BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Citi menyelesaikan penjualan bisnis konsumennya di Indonesia kepada UOB

Citi menyelesaikan penjualan bisnis konsumennya di Indonesia kepada UOB

Citi telah menyelesaikan penjualan dan migrasi bisnis konsumennya di Indonesia ke UOB Indonesia (UOBI). Penjualan tersebut mencakup perbankan ritel, kartu kredit, dan perusahaan pemberi pinjaman tanpa jaminan, serta pemindahan karyawan dalam jumlah yang tidak ditentukan. Jumlah ini tidak termasuk bisnis kelembagaan Citi di negara tersebut.

Juru bicara Citi menolak menyebutkan berapa banyak karyawan yang pindah bersama perusahaan tersebut ketika ditanya Keuangan Asia Namun dia berkata, “Kami masih memiliki pekerjaan besar yang tersisa di seluruh bisnis institusional kami.” Citi Indonesia mencatat laba bersih sebesar Rp1,7 triliun ($110 juta) pada kuartal ketiga tahun 2023, meningkat sebesar 46% dari tahun sebelumnya, terutama disebabkan oleh peningkatan pendapatan bunga bersih pada bisnis perbankan, pasar, dan jasa.

Citi dan UOB terlebih dahulu Mengumumkan Kesepakatan itu jatuh tempo pada Januari 2022 sebagai bagian dari perjanjian penjualan yang lebih luas yang mencakup perbankan konsumen di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Penjualan di Malaysia dan Thailand selesai pada 1 November 2022, dan penjualan di Vietnam selesai pada 1 Maret 2023.

Kesepakatan ini diharapkan menghasilkan “keuntungan modal yang moderat” bagi Citi. Secara total, penjualan keempat bisnis konsumen ini ke UOB menghasilkan keuntungan modal sekitar $1,1 miliar, menurut sebuah pernyataan.

Penjualan tersebut tidak termasuk bisnis institusi bank, dan Citi terus fokus melayani klien institusi di Indonesia secara lokal, regional, dan global.

Sejak mengumumkan niatnya untuk keluar dari perbankan ritel di 14 pasar di Asia, Eropa, Timur Tengah dan Meksiko sebagai bagian dari perubahan strategi, Citi kini telah menutup penjualan di sembilan pasar tersebut termasuk Australia, Bahrain, India, Malaysia dan Filipina. . Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

READ  17 kapal bermuatan gandum menunggu di pelabuhan Ukraina

Sebuah pernyataan dari bank tersebut menambahkan bahwa divestasi bisnis konsumen Citi yang diumumkan sebelumnya di Tiongkok dan Korea serta kehadiran keseluruhannya di Rusia sedang berlangsung. Citi juga mengumumkan bahwa mereka akan melakukan penawaran umum perdana untuk operasi perbankan konsumen, usaha kecil dan pasar menengah di Meksiko, dan telah melanjutkan proses keluar dari bisnis perbankan konsumennya di Polandia.

“Penyelesaian divestasi terakhir kami atas seluruh waralaba konsumen di Asia merupakan tonggak penting dalam perampingan perusahaan,” kata Titi Cole, kepala waralaba warisan di Citi, dalam sebuah pernyataan media. orang-orang di pasar ini dan bukti nyata kemampuan Citi dalam melaksanakan strategi kami.” Kami sangat berterima kasih kepada mantan karyawan kami di Indonesia dan mendoakan yang terbaik dalam karir mereka di UOB.

Awal tahun ini di bulan Agustus, Citi menyelesaikan penjualan bisnis konsumennya di Taiwan ke DBS dengan nilai sekitar $1,2 miliar.

Perubahan tata kelola Asia dan restrukturisasi global

Sebagai bagian dari restrukturisasi global yang dilakukan Citi baru-baru ini, bank ini telah menunjuk pimpinan senior untuk grup perbankannya di seluruh Asia.

Jan Metzger, mantan kepala perbankan dan pasar modal serta kepala penasihat untuk Asia, akan memimpin waralaba perbankan investasi Citi untuk grup Asia Utara, Australia, dan Asia Selatan.

Citi mengumpulkan lebih dari $150 miliar untuk klien-klien Asia pada tahun 2023 di pasar modal, ekuitas dan utang, dengan IPO utama seperti klien termasuk IPO TBP senilai $659 juta dan IPO Cube Highways Trust senilai $638 $1 juta, dan IPO Sichuan Kelun-Biotech senilai $200 juta.

Gunjan Kalra akan terus memimpin bisnis perbankan komersial Citi di Asia Utara, Australia dan Asia Selatan, sementara mantan presiden Bank of Asia Kalim Rizvi telah ditunjuk sebagai kepala Citi untuk Asia Utara dan Australia, dan K Balasubramanian telah ditunjuk sebagai presiden. Atau perbankan korporasi untuk Asia Selatan.

READ  Segumpal gula dalam kopi - De Groene Amsterdammer

Dalam catatan yang mengumumkan perubahan tersebut, kepala perbankan Citi Peter Babbage dan kepala internasional Ernesto Torres Cantu mengatakan: “Kami sudah mulai merasakan momentum positif di seluruh waralaba kami. Kami baru-baru ini menjabat sebagai penasihat utama pada kesepakatan M&A terbesar yang diumumkan tahun ini.”

Mereka menambahkan: “Rencana kami tetap kuat, dan kami memperkirakan aktivitas akan terus meningkat di seluruh M&A dan pasar modal. Melihat lebih dari aktivitas spin-off, bank institusi kami mendorong pengiriman terintegrasi ke klien dalam lingkungan makro yang menantang – dan dengan Ini adalah pendapatan hubungan jangka panjang – sementara Bank Umum melanjutkan momentum kuatnya dan mengkonsolidasikan pertumbuhan menguntungkan dari waralaba kami yang lebih luas.

Sementara itu, banyak organisasi media berita besar, termasuk BloombergDia melaporkan bahwa 300 posisi manajer senior di bank tersebut dihilangkan, mewakili sekitar 10% tenaga kerja global pada tingkat tersebut. Pengurangan terjadi di lokasi yang tidak ditentukan.

Saat dia mendekat FIFAjuru bicara Citi mengutip pernyataan pada tanggal 20 November yang mengatakan: “Hari ini kami berbagi dengan rekan-rekan kami mengenai lapisan perubahan berikutnya di banyak bisnis dan fungsi kami seiring kami terus menyelaraskan struktur organisasi Citi dengan model operasi kami yang baru dan efisien.”

Pernyataan itu tidak merinci jumlah pengurangan yang dilakukan.

Pernyataan tersebut menambahkan: “Seperti yang telah kami akui, tindakan yang kami ambil untuk mengatur ulang perusahaan melibatkan beberapa keputusan yang sulit dan penting, namun kami yakin ini adalah langkah yang tepat untuk menyelaraskan struktur kami dengan strategi kami dan memastikan bahwa kami secara konsisten memberikan keunggulan pada perusahaan kami. pelanggan.”

¬ Haymarket Media Terbatas. Seluruh hak cipta.

READ  Taksi listrik dapat terbang dalam dua tahun