BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kematian Chel de Ranitz membawa kembali kenangan saat-saat lain yang saya rindukan – Job

2022-07-26

Waktu membaca 4 menit

2040 opini

Chil de Ranitz 2

Iklan itu dengan blak-blakan diemail seorang teman lama: “Jonkheer ir. Cornelis Willem Michiel de Ranitz, Assen 12 Oktober 1943, Arnhem 20 Juli 2022.”

IMG

eh! Shel de Ranitz meninggal dunia. “Istirahatlah sekarang, Anda telah berjuang,” motto itu di atas obituari. Faktanya, dia tidak menua dengan mudah. Penglihatan Chill mulai gagal tak lama setelah dia pensiun, sampai hampir tidak ada yang tersisa darinya. Ia juga terjangkit penyakit lain. Namun, berkat bantuan tiga orang di lingkungannya, ia bisa terus hidup mandiri. Saya hanya menguji yang terakhir setelah kematian Chel. Beberapa teman saya mengingatnya melalui email.

Shell de Ranitz adalah Kepala Kantor Luar Negeri di Universitas Pertanian Wageningen, yang secara alami melakukan banyak kegiatan di Dunia Ketiga. Anak laki-laki dan perempuan pintar dari Asia, Afrika dan Asia datang ke sini untuk gelar Ph.D. Universitas telah mempertahankan banyak kemitraan dengan lembaga serupa di negara-negara berkembang. Chill harus memastikan bahwa program kerja sama ini berjalan sesuai aturan dan Menteri Kerja Sama Pembangunan – siapa pun itu – memberikan dukungan. Setiap universitas memiliki petugas seperti itu. Itu adalah kru yang beragam dari orang-orang yang berdedikasi pada umumnya yang memiliki pemandu mereka sendiri. Mereka berbeda secara politik, tetapi itu tidak masalah karena mereka semua memperjuangkan tujuan yang baik, termasuk Wouter Teller dari Leiden, yang merupakan anggota kuat VVD, atau Willem Brinkman dari Deventer, yang pernah berbisik bahwa dia memilih Lubbers.

Kecelakaan industri kedua mempengaruhi kerjasama universitas dengan Vietnam. Pada tahun 1982, Menteri Kerjasama Pembangunan VVD Eegje Schoo memutuskan hubungan pembangunan dengan Vietnam. mengapa? Karena Vietnam mengakhiri genosida rezim Pol Pot di Kamboja dengan invasi militer besar-besaran. Hanoi kemudian memasang orde baru dengan Hun Sen sebagai karakter sentralnya. masih berkuasa. Pemerintah Belanda tidak mengakui rezim baru, tetapi secara konsisten mendukung perwakilan Pol Pot di PBB selama bertahun-tahun sebagai perwakilan sejati rakyat Kamboja.

Saya ingin Chiel de Ranitz menulis artikel sengit tentang itu di majalah yang saya edit saat itu, tetapi dia tidak melakukannya. Dia lebih memilih untuk mencoba mempertahankan kontak yang ada dengan universitas-universitas Vietnam melalui saluran lain sebanyak mungkin, dengan harapan bahwa waktu lain akan datang juga. Dia juga mampu melakukan hal semacam ini. Tapi itu tidak banyak membantu saya untuk mendapatkan pendapat yang meyakinkan. Dan majalah saya tidak berguna baginya, sebagai jaringan rahasia. Ini pasti akan membantunya untuk berbicara dengan otoritas besar tidak hanya tentang tujuan baik, tetapi juga tentang masalah kuliner. Pada akhirnya, semua orang di dunia kecil kita tertarik untuk mempertahankan kontribusi kita dalam membentuk kerangka ilmiah di negara berkembang.

Nada dan gaya Chill bukanlah bangsawan, melainkan seorang kultivator bangsawan. Namun, garis keturunan bangsawan ini hadir dalam penampilannya dengan cara tertentu. Dia tidak harus memberi dirinya suasana. Itu sudah persegi. Dia adalah manusia yang luar biasa baik. Itu datang sesekali. Dia juga tidak perlu khawatir tentang itu. Kerabatnya benar kamuMenyakiti menonjol dalam obituari.

Mengapa saya menulis semua ini di sini? Tentang seorang pria yang baik tanpa diragukan lagi saya belum melihat selama seperempat abad? Karena kematiannya membawa kembali kenangan di lain waktu. Para pemain tidak mengatur agenda seperti yang mereka lakukan hari ini. Pembohong dan penipu duduk di pinggiran tempat mereka berada. Mereka tidak memainkan peran biola pertama di DPR.

Orang-orang tidak mencari kambing hitam secara massal untuk menyalahkan segala sesuatu yang salah dengan masyarakat dan terutama kegagalan pribadi. Chel de Ranitz dimakamkan di negara suram yang penuh dengan flagela, kebencian, dan kebencian, di mana tetangga dilihat pertama dan terutama sebagai sumber ketidaknyamanan yang potensial. Ini bukan negara tempat ia datang ke negerinya sendiri selama tahun-tahun Wageningen. Aku merindukan negara ini. Inilah yang akan terjadi.

Selebihnya, saya berpendapat bahwa skandal subsidi tidak boleh hilang dari perhatian publik, begitu juga dengan masalah gas alam Groningen.

Mendengarkan istana kenanganpodcast oleh Han van der Horst dan John Knirim tentang politik dan sejarah.