The news is by your side.

Cihuy! Dana BOS Naik Jadi Rp54,32 Triliun

0

Oleh: Suandry Ansah  |

Balicitizen.com, Jakarta – Kementerian Keuangan menaikkan alokasi anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020 menjadi Rp54,32 triliun. Dana ini naik 6,03 persen dari tahun lalu yang dialokasikan sebesar Rp49 triliun.

“Dana BOS ini dihitungnya berdasarkan per kepala siswa sebetulnya di setiap sekolah, alokasi per sekolahnya,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kantornya, Jakarta, Senin (10/9).

Dia menjelaskan, dana BOS terbagi dalam tiga jenis, yakni BOS reguler, BOS kinerja, dan BOS afirmasi. BOS kinerja diberikan kepada sekolah berkinerja baik, tetap tidak akan diubah mekanismenya.

Demikian pula dengan BOS afirmasi. Dana yang dialokasikan untuk mendukung sekolah di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) tetap akan diterapkan mekanisme yang selama ini berjalan.

Adapun BOS reguler mengalami perubahan mekanisme penyaluran. Sri Mulyani mengatakan, anggaran BOS ini makin besar.

“Ini untuk seluruh sekolah di Indonesia, terutama negeri dan bahkan sekolah swasta yang juga mendapatkan BOS. Jadi sebenarnya BOS ini masuk ke seluruh sekolah di RI,” katanya.

Untuk BOS reguler, terjadi perubahan nominal alokasi. Tahun ini, untuk SD naik unit cost-nya dari Rp800 ribu per murid menjadi Rp900 ribu per murid.

Jumlah murid SD yang masuk dalam perhitungan alokasi sebanyak 25,187 juta orang. Angka ini menurun sedikit dibandingkan tahun lalu sebanyak 25,566 juta orang.

Untuk SMP, ada kenaikan unit cost dari Rp1 juta per pelajar menjadi Rp1,1 juta per pelajar. Jumlah pelajarnya juga menurun dari 10,54 juta menjadi 9,96 juta orang.

Alokasi untuk siswa SMA juga naik dari Rp1,4 juta per siswa menjadi Rp1,5 juta per siswa. Sementara, untuk SMK tetap sama dengan tahun lalu sebesar Rp1,6 juta per siswa.

“Karena tahun lalu (untuk SMK) sudah dinaikkan dari Rp1,4 juta per siswa jadi Rp1,6 juta per siswa. Dan untuk pendidikan khusus tetap sama Rp 2 juta per siswa,” kata Sri Mulyani. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.