BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Calon presiden Prabowo akan menjaga hubungan dekat dengan China – Docplot Suriname

Calon presiden Prabowo akan menjaga hubungan dekat dengan China – Docplot Suriname

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, yang pernah mengkritik keras Tiongkok, akan memenangkan pemilihan presiden. Menurut VOA News, para analis mengatakan kemenangannya sepertinya tidak akan membawa perubahan besar dalam hubungan dengan Beijing.

Namun, kekhawatiran akan keselamatan kerja dan pencemaran lingkungan yang terkait dengan investasi Tiongkok dan klaim Beijing di Laut Cina Selatan dapat menguji stabilitas hubungan tersebut.

Ketika Presiden Joko Widodo berkuasa, Tiongkok menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dan memanfaatkan kekayaan sumber dayanya. Jokowi telah mendesak Tiongkok, begitu ia sering menyebutnya, untuk memberikan lebih banyak modal ke Indonesia, yang telah menjadi peserta utama dalam Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative).

Tiongkok telah menginvestasikan miliaran dolar untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur besar di Indonesia, termasuk jalur kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung yang dibuka pada bulan Oktober dan Sirata, proyek tenaga surya terapung terbesar di Asia Tenggara, yang mulai beroperasi sepenuhnya pada tahun lalu.

READ  Ini adalah hari ulang tahun dan pemberian hadiah toko perdagangan yang adil Wirt