BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Bukan ide yang baik untuk berlari di jalur yang tidak terjadi apa-apa selama berbulan-bulan.”

“Bukan ide yang baik untuk berlari di jalur yang tidak terjadi apa-apa selama berbulan-bulan.”

Lloris Pass mengalami patah pergelangan kaki dan fibula saat Race 2 di Pertamina Mandalica International Street Circuit Minggu lalu. Setelah banyak kebingungan, pria Prancis itu memutuskan untuk menanggapi di media sosial dan memberikan pendapatnya tentang insiden tersebut.

Babak kedua Kejuaraan Dunia Superbike 2023 di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandaliga penuh dengan insiden. Ini adalah ketiga kalinya kejuaraan tersebut melakukan perjalanan ke pulau Lombok untuk balapan di trek baru Indonesia.

Baca: Bos Patah Fibula dan Pergelangan Kaki Saat Insiden Balapan Superbowl
BACA: Lloris Pass: “Meninggalkan rumah sakit, sangat sial hari ini”

Seperti pada dua kunjungan sebelumnya, para pebalap kembali menemukan bahwa aspal sangat kotor: akibat banyaknya aktivitas konstruksi di sekitar sirkuit, banyak debu yang bertebaran di lintasan. Artinya, lintasan harus bersih dulu di FP1 pada Jumat pagi, dan para pebalap jauh dari catatan waktu lap.

Seiring berjalannya akhir pekan, lintasan menjadi lebih bersih dan cepat, tetapi garis puncak masih pendek. Ini membuat menyalip menjadi sulit dan begitu Anda sebagai pengemudi berada di samping garis ideal ini, sulit untuk menghindari kecelakaan.

Itu menjadi jelas berkali-kali pada hari Minggu yang kacau. Danilo Petrucci, Alex Lowes dan Loris Bass terlibat dalam tabrakan pada pagi hari balapan Superbowl, di mana bendera merah dikibarkan, setelah itu Bass dipukul lagi oleh Lowes, mengakibatkan patah tulang fibula dan pergelangan kaki. Kemudian, Jonathan Rea dan Alvaro Bautista berada di urutan berikutnya, dengan petenis Spanyol itu melakukan pukulan keras dan petenis Irlandia Utara itu menghindari pukulan keras.

Sore harinya, di Race 2, terjadi kesalahan pada Michael van der Mark, yang melaju di luar garis terbaik dan melemparkan BMW M 1000 RR-nya melewati high-sider, setelah itu Philippe Odel tidak dapat menghindari mesin yang jatuh dan dia menderita. Musim gugur datang.

READ  Staf KLM: Rumah dan Jarak | Benang

Pertamina Mandalika International Street Circuit baru berusia kurang dari satu setengah tahun, namun telah menimbulkan kehebohan saat itu. Misalnya, pembalap MotoGP harus memilih trek yang sangat kotor selama tes resmi setahun yang lalu, dua bulan sebelum Grand Prix pertama, yang kemudian menunjukkan bahwa aspal tidak menempel dengan baik.

Fabio Quartararo saat uji coba di Pertamina Mandalica International Street Circuit 2022 | © Dorna

Dalam sambutannya di media sosial, Bass mencatat bahwa bukanlah ide yang baik untuk mengadakan balapan Piala Dunia di sirkuit yang tidak terpakai atau tidak terpakai. Lintasan masuk Argentina (baik Termas de Rio Hondo dan Circuito San Juan Villicum) memiliki banyak debu dan garis balapan yang sangat pendek setelah lintasan dibersihkan dua hari kemudian.

Tiket Lloris: “Tidak, aku tidak melakukan kesalahan apapun dengan kakiku. Hampir 90% pengendara telah melakukannya selama bertahun-tahun. Selain itu, saya memberikan Alex [Lowes] Bukan salah insiden itu.

Izinkan saya menjelaskan bagaimana dan mengapa ini terjadi. Sirkuit di sini [Mandalika] Selalu kotor saat kami tiba di Argentina, jadi kami harus membersihkannya. Tentu saja kami selalu mengendarai jalur (ideal) yang sama, jadi hanya ada sekitar satu meter jalur ‘bersih’, dan di situlah tangkapannya.

Umumnya kami selalu memberikan ruang yang cukup untuk menyalip, terutama saat Anda menggunakannya. Dalam hal ini Anda tidak bisa, karena ketika Anda sampai ke bagian yang kotor Anda melebar atau jatuh. Pilihan lainnya adalah mendapatkan dua mesin dalam jarak sekitar 80 cm, yang juga terjadi pada kasus saya [Michael] Rinaldi memiliki situasi serupa di Turn 1 Race 1.

Itu juga menjadi alasan insiden bendera merah di Race 2 dengan Alex [Lowes] Dan Danilo [Petrucci]. Dengan 20 mesin masuk ke tikungan 2 dalam garis yang begitu ketat, Anda bahkan tidak memiliki margin kesalahan 1%. Bukan tugas saya untuk mengatakan semua opsi, tetapi semua pembalap setuju bahwa bukan ide yang baik untuk balapan di trek yang tidak memiliki sepeda selama berbulan-bulan.

Paddock MotoGP tidak akan kembali ke Indonesia hingga Oktober di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika. Diharapkan kondisi akan lebih baik dari akhir pekan lalu.

READ  Tzum | Ulasan: John Volkers - The Kiss

Untungnya, Lloris Pass masih memiliki waktu enam pekan untuk pulih dari cedera. Putaran selanjutnya Kejuaraan Dunia Superbike akan diadakan di TT Circuit Assen pada akhir pekan 21-23 April.

Tautan yang bermanfaat Motul Indonesian Bulat:

Tabel Waktu dan Hasil Lengkap
Tempat Mengikuti di TV

Laporan foto

Loris Baz | © BMW Motorrad Motorsport
Fabio Quartararo saat uji coba di Pertamina Mandalica International Street Circuit 2022 | © Dorna