BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Clicker Belanda berbunyi bip untuk setiap koneksi rahasia antara situs dan Google

Clicker Belanda berbunyi bip untuk setiap koneksi rahasia antara situs dan Google

Bukan rahasia lagi bahwa situs web dan aplikasi melacak perilaku kita di balik layar. Kami mungkin mendapat kesan bahwa hal itu terjadi semakin tidak rahasia, berkat pemberitahuan cookie, permintaan pelacakan dan undang-undang privasi Eropa. Tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran, menurut aplikasi sederhana namun efektif oleh pakar TIK Belanda Bert Hubert. Googerteller memantau koneksi internet komputer Anda dan memberi tahu Anda tentang setiap koneksi dengan server Google. “Saya terkejut berapa kali dia mendengar ini dan itu benar-benar membuat saya kesal,” kata Hubert.

Koneksi antara situs web, aplikasi, dan Google bukanlah kejutan yang lengkap. Peramban seperti Firefox dan Safari memiliki alat pencegahan pelacakan bawaan yang menunjukkan dalam laporan berapa kali situs mencoba mengalihkan informasi Anda. Ada juga plugin browser, seperti Dari remang Misalnya. Tetapi angka pasti ini sangat abstrak jika dibandingkan dengan sesuatu yang sederhana seperti suara setiap kali Anda terhubung ke Google.

Hubert menjelaskan, “Jika Anda memberikan kafan saya dengan file penuh angka, itu tidak berarti apa-apa bagi manajer. Bagaimana jika Anda membuatnya nyata dengan satu buzz per kontak dengan Google?”

Dengan niat yang mengganggu, dengan inspirasi yang mengganggu

Hubert telah berkeliaran dengan setengah ide di sekitar Google Informer untuk sementara waktu, dan dia menemukan inspirasi untuk Googerteller, antara lain, Microsoft Teams. “Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan panggilan video dengan Teams selama beberapa waktu dan kemudian laptop mati karena kipas berputar sangat keras? Pada titik tertentu Anda mulai membenci Teams. Begitu juga dengan Googerteller,” kata Hubert.

Karena Googerteller mengeluarkan peringatan langsung dan dengan setiap kontak dengan Google, Anda sebagai pengguna mendapatkan gambaran privasi yang sama sekali berbeda. Misalnya, tempat kerja pemerintah pusat, workfornederland.nl. Halaman ini mengirimkan sinyal ke Google dengan hampir setiap klik. “Bahkan jika Anda menekan nomor telepon, Google akan mengetahuinya,” kata Hubert.

READ  Windows 11: Desktop yang diperbarui dengan aplikasi Android

Kontak Google sulit untuk diputuskan

Rabobank dan ABN Amro juga sering berbunyi bip saat Googerteller berjalan. “Bahkan jika Anda memilih cookie minimal, situs-situs ini tetap mengirimkannya ke Google saat Anda melihat opsi hipotek dan pembayaran yang tersedia untuk Anda,” kata Hubert. Dan selera musik Anda tidak seistimewa yang Anda kira. “Spotify mengirimkan semua yang Anda lakukan ke penyimpanan Google Cloud. Setiap klik, setiap gesekan dialihkan: jika Anda menjeda, memajukan cepat, atau mendengarkan K3 dalam suasana hati yang gila. Saya merasa sangat terjebak,” kata Hubert.

Hubbert menduga bahwa perilaku sebagian besar situs seringkali sama sekali tidak disengaja. “Yang mengejutkan saya adalah bahwa integrasi dengan alat pelacak Google dan juga dengan yang dari Facebook, misalnya, sering kali sudah dibangun ke dalam templat aplikasi dan situs,” kata Hubert. Template ini adalah jenis kerangka kerja yang tersedia secara terbuka yang sering digunakan untuk melampirkan situs atau aplikasi. Ini menghemat banyak pekerjaan, tetapi ada juga kekurangannya.

Hubert percaya bahwa banyak perusahaan sendiri bahkan tidak menyadari bahwa situs atau aplikasi mereka terus berubah dengan Google. Googerteller juga didedikasikan untuk ini, sehingga karyawan dan manajer dapat merasakan apa yang dilakukan perangkat lunak mereka dengan cara yang sederhana. “Sayangnya, tidak ada solusi sederhana untuk masalah ini,” kata Hubert. “Anda harus memindai secara manual setiap baris kode dari aplikasi atau situs Anda untuk memastikan tidak ada pelacak tersembunyi di dalamnya.”

Versi seluler sebagai proyek seni

penghitung google Sekarang hanya tersedia untuk sistem Linux seperti Debian, Ubuntu, Arch, dan Fedora. salin untuk Apple Mac Kemungkinan akan diluncurkan minggu ini, dan versi Windows akan segera menyusul. Versi telepon dimungkinkan, tetapi sedikit lebih rumit karena sifat tertutup Android dan iOS, di mana aplikasi dipasang terutama melalui toko aplikasi. Tapi Hubert datang dengan alternatif yang lebih baik.

READ  Microsoft mendapat anggaran lebih rendah untuk mengembangkan HoloLen untuk militer AS - Permainan - Berita

“Saya ingin melakukan semacam instalasi teknis, yang terdiri dari titik wifi publik dengan speaker di dalamnya. Anda dapat terhubung melalui kode qr dan menggunakan ponsel Anda seperti biasa, tetapi setiap kali ponsel Anda diam-diam mencoba terhubung ke Google, itu bip,” kata Hubert. Dia sudah memiliki pemodal untuk proyek tersebut, tapi dia masih mencari seseorang yang bisa membuat versi bagus dari mesin ini.

“Mungkin saya bisa meletakkannya di Binnenhof, atau di festival,” tawa Hubert. “Saya juga memikirkan banyak suara, suara untuk setiap perusahaan yang diam-diam mengumpulkan data Anda.”