BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Daerah dekat kota penting Severodonetsk yang diduduki oleh Rusia | Saat ini

Sekali sehari, NU.nl memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: kota Severodonetsk di Ukraina, tempat dia berjuang begitu keras, semakin dekat ke titik kejatuhannya. Unit tentara Rusia merebut distrik Hersky di Ukraina, sepelemparan batu dari kota strategis. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga ingin membantu Ukraina membersihkan pantai selatan negara itu.

Menurut kepala wilayah itu, Oleksiy Babchenko, pertempuran masih berlangsung di pinggiran Hersk, tetapi tidak ada keraguan bahwa Rusia yang berkuasa sekarang. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah mengepung pasukan Ukraina yang terdiri dari 2.000 pejuang, termasuk 80 pejuang dari luar negeri.

Pendudukan datang pada waktu yang sensitif. Sebelumnya hari ini, gubernur wilayah Luhansk Ukraina timur Serhiy Gaidai mengatakan tidak ada gunanya bertahan lebih lama lagi. “Tidak masuk akal untuk tetap berpegang pada posisi yang diambil tetapi dijatuhkan, hanya untuk dapat bertahan di sana (Severodonetsk, editor).”

Melestarikan kota itu dilihat oleh Presiden Volodymyr Zelensky sebagai hal penting bagi masa depan Donets Basin, sebuah daerah yang sebagian dikuasai oleh separatis pro-Rusia sejak 2014.

nograf


nograf

nograf

Johnson ingin membantu Ukraina membersihkan ranjau

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson ingin membantu Ukraina membersihkan pantai selatan negara itu. Selain itu, dia sedang mempertimbangkan untuk memberikan asuransi bagi kapal yang membawa gandum dari negara itu melalui Laut Hitam untuk ekspor.

Sejak invasi Rusia, pelabuhan selatan Ukraina di Laut Hitam telah ditutup. Praktis tidak ada biji-bijian yang bisa meninggalkan negara itu. Akibatnya, 20 juta ton (20 miliar kilogram) biji-bijian sekarang disimpan di silo Ukraina, dan harga pangan melonjak di seluruh dunia.

READ  langsung | Orang Amerika meninggalkan lusinan mobil di bandara Kabul | Luar negeri

Dengan bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Turki mencoba menengahi antara Rusia dan Ukraina dan memungkinkan ekspor dari pelabuhan Laut Hitam lagi. Moskow menghentikan ini dan ingin mencabut sejumlah sanksi Barat terhadap negara itu terlebih dahulu.

AS mengatakan Rusia menenggelamkan hingga 50 juta orang dalam kelaparan

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan perang Rusia di Ukraina akan menjerumuskan 40 juta hingga 50 juta orang ke dalam kelaparan di seluruh dunia. Blinken menyalahkan Rusia untuk itu pada hari Jumat pada konferensi pers dengan timpalannya dari Jerman Annallina Birbock.

Menteri Luar Negeri AS membantah tuduhan Rusia bahwa sanksi Barat adalah penyebab krisis pangan saat ini. “Tidak ada alasan selain blokade Rusia terhadap Ukraina dan penolakan Rusia untuk mengekspor gandumnya karena alasan politik.”

Barbock mengatakan mitra internasional terlibat dalam “perang gandum” Rusia. Prioritasnya sekarang adalah menciptakan rute transportasi yang andal untuk mendapatkan gandum sebanyak mungkin dari Ukraina dan memerangi kerawanan pangan global.

Jerman ingin mengirim lebih banyak howitzer ke Ukraina

Pemerintah Jerman ingin memperkuat artileri Ukraina dengan mengirimkan lebih banyak howitzer ke negara itu. Hal ini dilaporkan oleh sumber di sekitar Kementerian Pertahanan Jerman. Sumber tersebut menyatakan bahwa Berlin mengadakan konsultasi dengan Belanda dan “mitra Eropa lainnya”.

Jerman dan Belanda sebelumnya menyumbangkan dua belas howitzer lapis baja ke Ukraina. Senjata artileri bergerak dapat mengenai sasaran pada jarak 40 kilometer. Setiap howitzer dioperasikan oleh lima tentara.

Norwegia mengumumkan pada awal Juni bahwa mereka telah mengirim 22 howitzer ke Ukraina. Itu juga memasok negara dengan suku cadang dan amunisi.

Zelensky membuka Glastonbury.Festival

Presiden Zelensky meresmikan Festival Glastonbury Inggris. Dia berbicara kepada puluhan ribu pengunjung dalam pesan video yang ditampilkan di layar sebelum pertunjukan The Libertines.

READ  Pesan seorang prajurit Perang Dunia II disampaikan setelah 76 tahun | luar negeri

Presiden mengatakan, antara lain, bahwa festival adalah salah satu contoh kebebasan terbesar. “Dan saya meminta Anda untuk berbagi perasaan ini dengan orang-orang yang kebebasannya sedang diserang.”

Zelensky juga meminta pengunjung festival untuk membantu para pengungsi Ukraina. “Tekan semua politisi yang Anda kenal untuk membantu memulihkan perdamaian di Ukraina.”