BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cari akar Anda di Perpustakaan Pusat Rotterdam

Cari akar Anda di Perpustakaan Pusat Rotterdam

Mulai Sabtu 18 Maret, Rotterdammers akan belajar cara mencari riwayat keluarga mereka di Perpustakaan Pusat. Dalam rangkaian lokakarya bertajuk; Temukan akar Anda, Pusat Sejarah Keluarga (MEB) membantu mereka dalam perjalanannya. Rotterdammer dengan akar budaya di Belanda dan/atau bekas jajahan Belanda mendapatkan tip dan trik yang mereka butuhkan untuk memetakan sejarah mereka.

Stories of the City: Masa Kolonial dan Perbudakan Rotterdam
Seri lokakarya adalah bagian dari program perpustakaan: Stories of the City: Masa Kolonial dan Perbudakan Rotterdam. Program ini dirancang untuk membantu Anda mengenal diri sendiri lebih baik jika Anda mengetahui sejarah Anda. Banyak Rotterdammer memiliki akar di negara lain dan belahan dunia. Masa lalu kolonialisme dan perbudakan bukan hanya bagian dari sejarah kota, tetapi juga dari banyak warga Rotterdammer. Dengan berfokus pada periode sejarah ini, Perpustakaan Pusat menampilkan kisah-kisah Rotterdammers. Cerita juga dibagikan melalui program ini, menjadikan perpustakaan sebagai tempat pertemuan dan percakapan. Juga diupayakan untuk mewujudkan dan memperluas koleksi perpustakaan yang ada.

Bersama dengan pemerintah kota, sepuluh pengumpul tamu yang terkait dengan masa kolonial juga telah dipilih tahun ini. Dengan menghadirkan koleksi/pameran mereka sendiri, mereka menceritakan kisah, sejarah dan identitas mereka. Koleksi-koleksi ini akan ditambahkan ke dalam koleksi perpustakaan yang sudah ada. Juga, program pendidikan dan budaya yang terkait dengan tema ini juga ditawarkan. Seri bengkel adalah salah satunya.

Seri Lokakarya Temukan Akar Anda
Arsip dan Perpustakaan Kota telah meminta para ahli untuk melakukan serangkaian lokakarya. Ini CBG, Pusat Sejarah Keluarga. Lokakarya pertama berfokus pada memulai pencarian Anda. Lokakarya reguler lebih fokus pada area dan sumber daya tertentu.

Apa yang ingin diberikan Perpustakaan Pusat kepada Rotterdammers dengan menawarkan rangkaian lokakarya ini? Aarti Bajnath, spesialis koleksi digital: ‘Saya adalah warga negara Suriname-Hindu dari Rotterdam, dan proyek ini juga menimbulkan pertanyaan tentang sejarah keluarga saya. Saya berharap para peserta akan mendapatkan tip dan alat yang mereka butuhkan untuk mulai mencari sejarah keluarga mereka sendiri. Dan perpustakaan berfungsi sebagai tempat yang mudah diakses dan mudah diakses untuk memulai awal yang baik.’

READ  Mieke Megawati Vlasblom (BIJ1): 'Kesetaraan bukanlah kue'

Menggali wortel Anda sendiri
Lokakarya pertama memberikan pengenalan bagaimana memulai pencarian. Barbara Ponder, Kepala Urusan Publik di MEB, menawarkan beberapa tip untuk memulai bagi mereka yang tidak bisa ke sana dari Rotterdam.

Barbara mencatat bahwa yang terbaik adalah memulai dengan sumber pertama; Kerabat yang masih Anda miliki. Mereka dapat memberi tahu Anda segalanya dari tangan pertama. Jika Anda memiliki banyak anggota keluarga yang ingin tetap diam, sistem seperti Trace Your Roots (untuk Rotterdammer yang berasal dari India/india) dapat membantu Anda lebih jauh.

Langkah 1: Bicaralah dengan Ayah, Ibu, Bibi, Paman dan Nenek, Kakek. Selain itu, Barbara mencatat bahwa nama keluarga sangat penting untuk tetap bersama Anda. Anda juga dapat meminta kartu pribadi; Tiga generasi keluarga Anda telah dibangun di atas ini.
Langkah 2: Tulis nama kerabat Anda selengkap mungkin. Selain itu, di Belanda, Anda sudah bisa menemukan banyak informasi secara digital; Pikirkan situs web seperti Arsip Kota, Arsip Nasional, atau Siapa Siapa.
Langkah 3: Lihat informasi secara digital dan/atau kunjungi arsip.

Terakhir, kami bertanya kepada Barbara mengapa begitu penting bagi banyak orang Belanda untuk meneliti sejarah keluarga mereka sendiri. Dia percaya bahwa mengetahui sejarah Anda sendiri memperkuat identitas. Itu dapat berkontribusi pada rasa bangga. ‘Ini memberi Anda tempat berakar yang lebih baik dalam sejarah (dunia), jadi Anda belajar lebih banyak tentangnya,’ kata Ponder.

Di Sini Anda akan menemukan rencana langkah demi langkah dari MEB yang dapat Anda gunakan untuk memulai.
Di Sini Temukan informasi tentang seri lokakarya.

Rangkaian lokakarya ini merupakan inisiatif Perpustakaan Pusat Rotterdam bekerja sama dengan Arsip Kota Rotterdam. Serial ini akan berlangsung dari Maret hingga akhir November 2023.