BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Burung kolibri betina menyamar sebagai jantan untuk dibiarkan sendiri.”

Para peneliti di hutan hujan Amerika Tengah telah membuat penemuan yang menarik: beberapa burung kolibri betina menyamar sebagai jantan, meninggalkan betina mereka sendirian daripada lawan jenis.

Ahli biologi telah menemukan bahwa di dunia hewan jantan biasanya mengenakan pakaian berwarna-warni dan berkilau, situasinya tampaknya berbeda untuk burung kolibri. Mereka memburu 436 burung kolibri berleher putih di hutan hujan Panama. Sekitar 20 persen burung betina dewasa tidak memiliki bulu abu-abu, tetapi mereka berwarna-warni – sama seperti rekan jantan mereka.

Para peneliti menyarankan dua skenario. Pilihan pertama adalah betina menanam bulu berwarna untuk menarik jantan dari jenisnya sendiri. Dalam skenario kedua, yang terjadi sebaliknya. Warna-warna cerah menjaga jarak jantan, sehingga betina tidak terlalu terganggu oleh perilaku yang tidak diinginkan. Ahli biologi menyarankan bahwa ini memberi mereka lebih banyak waktu untuk mencari makanan dan melindungi persediaan makanan mereka.

“Warna cerah dikaitkan dengan agresi,” kata peneliti Universitas Washington Jay Falk. Nasional geografis. “Terlihat seperti laki-laki tampaknya menghalangi para pengganggu.” Penelitian ini diterbitkan hari ini di jurnal Current Biology.

sertifikat

Para peneliti telah membuat penemuan luar biasa lainnya: semua hewan muda memiliki bulu berwarna cerah, yang tidak biasa pada burung. Beberapa betina memiliki bulu abu-abu di usia yang lebih tua.

Menurut ahli biologi, temuan ini mendukung teori bahwa penyamaran berwarna cerah melindungi betina dari siulan. Bagaimanapun, burung muda (berwarna cerah) belum dapat berkembang biak dan tidak ada gunanya menjadi menarik. Tetapi jika mereka tahu bagaimana menakuti para congener, itu akan membantu mereka bertahan hidup.

Ahli biologi melihat bukti konklusif dalam preferensi utama untuk laki-laki. Mereka lebih memperhatikan wanita berambut abu-abu.

READ  Sony: PlayStation 5 telah terjual sepuluh juta kopi sejak diluncurkan - Game - Berita