar24, penerbangan dapat dilacak langsung secara online di peta.

Pelosi menempuh perjalanan selama tujuh jam dari ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, ke Taipei, Taiwan. Pesawat itu tidak mengambil rute tercepat di atas Laut Cina Selatan, tetapi terbang di atas Indonesia dan Filipina dengan memutar.

Pelosi, 82, tidak berada di pesawat militer AS sampai dia turun dari pesawat. Dia tiba di Malaysia pada hari Selasa dan segera pergi.

Tindakan perdagangan China terhadap Taiwan karena kunjungan Pelosi

06:37 | China menanggapi dengan langkah-langkah untuk kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. Hari ini, Bea Cukai China mengumumkan sejumlah tindakan perdagangan terhadap Taiwan. Hari ini, bea cukai China mengumumkan penangguhan impor buah jeruk dan beberapa ikan dari Taiwan, sementara Kementerian Perdagangan menangguhkan ekspor pasir ke Taiwan.

READ  Mata uang fiat digital itu penting

“Sejauh yang saya lihat, respons militer China tidak seburuk itu,” kata koresponden AS David Hammelberg. Ada berbagai macam laporan, misalnya, tentang keberadaan tank China di pantai dan pesawat tempur yang berderit di masa lalu. Semua orang sekarang tahu bahwa gemerincing senjata Cina tidak serta merta berarti bahwa serangan sudah dekat.

Menteri Pertahanan Taiwan: Latihan China secara serius melanggar kedaulatan Taiwan

06:11 | Hari ini, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa latihan militer China melanggar aturan Perserikatan Bangsa-Bangsa, menginvasi ruang teritorial Taiwan, dan merupakan blokade udara dan laut. Dan ini pada saat ketegangan besar, karena Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, mengunjungi pulau itu. Reuters melaporkan itu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pulau itu akan dengan penuh semangat mempertahankan keamanannya dan menghadapi setiap tindakan yang melanggar kedaulatan teritorial dan meningkatkan tingkat kewaspadaan dengan prinsip tidak menuntut perang.

Dalam konferensi pers hari ini, Kementerian Pertahanan menambahkan bahwa China terus mengobarkan perang psikologis melawan Taiwan, dan warga tidak boleh percaya rumor dan melaporkan berita palsu kepada pemerintah.

Pelosi bertemu dengan presiden pembuat chip terbesar Taiwan TSMC

00:34 | Hari ini, Washington Post melaporkan bahwa Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan bertemu dengan Mark Liu, presiden pembuat chip Taiwan TSMC.

Pelosi dan Liu akan membahas implementasi Chip and Science Act yang baru-baru ini disahkan di Amerika Serikat. Undang-undang ini menghemat $52 miliar dalam subsidi federal untuk pabrik chip lokal dan membuatnya lebih menarik bagi perusahaan seperti TSMC untuk membuka pabrik chip di Amerika Serikat.

TSMC adalah produsen chip terbesar di dunia, mengendalikan lebih dari setengah pasar manufaktur chip. Perusahaan Taiwan itu antara lain membuat chip untuk smartphone, komputer, mobil, dan rudal kelas atas.

READ  Operator seluler haus modal | Computable.nl

Hari ini, Pelosi juga bertemu dengan mantan aktivis Lapangan Tiananmen, penjual buku Hong Kong yang pernah ditahan China, dan aktivis Taiwan yang baru dibebaskan China.